Agu 092019
 

Korea Utara diperkirakan akan segera meluncurkan kapal selam terbaru yang mampu menggotong tiga rudal balistik.

Di depan anggota parlemen, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan kapal selam tipe baru Korea Utara yang baru saja ditinjau oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pekan lalu diyakini mampu membawa tiga rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (submarine launched ballistic missile -SLBM).

Dalam sebuah penilaian yang dibagikan saat pengarahan tertutup oleh Kementerian Pertahanan Nasional (MND) kepada anggota komite intelijen Majelis Nasional, para pejabat Korea Selatan percaya bahwa kapal selam itu akan segera dikerahkan.

“Kapal selam Korea Utara yang baru dipandang mampu membawa tiga SLBM,” kata ketua komite Lee Hye-hoon kepada pers, dalam komentar yang dirilis oleh media lokal.

“Ketika kita melihat foto-foto yang dibagikan oleh Korea Utara, ada beberapa bagian mosaik, dan bagian ini tampaknya menjadi lokasi di mana peluncur SLBM dipasang,”lapor Kementerian Pertahanan.

Pengarahan itu dilakukan hanya beberapa jam setelah Korut dilaporkan meluncurkan dua rudal balistik di lepas pantai timurnya.

Kapal selam baru Korea Utara – yang diyakini sebagai penerus kapal selam rudal balistik Sinpo / Gorae class dan dijuluki “Sinpo-C” – muncul di media pemerintah menyusul kunjungan ke pabrik yang dirahasiakan oleh Kim Jong Un Selasa lalu.

Berbicara selama kunjungan itu, pemimpin Kim Jong Un dilaporkan “menyatakan sangat puas” tentang desain dan konstruksi kapal selam baru, menggambarkannya sebagai “komponen penting dalam pertahanan nasional negara” dan mengatakan penyebarannya “sudah dekat”.

Ketua Komite Lee mengatakan Kementerian Pertahanan juga telah “menilai (kapal selam) berada di tahap pra-peluncuran dan ada kemungkinan akan diluncurkan di laut segera.”

Klaim Seoul pekan ini tampaknya muncul setelah sebelumnya para analis menilai kapal selam itu kemungkinan dirancang untuk membawa beberapa rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM).

“Saya awalnya mengatakan empat, tetapi turun menjadi tiga setelah melihat pengukuran,” kata analis Ankit Panda kepada NK News. “Tiga sepertinya sepenuhnya realistis untuk kapal selam itu.”

Intelijen AS selama bertahun-tahun meyakini bahwa Pyongyang saat ini berusaha memperluas armada kapal selamnya, dimana situs specialist website 38 North pada awal tahun ini melaporkan citra satelit yang menunjukkan bahwa pembangunan sedang dilakukan di Galangan Kapal Angkatan Laut Sinpo Selatan.

Citra satelit yang diperoleh situs NK News NK Pro pekan lalu mengungkapkan bahwa Korea Utara juga telah mulai mengerjakan apa yang mungkin merupakan pusat pelatihan baru bagi para awak kapal selam di sekitar galangan kapal itu.

“Sangat mungkin bahwa fasilitas pelatihan baru ini akan memainkan peran penting dalam melatih awak kapal selam untuk seri baru kapal selam rudal balistik mereka,” kata Dave Schmerler, yang ditulis di Associate Research di James Martin Center for Nonproliferation Studies.
NK News

 Posted by on Agustus 9, 2019

  8 Responses to “Korea Utara Bersiap Luncurkan Kapal Selam Rudal Balistik”

  1.  

    Boleh juga nih di akuisisi buat TNI…

  2.  

    Walau tampak jadul tapi semua ks korut berbisa,terbukti dari tenggelamnya kaprang korsel beberapa tahun lalu..

  3.  

    Tak dipungkiri angkat topi hormat berat kepada saudara jauh Korea Utara selalu update rudal2 terbaru walau ditekan habis2an oleh dunia terlepas dari kondisi rakyatnya miskin dan sengsara….bagaimana kita?