Korea Selatan Ujicoba Rudal Balistik 800 Km

Rudal balistik Hyunmoo-3 buatan Korea Selatan. © Wikipedia

Korea Selatan telah berhasil melakukan ujicoba peluncuran rudal balistik jenis Hyunmoo dengan jangkauan 800 km yang bisa menjangkau berbagai daerah di Korea Utara, seperti dilansir dari Yonhap News.

Uji coba peluncuran alutsista rudal balistik yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Han Min-koo, yang dilakukan di lokasi uji coba Anheung milik Badan Pengembangan Pertahanan (ADD), menyatakan bahwa rudal tersebut telah memenuhi persyaratan utama ledakan normal, penerbangan dan keakuratan dalam menghantam target, menurut informasi yang diperoleh Yonhap, pada hari Kamis.

Keberhasilan uji coba ini bisa mengirim pesan peringatan keras kepada Korea Utara yang terus melanjutkan pengembangan nuklir dan rudalnya yang telah dilarang oleh masyarakat internasional, kata sumber tersebut.

Akan tetapi ADD telah memperpendek jarak terbang dari pengujian rudal tersebut, karena keterbatasan ruang. Jika dikerahkan, rudal baru tersebut akan mampu menjangkau seluruh Korea Utara bahkan ketika rudal balistik tersebut ditembakkan dari wilayah paling selatan yang ada di Korea Selatan.

Tinggalkan komentar