Sep 272019
 

Mock-up jet tempur KF-X/IF-X

Korea Aerospace Industries (KAI) diperkirakan akan menyelesaikan konstruksi prototipe pertama pesawat tempur KF-X pada paruh pertama tahun 2021 dan melakukan uji terbang pertama KF-X setahun kemudian, rilis Defence Acquisition Programme Administration (DAPA) Korea Selatan dalam pernyataan 26 September, dan dilansir Jane’s.

DAPA mengatakan bahwa fase desain kritis pesawat sekarang telah selesai, memungkinkan proyek KF-X / IF-X, yang merupakan singkatan dari Korean Fighter eXperimental / Indonesian Fighter eXperimental, untuk beralih ke fase berikutnya, yakni konstruksi prototipe.

Pengembangan pesawat tempur multi fungsi, berkursi tunggal dan bermesin ganda, dimulai pada Januari 2016, dengan desain awal KF-X yang diselesaikan pada Juni 2018.

Secara keseluruhan DAPA akan membangun enam prototipe KF-X dan akan melakukan percobaan penerbangan dan penyelesaian pengembangan selama empat tahun.

Produksi pesawat KF-X direncanakan sudah bisa dimulai pada tahun 2026 -2030, dimana Korea Selatan akan membangun sebanyak 120 unit KFX dan Indonesia 48 unit atau mungkin bisa berkurang.

Bagikan:
 Posted by on September 27, 2019