Sep 222018
 

Dua pemimpin Korea beserta istri di gunung Paektu © Blue House via Wikimedia Commons

Jakartagreater.com  –  Korea Utara dan Korea Selatan menandatangani perjanjian di sektor pertahanan serta pernyataan bersama yang menjadi hasil dari KTT di Pyongyang, dirilis Sputniknews.com, Rabu 19-9-2018.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebenarnya telah memproklamirkan berakhirnya perang, kata juru bicara kepresidenan Korea Selatan pada hari Rabu.

Pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan telah menandatangani perjanjian bersama setelah KTT di Pyongyang. Juga, perjanjian di bidang militer ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan, Song Young-moo, dan Menteri Pertahanan Tentara Nasional Korea Utara, No Kwang Chol di hadapan para pemimpin kedua negara.

Menurut pernyataan bersama oleh para pemimpin, Korea Utara memutuskan untuk  membongkar seluruh bidang pengujian roketnya di Tonchkhan-ni dan akan mempersilahkan pengamat internasional mengunjungi lapangan. Pernyataan itu juga mengatakan bahwa Korea Utara akan membongkar reaktor nuklirnya di Yonbyon dalam kerangka perjanjian dengan Amerika Serikat.

Setelah pertemuan itu, pemimpin Korea Utara berjanji akan mengunjungi Seoul dalam waktu dekat. Dia juga mengatakan bahwa kedua negara sepakat untuk melakukan upaya denuklirisasi semenanjung. Sementara itu, presiden Korea Selatan mengatakan bahwa Seoul seorang Pyongyang setuju untuk menghapus ancaman perang di Semenanjung Korea.

Pernyataan bersama itu juga mengatakan bahwa pekerjaan pada sambungan jalan dan rel kereta antara kedua negara akan dimulai sebelum akhir tahun ini. Seoul dan Pyongyang juga setuju untuk mengirim tim gabungan ke Olimpiade 2020 serta mengajukan tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah 2032 pertandingan.

Pertemuan para pemimpin negara berlangsung pada hari Rabu 19-9-2018  dalam format “satu-satu” di kediaman resmi untuk para tamu terhormat. Orang-orang yang menyertai para pemimpin sedang menunggu akhir dari percakapan mereka di koridor.

Kedua negara sepakat untuk menghentikan latihan artileri skala besar dan penerbangan militer dekat garis demarkasi. Mereka juga setuju untuk menarik pasukan dari zona demiliterisasi dan melucuti personel di desa gencatan senjata Panmunjom. Dua Korea sepakat untuk membuat zona 80 kilometer bebas dari latihan militer di laut Kuning, laut Jepang.

Sebelumnya, seorang juru bicara untuk administrasi Seoul menegaskan bahwa DPRK dan Korea Selatan akan menandatangani perjanjian militer dan pernyataan bersama setelah KTT.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, melakukan kunjungan 3 hari di Pyongyang, yang merupakan kunjungan pertama oleh seorang presiden Korea Selatan ke Pyongyang dalam hampir 11 tahun, ketika mantan presiden Roh Moo-hyun pergi ke Korea Utara pada Oktober 2007.

Selama kunjungan Presiden Korea Selatan itu direncanakan bahwa pemimpin akan 2 kali mengadakan pembicaraan dengan Kim Jong-un dan membahas peningkatan lebih lanjut dari hubungan, denuklirisasi dan pengembangan dialog antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

  23 Responses to “Korea Utara dan Selatan Akhiri Perang”

  1.  

    bagus itu, damai lah, damai bumi ku…..
    jangan ada perang diantara kita…..

  2.  

    ketika semenanjug korea benar benar damai dan tentaram ..selanjutnya kawasan asia sebelah mana lagi yg bakalan di bikin runyam oleh polis dunia..?

  3.  

    Pyongyang dan seoul mendaftarkan jd tuan rumah olimpiade 2032 itu saingan berat Indonesia yg jg daftar.

  4.  

    ini adalah perang proxy antara amerika dan sekutu yang memback up korsel dengan china dibantu soviet yang membantu korut..penyebab perang kalau dirunut panjang..tapi yang menjadi inti dimulainya perang adalah Pada Konferensi Potsdam (Juli—Agustus 1945), Sekutu secara sepihak memutuskan untuk membagi Korea tanpa melakukan konsultasi dengan pihak Korea sendiri. Hal ini tidak sesuai dengan Konferensi Kairo (November 1943), ketika Churchill, Chiang Kai-shek, dan Franklin D. Roosevelt mendeklarasikan bahwa Korea harus menjadi negara bebas dan merdeka.

    ibaratnya seperti sengkuni..yang pinter manas2in keturunan destarata dan pandu dewanata yakni kurawa (anak destarata yang 99 orang dan paling sulung adalah duryudana) dan pandawa (anak pandu dewanata …5 orang..yudhistira(si bijak),bima(badan paling guedee dan jago pukul),arjuna (jago panah dan pemikat wanita) serta nakula sadewa si kembar ganteng tak terpisahkan..

    perang korea,seperti penyebab perang besar mahabarata di kurusetra..adalah karena hasutan dan campur tangan pihak luar..jadi kalau sekarang ada pihak yang suka ngacak2 negara lain agar tak bisa damai..itu memang sudah dari jaman baheulaa..

    •  

      Begini broo, yg gue tanya mengapa korea terbagi dua ditahun 1945 setelah dibebaskan sovyet dari jajahan jepang dioperasi badai agustus, apakah korea bebas dari jajahan jepang langsung terbagi dua?

      Bukan wayang wayangan

      •  

        Manfaatkan wayang apabila kita dalam keadaan terjepit mau menjawab tidak punya bukti. Untuk membalik keadaan biar kita tidak terus menerus jadi pecundang, gunakan terjemah wayang sekedar membela diri. Tapi harus ada dukungan suara massa yang sangat luas yang mendukung pembenaran cerita wayang. Agar mendapat dukungan massa diperlukan kerja dari anggota TNI bagian intelijen (antaraja), kerjakan secarab rahasia (antareja ambles di bumi). Kalau dukungan massa kuat, menang ngoyak merurut teori bisa jadi pemenang biarpun tidak pegang bukti.

      •  

        ya gak langsung lah..tapi prosesnya di juli agustus 1945 itu..saat us dan ussr bernegoisasi terkait masa depan korea pasca lepas dari japan..dan klimaksnya setelah korut menyerang pada juni 1950..

        masalah wayang kan bumbu2 aja supaya heri ada temennya..xixixix
        tapi loe tumben gak nanyain si pria itu..sudah ketemukan ha…hahaahaha

  5.  

    Tdk ada negosiasi antara sovyet dgn amerika broo, karna yg trlibat perang dioperasi badai agustus itu adalah pasukan sovyet, tapi presiden amerika pada saat korea bebas dari jepang meminta kpd sovyet untuk brsama sama menangani korea
    😀 😆

  6.  

    “tapi presiden amerika pada saat korea bebas dari jepang meminta kpd sovyet untuk brsama sama menangani korea”

    lah iya bro..itu bentuk negoisasinya..kan ada dibentuk sebelumnya konferensi kairo(1943) kemudian konferensi yalta (feb,1945)..itukan isinya menegoisasikan masalah korea..
    sehingga atas hasil negoisasi dan kesepakatan2 itulah uni soviet mendeklarasikan perang pembebasan korea pada 9 agustus 1945..just see again the history bro..atau mau wayang wayangan ala bung heri aja..xixixixixii

  7.  

    Maksud gue yg mmbuat korea terbagi itu ulah amerika juga yg katanya dari pbb tapi dampaknya banyak tentara amerika mati
    😀 😆

  8.  

    Ya itu jg gw bilang diatas..yg ska ngacak2 negara orang dah dari dulu..siapalagi..coba kita tanya sama bung aminglee..siapakah pria itu..xixizixi

  9.  

    Kedua negara lebih memilih perdamaian, tapi si gila perang jadi sewot

    http://english.yonhapnews.co.kr/national/2018/09/26/0301000000AEN20180926000400315.html

    The suspension of joint military exercises between South Korea and the United States last summer caused a “slight degradation” in the readiness of the allied forces, the nominee to head U.S. Forces Korea said Tuesday.

    •  

      kalau damai kan…gak bisa jualan senjata banyak dan mahal lagiiiieeee…
      kalau damai..apa alasan centeng ada ditanah orang…xixixixix kumis pak raden semakin menipis dan memutih…sudah mesti mulai kurangi kopi plus arsenik…

  10.  

    Istri Kim Jong-un terlihat modis, tapi istri Moon Jae-in seperti asisten rumah tangga ya 😀 hehehe

 Leave a Reply