Sep 102017
 

dok. Kapal selam type 214 Korea Selatan (bemil.chosun.com)

Seoul – Angkatan Laut Republik Korea meluncurkan kapal selam kesembilan Son Won-II class (tipe 214) dalam sebuah upacara di galangan kapal Hyundai Heavy Industries di Ulsan, Seoul, pada tanggal 7 September 2017.

Kapal selam ini dinamai ‘Shin Dol-Seok’, nama seorang jenderal Korea yang berperang melawan tentara Jepang pada awal abad ke-20.

Shin Dol-Seok adalah penyelesaian dari batch kedua kapal selam jenis 214 tipe yang diperkirakan mulai beroperasi pada 2019 setelah menyelesaikan uji coba dan uji laut.

Hyundai Heavy Industries telah membangun tiga kapal selam pertama tipe 214 Korea Selatan yang merupakan kapal selam kelima, ketujuh dan kesembilan dari kelas yang sama. Kapal lainnya dibangun oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering.

Kapal selam tipe 214 adalah kapal selam Korea Selatan yang menggunakan air-independent propulsion (AIP), berukuran 65 meter dan dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 20 knot dengan 40 awak.

Dengan kapasitas bobot 1.800 ton, kapal selam bisa menyelam hingga 400 meter dan tetap terendam selama dua minggu. Kapal selam ini dilengkapi dengan peluru kendali, torpedo dan ranjau, juga dilengkapi sistem penjejak target otomatis yang simultan dan sistem bimbingan dan pendeteksi torpedo.(navaltoday.com).

Kapal Selam ke-6 Tipe 214 DSME

Sebagai gambaran, kapal selam keenam Son Won II-class (Type 214) diesel-electric air-independent propulsion (AIP) telah diterima Angkatan Laut Korea Selatan, pada 10 Juli 2017. Kapal keenam itu dibuat oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) di Geoje Island, dekat kota pelabuhan Busan.

Kapal selam Son Won II-class (dikenal juga dengan nama KSS II–class) merupakan lisensi varian kapal selam Type 214 buatan Howaldtswerke-Deutsche Werft Jerman yang diharapkan mulai beropersi akhir tahun 2017.

  14 Responses to “Korea Selatan Luncurkan Kapal Selam 214-AIP”

  1. Ntar TNI AL tambahannya seri ini aja,214.Sama seri 218.pasti maknyus…

  2. Wah, kasel calon pilihan indonesia selanjutnya nie kek nya…

  3. Saudara kembar kapal selam NAGAPASA

  4. yg ditawari kerjasama dari golcuk turki kan emang bangun type 214…

  5. Tp ini dah pke teknologi AIP…..

  6. untung AIP, coba kalu ditulis AIB?
    kan repott???

  7. Jangan kuatir nanti kita bikin seri 222 yg bisa beroperasi di darat dan di air … xix

  8. ohhh…. kalo di jepang yg berperan tu MITSUBISHI heavy industri ..klo korsel hyunday …bikin mobil sambil mnliti alutsista..mungkin klo timor kg bangkrut bisa sama sprti hyunday dan mitsubishi…sayangnya

  9. Kok kemaren RI gak akuisisi yg ini jg ya, apa karena harus izin dulu ke Jerman sebagai pemberi Licensi?

  10. Sangat mudah ditandai itu kaselpur walau sudah memiliki AIP, apa lagi yg blm memiliki AIP? Sudah pasti menjadi sasaran empuuuukk.
    Hahhaaaa

 Leave a Reply