Korea Selatan Mulai Membangun Changbogo III

Upacara peletakan lunas pertama kapal selam diesel elektrik heavy class KSS-III (program Changbogo III) berlangsung pada 17 Mei 2016 di galangan kapal DSME Geoje di hadapan pejabat Angkatan Laut Korea Selatan (ROK Navy), perwakilan Defense Acquisition Program Administration (Dapa) dan pejabat DSME. Upacara pemotongan baja pertama kapal selam ini sudah dilakukan pada bulan November 2014.

Di bawah program Changbogo III, kapal selam pertama dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2018 dan akan dilakukan percobaan laut selama dua tahun sebelum kemudian akan diserahkan kepada Angkatan Laut Korea Selatan pada akhir tahun 2020, sementara kapal selam kedua akan dikirimkan pada akhir tahun 2022.

Nantinya kapal selam KSS-III diharapkan akan diproduksi dalam tiga batch:
Batch-I terdiri dalam dua lambung pertama yang akan dibangun oleh DSME. Sisa tender untuk lambung ketiga akan dirilis pada akhir tahun 2016.
Batch-II akan terdiri dalam tiga lambung dengan beberapa perubahan desain. Lambung-lambung tersebut sebagian besar akan dilengkapi dengan teknologi Korea Selatan.
Batch-III akan terdiri dalam tiga lambung yang tersisa (hingga total sembilan kapal selam KSS-III yang dibangun Korea Selatan). Kapal selam terakhir diharapkan akan diserahkan pada tahun 2029.

Kapal selam Changbogo III akan dilengkapi dengan 6 tabung VLS (sistem peluncuran vertikal) dan akan dipersenjatai dengan rudal jelajah masa depan buatan LIG Nex1, sementara sistem peluncur akan disediakan oleh Doosan. Perusahaan Spanyol INDRA akan menyediakan sistem pertahanan elektronik (ESM) PEGASO, dan perusahaan Babcock dari Inggris akan merancang dan memproduksi Weapon Handling System untuk kapal selam Batch-1.

Perusahaan Sagem akan memasok tiang optronic, sonar Flank array akan disediakan oleh perusahaan Korea LIG Nex1. LIG juga akan menyediakan sistem manajemen tempur pada kapal selam KSS-III. Kapal selam Changbogo III akan dilengkapi dengan teknologi baterai lithium-ion buatan korea selatan.

Spesifikasi rinci dari KSS-III (Changbogo 3) Batch-I:

Panjang penuh : 83.5m
Beam : 9.6m
Tekanan diameter sensor : 7.7m
Draught : 7.62m
Kru : 50 pelaut
Kecepatan maximum : 20 knot
Daya jelajah : 10.000 mil laut
Berat terapung : 3358 ton
Berat terendam : 3705 ton

Navyrecognition

Tinggalkan komentar