Korea Selatan: Jet Militer Cina Langgar Zona Pertahanan Udara

Shaanxi Y-9 mendarat di Bandara Zhuhai Jinwan jelang Airshow China 2016. (Alert5 – Own work via commons.wikimedia)

Kantor berita Yonhap, sebagaimana mengutip otoritas pertahanan Korea Selatan, melaporkan bahwa sebuah jet militer Cina pada hari Kamis memasuki zona pertahanan udara Korea Selatan tanpa pemberitahuan dan Angkatan Udara Korea Selatan merespons dengan segera mengacak jet tempurnya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menjelaskan bahwa jet Cina yang diduga pesawat pengintai tipe Y-9 tersebut memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea Selatan (KADIZ) sekitar pukul 10:21 waktu setempat (01:21 GMT) dan meninggalkannya setengah jam kemudian.

Jet kembali ke KADIZ sekitar pukul 11.54 waktu setempat untuk meninggalkannya tiga jam kemudian setelah terbang di sepanjang pantai timur Korea Selatan.

Angkatan Udara Korea Selatan mengacak jet tempur untuk melacak pesawat Cina dan juga mengirimkan pesan peringatan.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan telah mengajukan mosi protes kepada atase militer yang bekerja di Kedutaan Besar Cina di Seoul dan menyerukan kepada Cina untuk mencegah situasi serupa terulang kembali.

Para pejabat militer Korea Selatan percaya bahwa langkah itu ditujukan untuk menguji tanggapan Seoul.

Wilayah KADIZ tumpang tindih dengan zona pertahanan udara Cina dan Jepang, yang merupakan sumber potensi ketegangan regional.

Sumber: Sputnik News

Tinggalkan komentar