JakartaGreater.com - Forum Militer
Dec 182015
 

KF-16CD Block 52

Pemerintah Korea Selatan memilih perusahaan pertahanan raksasa AS, Lockheed Martin, sebagai kontraktor baru untuk proyek merenovasi sistem elektronik penerbangan jet tempur KF-16 yang sempat terbengkalai selama beberapa bulan karena tuntutan kenaikan biaya dengan mitra sebelumnya.

Di bawah program 1,84 trilun WON ($ 1.58 juta), perusahaan yang berbasis di Maryland itu akan mengganti dan meng-upgrade radar, persenjataan dan sistem elektronik terintegrasi lainnya dari 134 unit jet tempur KF-16 yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Korea Selatan.

Selama pertemuan dari Badan akuisisi pertahanan Korea Selatan yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Han Min-koo, Seoul akan mengganti radar lama dengan radar AESA AN/APG-83 dari Northrop Grumman. Kontrak sebelumnya dilakukan dimenangkan oleh BAE Systems yang menunjuk Raytheon (AS) untuk mengganti radar AN/APG-68 dari jet tempur KF-16 Koreea Selatan.

“Lockheed Martin membuat platform F-16 dan dengan demikian memiliki banyak pengetahuan dan kompetensi tentang cara untuk mewujudkan kemampuan pesawat,” kata juru bicara Program Akuisisi Pertahanan, Kim Si-cheol pada konferensi pers.

“Setelah upgrade, jet tempur KF-16 akan mampu melaksanakan sistem peperangan terintegrasi (network-centric warfare) dan dan mengoperasi senjata termutakhir sebagai jet tempur utama Angkatan Udara Korea Selatan.”

Pada bulan Juli 2012, lembaga pengadaan senjata milik negara yang memilih perusahaan Inggris BAE Systems, dan rekannya Raytheon AS, sebagai perpanjangan tangan, untuk program upgrade dengan dana 1,75 triliun WON. Tapi sejak musim panas lalu telah terhenti, karena pemerintah AS dan perusahaan tersebut meminta kenaikan harga 800 miliar WON untuk biaya manajemen risiko.

Karena kekhawatiran harga yang melambung dan keterlambatan yang bisa membuat vakum kekuatan udara Korea Selatan, Majelis Nasional secara resmi menuntut audit oleh Dewan Audit dan Inspeksi pada 30 November 2015.

Dengan dua pesawat telah dipindahkan ke pangkalan udara AS, DAPA mengharapkan mulai menerima pesawat yang diperbaharui (refurbished) pada tahun 2018, satu tahun lebih awal dari jadwal semula.

“Kami akan menghadapi beberapa kesulitan untuk menghadapi audit yang akan datang dan harus bergerak maju dengan proyek yang ada pada saat yang sama, tetapi akan melakukan upaya maksimal untuk membersihkan setiap kecurigaan yang muncul,” kata Kim.

“Sejak Lockheed Marthin melakukan proyek upgrade secara terpisah untuk Taiwan dan Singapura, dapat memberi pengalaman dari sana untuk program kami dalam cara yang lebih menghemat biaya dan efektif.”

Oleh Shin Hyon-hee ([email protected])

Berbagi

  12 Responses to “Korea Selatan Pilih Lockheed Martin Upgrade F-16 dengan Radar AN/APG-83”

  1.  

    Masih Up Grade jg ni pesawat, kayaknya G sabar nunggu KFX.. jangan-jangan malah pesimis lagi..

  2.  

    Masih Up Grade lagi yaaaa… G sabar pa nggu KFX jadi, pa jangan-jangan malah pesimis..

  3.  

    kok wong ndeso terus sih……wah admin sentimen ya

  4.  

    kok wong ndeso terus sih……wah admin sentimen ya

  5.  

    kalo upgrade radar baru, radar lama buat apa yh?,….

  6.  

    upgradenya membuat f 16 korsel jadi F 16V, mirip yg dilakukan AU Singaporno…

    untung Kita gk ngambil F16V, gak moncer nih barang..akakaka

    •  

      Viper sebenernya barang bagus bung tapi resistensi terlalu tinggi…

      •  

        Sepakat bung..semua pesawat tempur baik barat maupin timur sama2 bagus2nya..ada antidotnya masing2.

        Sayangnya jika pilihan pada f16, kemampuannya kurang maksimal dari potensial kemampuan penuhnya disaat produsen melakukan upgrade tiap saat hanya berlaku untuk negara anggota koalisi barat/usa tier pertama. Ini berbeda dgn indonesia. Walaupun jas 39 buatan eropa, namun sudah pasti indonesia punya akses ke misil bvr terlatest, meteor mbda dll..hahaha..lucu khan walaupun f16 dapat akses ke aim 120c, tapi tetangga udh dpt akses aim120d, indonesia mau akses ke aim120d, mana bisa bro…..

        Pahit bro, tapi itulah kenyataan negeri ini…smua di lacurkan sama pemimpinnya….demi kantong pribadai dan golongan…

  7.  

    Ini kayaknya bakal membedakan kfx dan ifx nantinya. Kalo kfx pake radar tot lockhed martin, sedang ifx pake radar tot typhon. Seru juga tuh mana yg lebih unggul ya…?

 Leave a Reply