Korea Utara Gagal Luncurkan Rudal Balistik Dari Kapal Selam

Korea Utara berusaha untuk menembakkan rudal balistik dari sebuah kapal selam, tetapi peluncuran tersebut gagal, lapor media lokal pada hari Sabtu ini.

Menurut kantor berita Yonhap Korea Selatan, Pyongyang telah meluncurkan rudal pada hari Sabtu sore, tapi rudal tersebut tidak muncul dari dalam air.

“Korea Utara tampaknya telah gagal dalam peluncurannya,” kata seorang pejabat Korea Selatan kepada media, kegagalan tersebut dibuktikan dari puing-puing yang ditemukan di laut.

Korea Utara telah lama membanggakan peluncuran rudal balistiknya. Pada bulan Mei, media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Pyongyang telah melakukan peluncuran rudal balistik yang sukses dari sebuah kapal selam.

Namun para pengamat militer menganggap uji coba penembakan rudal balistik itu palsu. Laksamana Amerika Serikat (AS), James Winnefeld, meragukan keberhasilan Korut seperti yang digembar-gemborkan Kim Jong-un.

Senada dengan Winnefeld, insinyur kedirgantaraan Jerman, Markus Schiller; dan Robert Schmucker dari Schmucker Technologie juga tidak percaya dengan foto yang menunjukkan Korut berhasil menembakkan rudal balistik dari kapal selam. Schiller mengatakan, foto tersebut sudah direkayasa dengan tambahan percikan api dari rudal.

Sputnik/Merdeka

Tinggalkan komentar