Korea Selatan Upgrade Kapal Selam Chang Bogo

7
11430
Kapal selam Chang Bogo Korea Selatan

Produsen kapal perang Korea Selatan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) menyerahkan kapal selam Chang Bogo class (Type 209/1200) Na Dae Yong ke Angkatan Laut Korea Selatan (Republic of Korea Navy – RoKN) pada 10 Juni 2019.

Kapal selam Na Dae Yong telah menyelesaikan upgrade yang dilakukan selama dua tahun.

The Defence Acquisition Programme Administration (DAPA) di Seoul mengumumkan pada tanggal 10 Juni bahwa kapal selam Chang Bogo yang memiliki panjang 55.9 m dan lebar 6.2 m, pertama kali memperkuat Angkatan Laut Korea Selatan pada November 2000, kini telah dilengkapi dengan sistem manajemen tempur baru, yang meningkatkan sistem deteksi target dan kemampuan pelacakan. Selain itu kapal selam Na Dae Yong kini dilengkapi sonar towed-array.

Kapal selam diesel elektrik KSS-I yang sudah diupgrade diserahkan dalam upacara yang diadakan di galangan kapal Okpo DSME di Pulau Geoje. DAPA mengatakan bahwa kapal selam lain dari class yang sama, Choi Moo Sun (SS 063), telah diserahkan ke Angkatan Laut Korea Selatan pada bulan Februari.

DAPA berharap kesuksesan pada produksi sistem tempur terintegrasi di dalam negeri pada kapal selam Chang Bogo class dapat “berkontribusi besar” untuk meningkatkan kemampuan teknologi pertahanan dan kemampuan operasional militer Korea Selatan.

Jane’s

7 KOMENTAR

  1. Kapal selam Nagapasa Class TNI AL manajemen tempurnya sudah paling update menggunakan Naval Combat Management MSI-90U Mk2 buatan Kongsberg Defence System, Norwegia sudah sangat mumpuni dan cocok dengan kapal selam kita dan mampu mengakomodir jika kelak Nagapasa Class dipersenjatai dengan peluru kendali yang sistem peluncurannya dari lobang torpedo. Kapal selam milik korea diperbaharui sistem manajemen tempurnya karena diproduksi tahun 2000 lalu.