Korea Selatan Tahap Akhir Perakitan Prototipe KFX

radar aesa kfx korea

JakartaGreater – Korea Selatan terus bergerak dalam merampungkan perakitan prototipe Pesawat tempur KFX. Kini Korea Selatan sedang dalam tahap akhir untuk merakit prototipe yang akan menjadi jet tempur KFX yang dikembangkan dalam negeri pertama di negara itu, yang diharapkan akan diluncurkan pada bulan April, ujar para pejabat, Minggu, 31/1/2021, dirilis Yonhap, dikutip Koreaherald.com.

Korea Selatan telah mengerjakan proyek pesawat tempur KF-X sejak 2015 untuk mengembangkan pesawat tempur mutakhir buatan dalam negeri untuk menggantikan armada jet F-4 dan F-5 Angkatan Udara yang sudah tua.

Pada September tahun lalu, Korea Aerospace Industries Co. (KAI) turun ke perakitan terakhir prototipe jet dan sekarang berada di tahap akhir, ujar pejabat Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA).

kf x dapa korea

Korea Selatan dalam Tahap Akhir Perakitan Prototipe KFX. (@DAPA Korea)

Prototipe tersebut diharapkan akan dipublikasikan dalam acara peluncuran sekitar akhir April, beberapa minggu lebih cepat dari jadwal, ujar mereka.

Badan pengadaan mengincar pada 2026 untuk penyelesaian pengembangan setelah uji darat dan penerbangan. Empat puluh unit direncanakan akan dikirim ke Angkatan Udara pada tahun 2028 dan 80 unit lainnya pada tahun 2032, kata para pejabat tersebut.

Pesawat dirancang mampu terbang dengan kecepatan maksimum Mach 1,81 dengan jarak terbang mencapai 2.900 kilometer. Ini memiliki kemiripan dengan F-35A generasi kelima, menurut KAI.

Dengan muatan maksimum 7.700 kilogram, pesawat tempur ini mampu memasang 10 pod untuk rudal dan barel bahan bakar. Ia akan dapat membawa beberapa jenis rudal udara-ke-udara, seperti IRIS-T Jerman dan rudal Meteor dipandu radar aktif pengembang Eropa MBDA, ujarnya.

“KF-X dikategorikan sebagai jet tempur generasi ‘4,5’. Tapi platform tersebut dirancang untuk diubah menjadi generasi kelima yang canggih kapan saja,” kata seorang pejabat DAPA.

1 thought on “Korea Selatan Tahap Akhir Perakitan Prototipe KFX”

Leave a Reply