Oct 182017
 

Model Pesawat KFX/IFX

Korea Aerospace Industries (KAI) sedang dalam proses menyempurnakan konfigurasi akhir pesawat tempur KFX, menjelang sejumlah tonggak sejarah yang akan terjadi dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, ujar Janes.com, 17/10/2017.

Berbicara di Pameran Dirgantara dan Pertahanan Internasional Seoul (ADEX) 2017, seorang pejabat program senior mengatakan bahwa, konfigurasi berbasis twin-jet telah dipilih, perbaikan / improvement akhir sedang berlangsung, sebelum dilakukannya review desain awal / preliminary design review (PDR), pada pertengahan tahun depan.

“Kami menempatkan sentuhan akhir pada konfigurasi tersebut, dan berencana untuk melakukan PDR pada bulan Juni 2018,” pejabat yang meminta namanya tidak disebutkan, yang menambahkan bahwa PDR ini akan diikuti oleh tinjauan desain kritis (critical design review / CDR) pada bulan September 2019 ; peluncuran prototipe pertama di tahun 2022; dan masuk ke layanan pada tahun 2026.

Model Pesawat KFX/IFX

Pesawat tempur KFX pertama kali diungkap oleh Defence Acquisition Programme Administration (DAPA) pada tahun 2010. Indonesia bergabung dalam proyek ini pada tahun 2012, dengan sebuah nota kesepahaman (MOU) yang mencakup pengembangan platform bersama yang disebut Jakarta sebagai IFX.

KAI memimpin proyek senilai USD 8 miliar dalam kemitraan dengan Lockheed Martin, dengan Indonesia diharapkan menginvestasikan USD 1 miliar untuk memperoleh teknologi pesawat tempur, pengetahuan teknik produksi, dan opsi untuk mendapatkan hingga 50 pesawat tempur di kemudian hari. Jakarta juga harus mendapat keuntungan dari ekspor pesawat masa depan.

Kemampuan operasional awal (IOC) pesawat KFX / IFX direncanakan pada tahun 2023, namun keterbatasan anggaran dan kekhawatiran akan risiko teknis mendorong KAI untuk menyelaraskan kembali program ini dari pesawat tempur ‘generasi kelima‘, turun sedikit ke generasi 4.5.

  149 Responses to “Korea Selatan Mengatur Kembali Target KFX”

  1. pertamax dari mbah bowo kw 69

    • Hasil program kfx/ifx Indonesia mendapatkan 50 unit semuanya blok-1 sedangkan korsel mendapatkan blok-2 dmn lebih siluman, dari sini indonesia sudah downgrade halus, kerjasama macam apa ini πŸ˜€

      • mungkin salah kitanya juga minta banyak beli nawar, cabut anggaran, renegoisasi ulang, baca wiki, cek lapak sebelah.
        Pas dilihat lagi oh kemahalan, terus ga jadi……….xixixi

      • Katanya untuk batch 2 yang pake bay weapon di kembangkan masing2.

      • Sudah dibilang klo kerjasama ini sampe block 1 saja kok masih ga mudeng??
        Ga mudeng apa pura-pura ga mudeng biar gripen masuk?
        KAI juga mendapatkan block 1, tapi dalam presentasi itu mereka langsung lanjut ke block 2

        • Ucapan ke orang mencerminkan diri sendiri, anda terllu alergi dgn gripen, blok 1 untuk indonesia lebih ke pd opsi korsel ke amerika agar mau melepaskan 4 teknologi sensitif, kita tau penyebab utama amerika enggan memberik teknologi sensitifnya dlm program kfx/ifx di karenakan kehadiran indonesia yg notabane bkn sekutunya.

          • 1. Bukan saya alergi gripen tapi gripen lah yg alergi kepada ifx. Setiap pembahasan kfx/ifx, sales gripen akan mondar mandir
            2. Block 1 sdh diputuskan sejak dari awal MOU, tahun 2012 an. Bukan karena 4 tech itu yg membuat block 1 dst.
            3. Faktanya dengan block 1 pun, usa tetap ga kasih 4 tech itu khan?
            4. Skenario block 2 indonesia berbeda dengan Korea. Bahkan Korea mau “mengalah” ke indonesia untuk mengikuti kemauan TNI AU yaitu masalah double engine.
            Block 2 Korea akan fokus di stealth mengesampingkan combat radius dan payload karena wilayah Korea kecil.
            4. Teknogi block 2 terutama masalah material composit, cat anti radar, dan IWB mungkin kita punya kemampuan itu. 3 hal ini tidak mempengaruhi platform awalnya (block1), makanya kita confident bisa mengembangkan sendiri.

          • Saya juga gak alergi sama gripen, bahkan sama sabun sulfur jf 11 juga gak alergi…

            saya cuma alergi sama kentutnya ojeg gelap yang petantang-petenteng jelekin semua pespur laen xixixi….

          • Tik tok tik tok…siapa kah itu??. kasi tau ga yaaaaa???? hahaha

          • Wkkk… Bener bung
            @senopati dan nuncaku bikin alergi tuh orang sm kek virus…sm bung Ane juga kena alergi pas ke sana gara2 tuh sales berusaha menularkan alergi anti pespur lain kepada semua yg orang terutama Sukro dan IFX… Gripik pespur impian….

            Hoeeeeekkkkk…
            Bhuahahahah…

            Minjem kalimat dewa teller xixixi…

        • Apakah masalahnya ada di pihak indonesia kenapa tdk menunggu melompat ke blok 2 yg lebih stealth, kalo pun itu keinginan indonesia menerima blok 1 dan bermaksud merancang sendiri desain yg di lengkapi weapon bays bkn nya justru merubah desain IFX yg ada dan memakan waktu lama lagi? Sebagai perbandingan ATD-X Jepang langsung ke blok weapon bays sesuai desain pesawat masa depan.

          https://thaimilitaryandasianregion.files.wordpress.com/2016/02/8a903847-6832-402a-a2ee-94115d2e80d7.jpg

          https://thaimilitaryandasianregion.wordpress.com/2016/02/12/japan-stealth-fighter-jet/

          • Iya masalahnya adalah di Indonesia.
            Objective IFX adalah “diatas f16” bukan pesawat Gen5.
            Dan itu sudah sangat jelas di MOU tahun 2011/2012.

            “kenapa tdk menunggu melompat ke blok 2 yg lebih stealth”
            apakah ini berarti kita dari 2011 (mulainya ide IFX ini) s/d tahun 2023 akan menunggu/melihat saja KFX diselesaikan tanpa berbuat/bertindak apa-apa ?

            Kenapa Indonesia melakukan tahapan teknologi IFX ini karena :
            1. COST (ini sudah pasti) , dengan poris 20 T seperti sekarang ini saja sudah cukup berat.
            2. WAKTU , segera menemukan pespur mengisi kekurangan pespur TNI AU saat ini setelah F5 dan SU27/30 uzur sebelum 2026. Jika harus menunggu Block 2 kapan kita bisa mengisi gap ini ?
            3. BEDA KEPENTINGAN di Block 2 antara Korea dan Indonesia.
            Seperti pendapat saya di atas, stealth bukanlah TUJUAN awal/utama saat ini. Geographis Korea dan Indonesia Beda. Threat nya pun beda.
            IFX dengan IWB tidak akan merubah aerodinamis diluar, karena ruang/space itu sudah dipersiapkan dari awal dalam blueprint nya.

          • Kalau cuma lima itu bukan siluman tapi masih semi, jika cross kemungkinan jls dilayar pilot itu pesawat sama dgn pesawat non siluman, karna cross diakibatkan pemanasan, kalau begitu dgn infra red saja bisa ditembak itu pesawat menggunakam pespur non siluman, nego sudah dilakukan jika keberatan, monggoo, ketempat lain ajja, boleh jadi ditempat lain bisa kasihan mrk melihat anda

            Hahhahaaaa

          • Sekedar meluruskan,, Untuk masalah melompat ke blok 2 yg lebih stealth sesuatu hal yg sulit bung.. Biarin IFX blok 1 tetep berjalan.. Justru mumpung ada waktu utk menyiapkan ke blok 2,, kita siapin plafonnya.. Apa yg belom didapat dlm proyek kfx, kita lengkapi dgn mengakusisi pespur yg bisa memberikan TOT atau bekerja sama dgn perusahan komponen pespur utk menutupi kekurangan IFX atau komponen pembeda yg sesuai dgn keadaan geografis indonesia dan keinginan user..

        • Cat anti radar dan material komposit tentu tdk berarti banyak jika di aplikasikan ke blok 1, kalo tdk di kombinasikan dgn desain pesawat di mana cantelan rudal sudah digantikan teluk senjata (weapon bays) mengenai kesepakatan indonesia menerimah blok-1 bknnya bs di renegoisasi ulang blok-2 ? ini agar TNI-AU memiliki pesawat yg betul2 bs di andalkan di era persaingan pesawat stealth, jangankan mou expriment pesawat pembelian su-35 yg sudah final masih bs di renegoisasi ulang agar bs memiliki jumlah su-35 yg banyak dgn uang yg sedikit πŸ˜€

          • Stealth ada 5 komponen utama :
            1. Bentuk shape geometris pesawat, .. KFX/IFX sudah mengadopsi konsep ini. RCS ditargekan dibawah 1.
            2. RAM , cat anti radar, inisiatif ini di dalam negeri sudah berjalan 3 tahun terakhir. Dari cat magnetik by BATAN, cangkang, ban bekas, pasir silakan di cek sendiri.
            Bagi saya kendala utama dari RAM adalah bukan dari JENIS MATERIALNYA , tetapi tecknologi aplikasi dan coatingnya yang sangat rumit.
            3. IWB, Blue print KFX sudah kesini, jadi kedepan melangkah ke IWB tidak akan merubah struktur pesawat terlalu banyak.
            4. AESA/IRST dll, block 1 sudah AESA. Jika akan ke Block 2 tidak menjadi masalah khan ?
            5. Stealth missile , … nah klo yg ini baru US n Rusia .

            Renegoisasi KFX/IFX yang masih progress dan schedule yang sangat ketat ?? saya sangat ragu hal ini bermanfaat dan berhasil ?

            kasus SU35 renego , .. RUSIA ga mau nego kita tinggalin, RUSIA bersedia nego, SU35 jadi kita beli. simple.

          • Kalau cuma lima itu bukan siluman bung SP, tapi masih semi, jika cross kemungkinan jls dilayar pilot itu pesawat sama dgn pesawat non siluman, karna cross diakibatkan pemanasan & cat yg pudar, kalau begitu dgn infra red saja bisa ditembak itu pesawat menggunakam pespur non siluman, nego sudah dilakukan jika keberatan, monggoo, ketempat lain ajja, boleh jadi ditempat lain bisa kasihan mrk melihat anda

            Hahhahaaaa

          • Jika “pemanasan dan cat yg pudar”…
            Berarti raptor pun semi stealth mengambil definisi anda?
            Secara ga langsung saat ini tidak ada pesawat “stealth”?

          • Memang blm ada saat ini pespur siluman fuell, cuma kalau f22 memiliki pendingin di mesinnya & TVCnya agak kedalam terlindung dari bodynya hampir sama dgn pespur hawk, pendetek yg menggunakan infra red agak sulit mendetekny & cross nya yg katanya 0,001, pada rentang jarak brp & bukan berarti gak ada pespur yg stealth fuell, tunggu ajja kehadiran su35 & su57 yg stealth fuell

            Hahhahaaaa

  2. test semoga IFX cepat terwujud..

    • IFX akan terwujud nyata dan sesuai harapan jika negoisasi tertutup mengarah kepenambahan anggran proyek IFX yaitu minimal 5% atau 10% dari pemerintah indonesia, artinya dengan penambahan tersebut proyek IFX dengan teknology Gen 5 akan terwujud dan cita-cita jumlah diperoleh 80 Unit atau lebih.

      Sayangnya jika negoisasi tertutup RI dan Seol berjalan buntu maka kesepakatan penawaran pertama tetap jalan dengan tekhnology Gen 4,5 dan jatah unit IFX sebanyak 50 Unit akan diterima pada tahun 2025 paling cepat.

  3. Lockheed Martin selalu membantu dan memberikan yang terbaik kepada semua mitra kami.

    Hhhhhhhhhh

  4. Jgn tanggung2. Seklian ajalah bikin pswt kfx/ifx 100% siluman, biar jd saingannya raptor tuh…

  5. Semoga thn 2026 sdh bisa dikirim ke indonesia…atau lbh baik bikinnya lsg di pt di… hebat euyy…

  6. Gpp Generasi 4.5… Semoga lancar terus IFX

  7. Pakai inlet DSi/Divertless mereka brow, dengan mesin yang bisa menghirup nafas yang bebas radiasi/radar musuh,,,,sehingga radiasi yg dipantulkan tidak kembali ke radar pesawat….

    nah klo kita……hiks….hiks… πŸ™

  8. Maklumlah korea belum berpengalaman bikin pespur mandiri, jadi targetnya yg gen 5 jadi gen 4,5 krn biaya membengkak…

    Nah yg amerika aja yg berpengalaman bikin pespur, saat bikin pespur gen 5 siluman aja budget slalu membengkak dan tdk berhasil2 pula walau ditambahi dana…..

    Huehuehue

    • Tapi amrik bikin raptor kok mudah2 saja ya? ga jlimet kyk F35 ini? klo urusan dana amrik ga ada masalah, nah masalah dr F35 ini sejatinya?

      • Raptor belum full siluman kalau menurut pengamat pespur

      • setau saya raptor lebih mudah karena fungsinya hanya sebagai superioritas udara, bandingkan dengan f 35 yang multi fungsi 3 matra dengan demikian harus memenuhi spesifikasi ke 3 matra yang tentu berbeda beda. lagi pula teknokogi avionik terutama sistem komputer raptor belum secanggih f 35. sepertinya masih menggunakan teknologi gen 4. upgrade ke f 22c menggunakan teknologi serupa dengan f 35 sedang berjalan.

        • Yup… Body pesawat juga blm mendukung jd pesawat siluman

          • Haha… Lucunya F35 juga di beli sm sekutu2 asu kan akibat mereka tidak di perbolehkan sm asu buat beli F22…dan asu pun mengembangkan pespur baru yang seharusnya lebih murah dan lebih efisien dari F-22… Sekarang karena pengembangan yang kacau, F-35 jadi gagal memenuhi harapan tersebut… Dan negara-negara tadinya berharap punya pespur yg kek F-22 terjebak karena mereka sudah membayarnya… Jebakan batman nih Pespur xixix…

          • Utk dapat jadi pesawat siluman, minimal body dilapisi anti radar, model body cenderung sedikit yg datar, tp yg paling pokok ketika terbang tidak menimbulkan gesekan panas pada udara.

            Solusinya apa ya? Pake baju es batu? Menyatu dgn angin biar tdk timbul gesekan dgn udara? Lha gimana lagi drone listrik dan burung aja sdh bisa ke detek oleh radar baru sekarang….. Hiks ampun mak

          • Kmrn ata bung SP munggunakan cat & perusahaan indonesia sudah mmpunyai bahan cat itu utk pespur IFx, tanya ajja ama SP broo, cat apa yg digunakan, apakah cat dinding rumah, cat mobil, apa cat es

            Hahhahaaaa

          • @qarin, siluman kalau di cat nantinya apa malah jadi ketahuan wujudnya, mending dibedakin yg tebal dan dikasih wig malah bisa menyamarkan

          • Wig apa apaan pula itu broo

            Hahhahaaaa

        • Bung Aboed,
          Raptor juga memiliki kemampuan serang darat dan maritim.
          Pengembangan Raptor juga bukan mudah dan murah, 1986 s/d 2005 bukan waktu yang singkat.
          Raptor mahal karena memakai tecknologi dan design yang benar-benar baru, belum ada di jamannya.
          F35 mahal dan dirasa sulit karena pengembangannya dari nol tidak mengadopsi technologi Raptor.

          Bisa dibayangkan, membuat Android adalah susah dan berbeda di jamannya, sekarang ini harus membuat hal yg sama dengan android tetapi tidak boleh sama platformnya dengan android itu sendir, akan lebih sulit.

    • Teknologi mereka dijual oleh para perusahaan periset teknologi…jadi ya mana ada yg gratis kecuali dibuat oleh LIPI dan BPPT jauh lebih ramah lingkungan dan tepat guna..lohhhj..

  9. Seluruh dunia buat senjata canggih canggih dengan dasar elektronika canggih…semua alutsista yg berdasar elektronik canggih itu akan musnah tak berguna hancur lebur tak berfungsi jika diserang oleh Elektro Magnetic Pulse (EMP)..

    Mereka bisa buat elektronik canggih AI canggih sekalipun, dan mereka juga tau cara mematikaanya…

    Saklaar sakalarr mana ya…

  10. sudah sangat bagus itu pespur baru generasi 4,5 buatan sendiri. Beritanya Indonesia menerima 80 unit berarti 5 skuadron.

  11. lama bener yah rancangan pespur, 2022 propotipe 2026 baru layak, kita produksi 4+ yg lain udah 7+ masih tetap tertinggal sepertinya.

    • Emang produksi pesawat type baru di dunia ini yg akan beroperasi pada tahun2 itu apa bung? Klo boleh tahu?

      • Jet tempur yg sdh gen 7+ itu apa yah? itu thn brp bung? mungkin yg dimaksud su57 kali bung sp…xixi sdh jelas itu gen 5 dan rusia baru mau mengmbangkan gen 6…blm mulai juga kok…apa yg udah 7+??? hahaha

  12. Indonesia Luarbiasa !!!!!

    Check experience pilot indonesia

    Trust vector : zero experience
    JHMCS : zero experience
    IRST : zero experience
    Air to Air : Nyaris zero
    Anti-ship : zero experience
    ECM pod : zero experience
    Targeting pod : zero experience

    Jam terbang : bawah standar nato
    simulator : none

    level pilot : luarbiasa !!!!!!!

    Indonesia satu2 nya negara didunia mengklaim pembuat pespur stealth hasil masukan data dari pilot2 luarbiasa zero experience…kahkahkah…simulator aja belum punya…kahkahkah

    mesin 150cc komodo aja masih impor dari tiongkok…

  13. Hidup Gripen for indonesia..Gripen mantafffff !!!!!

  14. kayaknya masalah ifx downgrade dan kfx upgrade cuma berbeda dari sudut pandang aja…..dlm hal ini dari masalah kemampuan dana dan tehnologi yg disyaratkan dari pesawat itu sdr…RI menyertakan dana 20% dan mensyaratkan kemampuan pesawat scr umum diatas f-16..dan itu sdh didapatkan…korea punya dana yg lebih banyak dan kemampuan kfx nya diatas punya RI ya udh wajar…tinggal di blok2 nanti apakah RI akan mengembangkan ifx spt Kfx atau ckp segitu aja krn mslh dana..

  15. Prototype 2022 masuk layanan 2026, kalau melihat dari project yang biasanya dilakukan untuk product yang benar2 baru kemungkinan bisa mundur bahkan mungkin 2-5 tahun… asumsi terbaik bisa di diterima Indonesia dalam kondisi siap tempur 2026…
    Mesin menggunakan GE414 dan itu varian yang cocok dengan F-18 dan Gripen NG, maka kemungkinan akan mengancam keberadaan F-16 karena memiliki jenis mesin yang berbeda…
    KFX/IFX mesin F414-GE-400 sedangkan F-16 mesin F100-PW-220E… untuk alasan efisiensi memungkinkan menggunakan jet tempur dengan mesin sejenis dan untuk mesin tunggal itu ada pada Gripen NG…
    Sedangkan untuk keluarga Sukhoi kemungkinan tidak terpengaruh karena berada disisi yang lain, semacam jaminan ketika USA atau koalisi barat melakukan embargo militer (seperti yang sudah pernah dilakukan terhadap Indonesia) kita masih kuat di udara…

    • 2026? Lumayan lambat juga pespurnya

      Hahhahaaa

      • Cenderung molor looo… masalah teknis yang berakibat perlunya modifikasi dan sebagainya sering kali terjadi… bahkan Su-35 yang sudah dalam layanan tempur masih memiliki beberapa kelemahan yang perlu di upgrade atau diperbaiki, termasuk ketahanan dan proteksi mesin terhada kondisi debu maupun material yang bisa masuk keruang mesin…
        Belum pengujian kemampuan menembakan rudal, penargetan…
        Kemarin saya membaca artikel tentang F-35, “membuat pesawat terbang itu mudah… yang sulit itu optimalisasi semua fungsi terutama fungsi tempur pesawat”…

      • Ngapain jg di buru2.? Emang sdh mau perang.? Yg cepat itu bikin nasi goreng.
        Yg penting penguasaan teknologinya, artinya what next.? Setelah jd dan diproduksi sebanyak 80 unit buat Indonesia, apa langkah selanjutnya.? Jng sampe spt Anoa yg monoton perkembangannga, hingga utk model amphibi hrs bawa2 lonceng klenteng dibelakangnya.
        Alob2 asal kelakon kata org papua mah.

        • Saya lebih menyoroti efek pemilihan mesin oleh Korea bung Ruskye… itu akan memiliki efek panjang eksistensi F-16 maupun Gripen NG… sedangkan product jet baru memang lebih baik seperti project Su-57 tidak perlu buru2 masuk layanan produksi, yang penting lebih masuk akal dan lebih mumpuni dari yang konvensional…
          F-35 pun molor tidak karuan kok…

    • Betul… maklum lambat krn blueprint dan mesin cetaknya aja blm jadi, perlu hati2 biar sekali produksi masal tdk ditarik kembali ke kandang, krn sebab cacat produksi kayak f35

  16. nggak ada super manuverbility pugachev, nggak ada IWB & nggak ada BVR, mundur ke gen 4, F-35 & SU-57 Harga Mati

  17. Jgn setor 1 juta dollar dulu sebelum pesawat siap terbang, jika sdh aman dilanjut, jauhi gripen dan sales nya

  18. JEMAAH GRIPIKIYAH mana Suaranya???
    kalo ga ada pasti mencak2 sama ngece IFX d Webnya sendiri. Mirip kayak Katak d Tempurung. ngedumel d lahan sndiri ga berani debat d lahan orang (Pengec*t). :v
    tapi giliran mencak2 keluar jurus seribu linknya2, yang terkadang memakai Ilmu Kecocokan spaya terlihat cocok. wkwkwkwk.

    • Wkkkk… Udah gitu salesnya suka maen hapus reply orang yg suka belain produk lain di sana xixixi…

      • Dan itu DR benci amat sama Sukhoi… saya heran dengan artikel yang dibuat, kalau itu adalah representatif dari Gripen itu sendiri jelas cara yang dilakukan salah… karena menjual barang itu memang butuh bombastis tetapi tetap harus membumi, harus tahu posisinya dimana, tidak bisa hantam kromo semua pasti kalah…
        kalau mau membaca pada jawaban komen yang bertentangan beliau juga tidak konsisten dan cenderung melakukan blunder

        • Tp salut jg dng si DR yg konsisten selalu memuja gripik ketimbang kawan kita yg dulu muji2 Sukhoi bahkan sampe sempat membuatkan artikel jumlah kebutuhan utk TNI. Sekarang malah ikut muji2 gripik juga dan parahnya mencela Sukhoi dr segala aspek. Tidak konsisten dan labil.
          Org akan “respect” jika always konsisten dng pendapatnya alias tdk labil.

          • silahkan disunat orangnyaaa

            Hahhahaaa

          • Itu namanya pancaroba bro, sebenarnya sy juga kagum dgn itung2an yg realistis mendekati fakta, tp di tahun 2017 beliau saat berdiskusi kayak bukan ilmuwan lagi minimal pengamat lah tp cenderung kayak orang berantem, ketika disebut bodoh sama agato th 2015 – 16 an dia tetap sabar tp sekarang kok berubah, kalau sy sih berforum cuma hura2 aja

            atau mungkin ini karena soal sunat kale? Hohoho

          • Ejek ejek tapi rindu juga, mungkin itu perubahannya broo

            Hahhahaaa

          • Setelah dihitung hitungnya anda mengatakannya realistis, tapi setelah itu lari dari realistis broo karana disunat bung jimmy lbh dulu broo, itu makanya namanya phd/putus harapan duluan

            Hahhahaaa

          • Yeee yang dibuli itu bukan cuma Sukhoi tapi segala jenis alutsista buatan Rusia.

            Itu juga karena sifat Rusia sendiri yang mau untung gede nggak perhatikan pelanggannya.

            Semua alutsista barat termasuk pespur jika sudah dikirim ke negara pembeli, bisa dirawat dan diperbaiki serta diupgrade di negara pembeli. Contoh F16 kita bisa di MLU di negeri kita.

            Lha ini pesawat Rusia mesti harus dikirim ke luar dari negara pembeli.

            India udah kerjasama dengan Rusia untuk bikin Su30mki tapi Rusia nggak mau TOT spare partnya.

            Betul kata pengambil kebijakan dari TNI AD yang bilang “no more Russian goods”, alias udah kapok.

            Beli senjata itu termasuk dalam belanja modal alias investasi.

            Artinya investasi itu diharapkan ada keuntungan termasuk transfer of teknologi.

            Lha kalo investasi nggak ada untung malah rugi diporotin terus ya bukan belanja modal namanya alias belanja rugi seperti beli kaleng rombeng (minjem istilahnya bung Yulihantoro).

            Hanya dua macam alutsista Rusia yang mungkin masuk di akal saya untuk diakuisisi saat ini ya si cerobong pabrik arhanud S400 sebab jauh lebih murah dari THAAD.

            Beli aja S400 sebanyak 13 divisi x USD 120 juta = USD 1,56 milyar.

            Dan yang kedua adalah Pantsir M untuk dipasang di atas korvet buatan kita.

            Dengan begitu sudah bikin keder kawasan sekitar.

            Itu saja.

          • Nah bung tn ini baru realistis pemikirannya..jika dia blg bagus ya bagus, jika dia blg murah ya murah walaupun itu produk rusia sekalipun…tp yg ga abis pikir, knp bung tn yg kreatif ini msh mau minjem kata2 kaleng rombeng? cari dong kata2 yg lain..semisal kaleng karatan, kaleng bolong atau kaleng robek….hahahha

          • @boomerang88
            Saya sih tetap suka dng artikelnya, bung. Hrs kita akui artikelnya mengajak kita berpikir dan menganalisa. Dan saya msh tetap penunggu setia artikel mari berhitung the series.
            Hanya saja kalo diajak berargumen larinya ke fisik. Itu menandakan ketidak mampuan mengolah esmosi…hehehe
            Spt yg saya bilang seharusnya guru menurunkan ilmu ke murid, ini malah gaya murid yg dipake gurunya.
            Mungkin saja kemampuannya hanya analisa hitung menghitung doank spesialisasinya. Jadi harap dimaklumi aja krn karakter org beda2…ya toh…ya toh….xixixi

          • F16 kitaa? Loe ajja kalleee, jika no more rusia good? Silahkan ketempat lain ajjaa, tapi jgn harap full teknologi

            Hahhahaaaa

          • @bung RS dan qarin, Sy sebut mendekati realistis krn diajarkan itung2 yg mendekati real, tp ada itung2 yg tdk real saat ngitung pertempuran su35 vs f35 itu, masa f35 baru ke detek saat 100 km, radar sekarang canggih bahkan tekanan angin, kelembaban udara sdh bisa di citrakan, apalagi kalau f35 ngebut maka mudah ketahuan.

            Komporin dulu tukang ngitung huehuehue

          • F35 itu bagian bung agato sagimura bukan bagian bung tnp phd, broo, nanti bisa ribut orang ini berdua, apa lg komisinya dihitung2 lbh banyak pula bung tn phd jika laku banyak itu f35, bukan berarti bung as tinggal diam, sudah jelas bung as akan mmbeli S400, utk memutus hitung2an tn phd, yg katanya sebulum itu lbh canggih THAAD, tapi trnyata tidak demikian

            Hahhahaaa

          • @Qarina
            Kok ente msh ingat sih analisa beliau tentang THAAD.?
            Yuk….mari kita simak ngelesnya…..ups sorry maksudnya argumen beliau….xixixi

          • Loe ajja yg nyimak bung ruskye, karna merka beragumen ribut

            Hahhahaaaa

          • Yg ente maksud “mereka” itu siapa @Qarina.?….xixixi

            Tp klo perdebatan ente dng bung Senopati, ya jelas ente yg ngeyel tanpa dasar. Ibarat badak yg asal maju nyeruduk, gak perduli pohon besar….ha..ha..ha

          • Pada saat ini anda bunh ruskye yg tidak berdasar mengatakan sy sprti ituu, apakah anda mau disunat bung SP
            Eeeeallaaahh

            Hahhaahaaa

          • Wkkkk…sm bung @Ruskye Ane aja kadang bingung sm omongan Si qarin… Kebanyakan nyimeng sih jadi begitu suka ngemeng ga jelas sm Ketawa – ketiwi sendiri… Tobat woi qarin xixixi…

          • Ini bung fnc lg ketawa, lihat komen kalian yg hilang, mana tau nyangkut digiginya

            Hahhahaaaa

    • Suaranya mau di lebur bung kaya type C/D yang 80 biji itu tuh

  19. DR itu realistik orgnya..bukan pakai klaim kosong..problema fan sukhoi indonesia itu suka memposisikan tniau bak au nya rusia..padahal beda jauh..lagi2 efek gentar..

    efek gentar gimana klu pengalaman meng operasikan pesawat…

    TVC : nol
    JHMCS : nol
    IRST : nol
    Targeting pod : nol
    ECM : nol
    Air to air : nyaris nol
    Anti-ship : nol
    Jam terbang : bawah standar nato
    simulator : nol

    eh mau klaim punya efek gentar..ya bikin malu tingkat internasional..

    pespur rusia bukan terlalu buruk..tapi pola pembelian tniau itu yg buruk..belinya dikit dibiar ompong bertahun2…

    • Saking realistiknya, webnya DR pakai domain gratisan kayak ber*k m*lon, tak punya money nerbangkan pesawat apalagi beli pesawat

      Yg anti Indonesia maju dan kuat kok kayak m*lon yg jago loncat ke popok pisang, huehuehue

    • Tapi katanya tni au menang telak lawan pespur australia hornet broo yg ketika itu tni au menggunakan su27 & su30

      Hahhahaaaa

    • Yg beginian ini saya suka…..hehehe
      Maksudnya suka utk ngeladenin…..xixixi

      @hantu air
      Saya beri sedikit ilustrasi dari efek gentar.
      Anda pinter ilmu bela diri dan jago bermain golok dan mahir menggunakan tombak.
      Lalu anda dibekali pedang dan golok disuruh melawan secara head to head musuh yg ilmu silatnya masih jauh dibawah anda akan tetapi dia lincah dan hanya menenteng crossbow, tp dia jagonya menggunakan crossbow. Berani gak ente hadapi.?

      Air to air : nyaris nol….?
      Selama ini justru pilot2 kita lebih beruntung krn memiliki perspur dari 2 block dan sdh sering lakukan simulasi pertempuran udara diantara 2 jenis pespur tsb.

      Jam terbang : bawah standar nato…?
      simulator : nol….?

      Anda buka2 lg artikel JKGR yg lawas. Biar wawasan anda bertambah dan dpt jawabannya. Emang brp standar jam terbang nato bung.?…..hehehe

      Hantu air ini masih satu kerabat dng Dark Rider ya.? Atau kloningannya.?…xixixi

    • Realistis itu kalau Gripen sadar jika pespurnya masih kategori kelas ringan… jadi ya lawanya yang ringan2 saja, masak Gripen dilawanin sama semua pespur menang…
      Pilot TNI AU itu sering diajak latihan bersama, terakir sedang berangkat tuh ke Australia…
      Anda bukan Pilot, tidak tahu kemampuan Pilot Indonesia kok bisa2 nya memberi kesimpulan semuanya nol… kalau pingin jualannya laku ga usah extreme2 amat, realistis dan perjuangkan dagangan dengan memberikan informasi yang benar…

      Efek gentar… apa yang paling ditakuti dari pespur barat??? dan apa yang menjadi acuan pespur barat untuk di kalahkan??? ya jelas jawabanya pespur Russia, untuk apa USA sampai dibela2in mendapatkan Su-27 kalau bukan karena gentar… toh USA tidak memiliki Rafale, Typhoon yang notabene pesaing utama F-15

      Di dunia Internasional… Pitch Black, dan sekarang lebih pintar dengan lebih memilih mengeluarkan jet generasi tua, karena mereka2 yang ngajakin maunya penasaran sama keuarga Sukhoi… termasuk ke Australia yang dikirim ya F-16 saja sudah cukup…

      Gripen??? kapan terakir kali ikut perang???

      Ompong bertahun2… anda orang mana sih??? tahun 98 sampai 2003 saat pengadaan Sukhoi Indonesia dalam masalah ekonomi berat, bisa mendapatkan saja sudah bagus, dan saat itu Indonesia sedang di embargo militer oleh USA dan koalisinya, jika saat itu beli Gripen juga ga bakalan dikasih kaleeeee, orang koalisi barat itu kan kalau urusan embargo paling kompak…

      • Emang pengetahuannya segitu kali bung,bagi DR Gripen adalah teratas wkwkwkwk
        Kelas ringan modal irit BBM ngaku bisa ngatasi heavyfighter?? Hihihihi

      • Nah itukan bukti DR itu realistik..

        koleksi heavy fighter au nya rusia mmg gak bisa dipandang enteng..

        yg dipermasalahkan koleksi heavy fighter tniau yg versi downgrade..ompong pula..

        Jelas lah latihan2 tniau tanpa melibatkan pespur yg punya TVC,Jhmcs,IRST,targeting pod,ECM pod..kerna memang tniau tak punya itu..apa anda punya dasar utk membantah??? silakan klu berani..

        Pilot2 pespur didunia yg di akui punya ketangguhan..sudah sering latihan dgn kelengkapan yg sy sebut diatas..itu baru klaim yg real..bukan klaim kosong kayak fansboy nya rusia disini..

        Gak masalah klu anda mau fikir gripen bisa dikalahkan heavy fighter rusia..itu wajar..

        Yg gak wajar itu bila anda fikir gripen bisa dikalahkan heavy fighter rusia versi downgrade punya tniau..ompong pula..

        Gak abis dgn pitch black…apa sih kehebatan su27/30 standar expor ??? klu mmg ausie mau cari lebih mantap..bisa saja ke india..latihan sama versi 4+ mki…ausie gak berani???

        ketakutan di embargo anda itu luarbiasa aneh..apakah kerana takut di embargo,justru pesawat heavy fighter buatan rusia yg dipilih dgn pola pembelian yg dikit & ompong??? bisa apa dgn pola sperti itu..

        gak mungkin jumlah total sukhoi indonesia yg downgrade & ompong bisa dibuat memerangi negara lain..bisa mati konyol..

        terus takut diembargo kerana apa??? menggunakan sukhoi utk memerangi rakyat sendiri??? gitu??

        • Bung hantu air,
          Ternyata wabah “menghalalkan segala cara” sales gripen itu mewabah. Saya pikir hanya satu saja, tetapi ternyata semua mempunya penyakit yg sama.

          Ketika kita membandingkan aple to aple gripen vs SU35 , itu sangat teknis dan realistis.

          tetapi anda kemudian men”SUMIR’ kan dengan membandingkan pilot RUSIA lawan INDONESIA , hanya untuk membangun OPINI bahwa Gripen (yg dalam hal ini mengambil keuntungan dari perbandingan itu).
          Jelas tak banyak bicara klo Pilot RUSIA jauh lebih berpengalaman dibanding INDONESIA. Tetapi dengan logika yg sama apakah PILOT GRIPEN THAILAND lebih hebat dari PILOT F18 USA ???? menghalalkan segala cara memang ciri-ciri kalian.

          Mengenai SU ompong.
          Kita sekarang sedang membandingkan SU35 (yg dibeli komplit) dengan Gripen NG , … sekali lagi SAAT INI.

          Kenapa dengan anda malah membandingkan SU27 uzur tahun 2005 dengan GRIPEN NG ?

          Saya tidak habis pikir dengan logika berpikir kaliang GRIPENIAC ?
          Bisa sedikit logis dan masuk akal lah , sedikit saja boleh klo tidka bisa dikatakan BODOH

        • Gak perlu perlu panjang lebar menganulir komen yg spt ini. Singkat saja…..xixixi
          Coba sebutkan versi downgrade yg anda maksudkan itu yg gmn.? Lalu yg anda maksud ompong itu yg gmn.? Tolong penjabarannya dulu, sebelum ente klepek2 dpt pencerahan
          Monggo dibabar….xixixu

          • Seandainya gripen gado gado yg dibeli? Ada dua pilihan harga yg ditawarkan, mau paket komplit + tot atau paket separuh, kalau paket komplit lengkap semuanya dari senjata & kalau totnya?trgantung brp berapa garasi yg dibeli, satu garasi isinya 12 unit.
            kalau paket separuh? Pesawat doang tanpa senjata, tapi yg penting bisa terbang, tapi ini tergantung kemauan pemerintah indonesia & dananya.
            Seandainya pun dibeli itu gripen blm tentu teknologinya full, karna mmbahayakan kawasan sekitar sama sprti argentina ketika menginginkan gripen tapi inggris mmberi peringatan kpd swedia utk tidak menjualnya ke argentina

            Hahhahaaaa

        • Masalah EMBARGO
          “terus takut diembargo kerana apa??? menggunakan sukhoi utk memerangi rakyat sendiri??? gitu?? ”

          Hanya MALON sajalah yang memakai F18 mengebom rakyat sendiri / separatis.
          Ga ada cerita tupokso SU35 untuk ngebom Santosa cs.
          Buat apa beli TUCANO.
          TNI AD saja tidak diijinkan sebelum BRimob/Polisi menumpas separatis.

          Contoh Embargo itu apakah seperti ini :
          tahun 2005 Swedia tidak mau jualan ke TNI, karena tokoh GAM sedang kumpul dan berjaya disana ?

          atau Amerika&British embargo TNI, karena takut Interfet/Ausie ga bisa landing di dilli timor leste ?

          atau Embargo Swedia ke Arab Saudi karena masalah HAM
          “Pada Februari, Wallstrom mengatakan kepada parlemen, Arab Saudi melanggar hak-hak perempuan termasuk mengkritik hukum cambuk terhadap aktivis hak asasi manusia dan blogger Raif Badawi. Dia juga menyebut Arab Saudi sebagai negara ”diktator.”

          Atau Larangan jualan Gripen ke Argentina oleh Inggris ?
          (yang mungkin akan terjadi jika kita konfrontasi dengan FPDA)…
          atau ini memang strategi FPDA agar Indonesia membeli alutsista kepada Barat, sehingga akan menjadi “OMPONG” jika digunakan benar-benar terjadi konflik.

  20. Generasi 4,5 gak papa..yg penting seperti dibabarkan bung seno tempo hari bisa angkut rudal dari sukhoi maupun dari pihak barat,berarti butuh radar yg jauh minim 300km…KFX/IFX kedepannya dalam formasi tempur sebagai pensalvo yg agak siluman(kecuali kalo sudah benar2 murni siluman)..dan sukhoi sebagai garis depan..karena mungkin lebih cepat dan lebih bermanuver..atau pembuka jalan swbagai penembak rudal anti jamming,…KFX/IFX sebagai sniper dibelakangnya..aah hanya pendapat ane aja..saya gak hapal peswat..hihhi..

  21. Tik tok tik tok…siapa kah itu??. kasi tau ga yaaaaa???? hahaha

  22. IFX dengan gen 4.5 sudah cukup…
    sebelum jadi
    beli F16 viper 32 biji saja dulu
    maksimalkan proses pembelian SU35..
    #gatal komen karena rame

  23. Nah itukan bukti DR itu realistik..

    koleksi heavy fighter au nya rusia mmg gak bisa dipandang enteng..

    yg dipermasalahkan koleksi heavy fighter tniau yg versi downgrade..ompong pula..

    Jelas lah latihan2 tniau tanpa melibatkan pespur yg punya TVC,Jhmcs,IRST,targeting pod,ECM pod..kerna memang tniau tak punya itu..apa anda punya dasar utk membantah??? silakan klu berani..

    Pilot2 pespur didunia yg di akui punya ketangguhan..sudah sering latihan dgn kelengkapan yg sy sebut diatas..itu baru klaim yg real..bukan klaim kosong kayak fansboy nya rusia disini..

    Gak masalah klu anda mau fikir gripen bisa dikalahkan heavy fighter rusia..itu wajar..

    Yg gak wajar itu bila anda fikir gripen bisa dikalahkan heavy fighter rusia versi downgrade punya tniau..ompong pula..

    Gak abis dgn pitch black…apa sih kehebatan su27/30 standar expor ??? klu mmg ausie mau cari lebih mantap..bisa saja ke india..latihan sama versi 4+ mki…ausie gak berani??? coba dulu mkm malaysia..pilot malaysia kurang handal?? klu f22 aja mau,typhoon juga sudah test mkm..pilot ausie bukan siapa2 lah..

    • Jawab aja dulu pertanyaan saya di komen anda diatas. Baru anda dpt jawaban. Ok. Broo.?
      Gimana lapak ente sekarang.? Udah tambah sepi ya.? Sampe hrs nongkrong disini. Jelas makin sepi, wong yg ente bual2kan cuma ABG alay yg gak biasanya cuma main game sama buka situs porno doank….xixixi

 Leave a Reply