Okt 152019
 

Mock up KF-X fighter Korea Selatan (foto : joins)

Model fisik pesawat tempur generasi berikutnya KF-X Korea Selatan, yang lebih bermanuver daripada F-35A, diluncurkan untuk pertama kalinya di Seoul ADEX 2019, sebuah pameran industri penerbangan dan pertahanan internasional Seoul.

Mock up KF-X fighter Korea Selatan (foto : Aereo)

Menurut Korea Aerospace Industries (KAI), KF-X yang diluncurkan pada hari itu mampu terbang dengan kecepatan maksimum 1,81 Mach (2.200 km / jam), dengan 10 ‘hardpoint’ (untuk rudal, tangki bahan bakar, bom..dll) melekat pada bagian bawah dan sayap pesawat. Dapat dilengkapi dengan sejumlah besar senjata, seperti misil udara-ke-udara dan rudal yang ditembakkan bersama.

KF-X memliki jangkauan 2.900 km, dan dilengkapi dengan peralatan avionik terbaru, radar active scanning phased array (AESA) dan sensor terbaru yang lebih kuat.

Mock up KF-X fighter Korea Selatan (foto : joins)

KF-X, yang memiliki penampilan yang mirip dengan pesawat tempur siluman F-35A AS, memiliki keuntungan karena lebih bermanuver dan setengah biaya operasionalnya daripada F-35A, kata KAI.

Proyek KF-X, dengan total biaya pengembangan sebesar 8,88 triliun Won, dimulai pada Januari 2016 dan desain dasarnya selesai pada Juni 2018. Desain rinci perangkat keras dan perangkat lunak terperinci sudah selesai, dan bagian produksi mengalami kemajuan.

Prototipe pertama akan dirilis pada paruh pertama 2021, diikuti oleh uji penerbangan pertama pada paruh pertama 2022, dan pengembangan akan selesai pada tahun 2026.

Kokpit KF-X fighter Korea Selatan (foto : Gareth Jennings)

Seoul ADEX 2019 akan diadakan di Bandara Seongnam Seoul di Gyeonggi-do dari tanggal 15 hingga 20. Pameran ini diikuti oleh 430 perusahaan dari 34 negara dan akan memamerkan pesawat, peralatan ruang angkasa dan darat terbaru dengan teknologi canggih di 1730 stan.

Aula pameran terbuka di landasan akan menampilkan 92 pesawat domestik dan internasional, artileri self-propelled K-9 dan tank K-2.

Public Day akan diadakan pada tanggal 9 dan 20 akhir pekan, dan akan diadakan untuk pengunjung umum seperti kompetisi simulator penerbangan, aksi dan pilot Black Eagle Angkatan Udara, pesawat Korea Selatan dan Amerika. Juga akan dipamerkan penerbangan pertama helikopter (LAH). Joins

 Posted by on Oktober 15, 2019

  12 Responses to “Korea Selatan Luncurkan Mock Up KF-X Fighter”

  1.  

    mantap nih.tahu2 seh muncul mockup nya.
    btw….tenaga ahli dari indonesia ikut berpartisipasi dalam perakitannya ga nih.

    •  

      Yang pasti …telat dan menunggak tagihan dan kewajiban sebagai rekan kerja…
      Mau nya pencitraan dan publikasi gratis ..
      Tidak mau keluar uang ..
      Yang disalahkan birokrasi pemerintah yang begitu panjang dan ruwet dalam mengeluarkan dana ..
      Memalukan…

      •  

        Plus memperkecil peran serta

      •  

        Bayar itu gampang tp ya mbok ada dong jawaban pasti negoisasi indonesia yg meminta mengurangi share’ dengan mengurangi share berarti wajib akusisi kfx/ifx untuk indonesia bisa berkurang, masalahnya spesifikasi kfx/ifx versi pengembangan bersama ini emang tidak sesuai dengan pespur duble engine yg diinginkan TNI AU oleh sebab itu setelah kfx/ifx pengembangan bersama ini masuk jalur produksi indonesia langsung ngebut kembangkan ifx blok II/Versi pengembangan indonesia selanjutnya yg sesuai spesifikasi pespur duble engine yg diinginkan TNI AU, TNI AU menginginkan pespur duble engine yg punya kemampuan sperti flanker yg radius terbangnya sangat luas tanpa tanki bahan bakar external, sementara kfx/ifx pengembangan bersama ini wajib memnbawa 2 tangki bahan bakar external untuk bisa mengimbangi luas jelajah flanker, dengan membawa 2 tangki bahan bakar external otomatis akan membuat sayap pespur terbeban dan load untuk senjata semakin berkurang,,,kalau korea selatan berani keluarkan indonesia silahkan, kita sudah ada desain ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya tp karena menghormati korea selatan hal ini tidak dipublikasikan.

  2.  

    apa cuman saya yg merasa kalau di foto pertama, nampak dari depan, cockpitnya ko gemuk ?

  3.  

    Nasib tukang nebeng, disebut dalam 1 kata pun tidak 😆 tapi gue yakin, ada 1001 alasan 😆 maaf jika data saya dianggap tidak akurat dan dibantah 😆

  4.  

    Sabar….Kita Tunggu saja KONFIRMASI atau Penjelasan Ke Publik dari Pemerintah….Kenapa Bisa Terlambat…Padahal Proyek KFX / IFX Perjanjiannya sudah jelas…Barangnya juga ada….Hasilnya Juga ada…Manfaatnya juga ada dan Indonesia sangat DiUntungkan…..

  5.  

    Kalo menurut Penilaian aku Pribadi ..Entah Benar atau Salah…Proyek KFX/IFX melibatkan Locket Martin ( USA )…Kalian Tahu Sendiri yg Namanya USA…Banyak maunya..Banyak Politiknya…Nekan ini…Nekan ini…Indonesia tidak ingin banyak dirugikan, gara gara Proyek kerjasama Pesawat tempur KFX/IFX dg Korea Selatan

  6.  

    kalau bisa ya modal dikit bisa dpt ilmu 100%
    mngkin itu prinsipnya.

  7.  

    Masalahnya adalah korea selatan tidak memberi jawaban pasti tetang negoisasi indonesia yg ingin mengurangi share yg otomatis akan mengurangi unit wajib akusisi kfx/ifx, korea selatan malah minta indonesia menambah insyiur indonesia tuk mengebut pembangunan protype kfx/ifx,,,bayar itu gampang tp apakah kfx/ifx pengembangan bersama ini sesuai dengan pespur dubke engine yg diinginkan TNI AU???? sesungguhnya saat ini indonesia fix telah memiliki desain ifx versi pengembangan selanjutnya yg sesuai dengan spesifikasi pespur duble engine yg diinginkan TNI Au tp karena menghormati pihak korea selatan hal ini tidak dipublikasikan alias masih rahasia, silahkan aja kalau emang korsel mau keluarkan indonesia agar kita buktikan bahwa desain ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya emang sudah ada,,,kalau menurut penilaianku sebenarnya indonesia pengen keluar dan langsung kembangkan ifx versi indonesia yg sesuai spesifikas pespur duble engine yg diinginkan TNI AU tp kerena indonesia banyak dibantu korsel dalam hal teknologi membuat indonesia jd sungkan sehingga muncul keputusan tetep lanjut tp negoisasi tuk mengurangi share tp korsel menggantung dan tk memberi jawaban pasti,,,solusinya menurutku ya sudah gk perlu nego2 lg dan tetep aja lanjut sebab kita masih butuh korsel dalam hal ilmu teknologi, jangan gara2 kasus ini membuat hubungan indonesia dengan korsel jd rusak, setelah prototype kfx/ifx selesai indonesia langsung ngebut tuk buat prototype ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya/ifx blok II, setelah kfx/ifx masuk jalur produksi maka ifx blok II sudah boleh uji terbang, cuman ini solusi terbaik demi hubungan baik korsel dan indonesia.

  8.  

    Katanya tidak ada embel2 atau atribut dari Indonesia nya yah… Bendera misalkan.. contoh seperti tank kaplan yg ada bendera Indonesia dan Turki.. kenapa apa iyah akibat dampak telat pembayaran nya..