Jul 032016
 

Korea Selatan mulai membangun kapal selam 3.000 ton yang akan diproduksi menggunakan teknologi dan pengetahuan dalam negeri sendiri sebagai bagian untuk memperkuat kemampuan pertempuran bawah air, kata DAPA.

Kapal selam tersebut merupakan kapal selam kedua dari batch 1 Chang Bogo-III, Defense Acquisition Program Administration (DAPA) menyatakan. Korea Selatan berencana untuk membangun total sembilan kapal selam class ini dalam tiga tahap.

Batch 1 kapal selam untuk Angkatan Laut Korea Selatan semuanya dirancang dan dibangun di dalam negeri dan menggunakan teknologi lokal. Pembangunan kapal selam pertama dari batch 1 dimulai pada bulan November tahun 2014.

Korea Selatan berencana untuk menyelesaikan batch pertama dari tiga kapal selam antara tahun 2020 dan 2024, dan gelombang kedua dari tiga kapal selam berikutnya dengan kemampuan ditingkatkan antara tahun 2025 dan 2027. Sementara rincian untuk tiga kapal selam batch terakhir masih belum final.

Kapal selam Batch 1, selain dilengkapi torpedo biasa untuk menyerang kapal-kapal permukaaan dan kapal selam lainnya, juga akan dilengkapi dengan enam tabung peluncuran rudal vertikal (VLS) untuk rudal balistik jarak dekat Hyunmoo-2 yang berjangkauan 500 km.

Militer Korea Selatan berencana untuk menyebarkan kapal selam baru pada tahun 2020 yang akan menggantikan armada kapal selam 1.200 ton tua yang telah dalam pelayanan sejak tahun 1992.

DAPA mengatakan proyek ini akan membantu Angkatan Laut Korea Selatan memperkuat kemampuan maritim menghadapi ancaman dari Korea Utara. (Yonhap)

  20 Responses to “Korea Selatan Membangun Lagi Chang Bogo – III (3000 ton)”

  1. coba yg 3000 ton itu di bikin buat indonesia…bangus banget….

  2. klo yg indonesia dilengkapi aip dan vls dgn rudal harpon biar mantap…

  3. ..

  4. yg jelas kita gak mampu beli changbogo 3000 ton

    • kata siapa…? coba lihat nanti…kalau latihan militer china di lcs nyasar ke natuna…
      jangankan KS 3000 ton….bila keadaan genting …kapal induk pun akan di beli..!
      masih ingat kan kejadian thn 60 an..? beli senjata besar 2 an ke uni sovyet..?

  5. Tahap ke II. Chang Bogo untuk Indonesia 2 unit dgn seri 3000..tunggu episode berikutnya..

  6. katanya sih cang bogo yg ke 3 nya 1500 ton + aip+ vsl

  7. Jokowi uda pesan 2 yg 3000 ton

  8. Chang ijooo..

  9. Bung Wan, Whiskey Class sebiji nongkrong di museum kasel Surabaya, nomer lambung 410.

  10. nunggu versi CBG yg 50000 ton..biar maknyos(sekali2 comment asal njeplak)

  11. setahu saya sisa whisky class masih digunakan sampai era 80-an, untuk koment @bung NGANU RAPOPO ketawan anda kurang lama atau dalam memahami strategi ALUTSISTA Indonesia, serta kemampuan Negara jgn suka ngerdilkan NKRI, elo kalau pesimis terus …nyungsep berjuang dong kerja keras kita bahu membahu membangun NKRI, Ibu pertiwi tidak butuh pemuda yang cepat Pesimis dan Malas……

  12. jangankan kapal selam yg kapal nugging pun indonesia bisa hahaha, saya rasa indonesia kalo mau beli yg gituan bisa cuma kan sekarang visinya untuk membangun alat tempur mandiri jadi ya kenapa beli kalo bisa buat biarpun pelan pelan dan biarpun sekarang belum bisa buat tapi kan udah ada upaya kesana dari ahli ahli kita, prinsipnya semua yg bersifat darurat pasti bisa dilakukan dan dibuat

  13. mantab,,,,,,,,oy

  14. Lebih canggih dari punya scorpone malay,, walaupun udah ditambah sistem AIB.. xixixixixixi

 Leave a Reply