Mei 252018
 

Situ uji coba nuklir Punggye-ri di Korea Utara © Yonhap via Digital Globe

JakartaGreater.com – Korea Utara telah menghancurkan satu-satunya situs pengujian nuklirnya yang diketahui dengan serangkaian ledakan selama beberapa jam pada hari Kamis, 24/5/2018, sebuah langkah awal menuju denuklirisasi, menurut Yonhap.

Korea Utara meledakkan Portal Utara, yang juga disebut sebagai Terowongan No 2, di Punggye-ri, daerah terpencil di sebelah timur laut, sekitar jam 11 ??pagi waktu setempat, menurut laporan singkat yang disampaikan melalui telepon.

Dua terowongan lainnya dihancurkan pada pukul 02:17 dan juga diikuti oleh ledakan barak-barak, menara pengamatan serta fasilitas lainnya yang ada disana.

Ledakan itu berakhir pada pukul 16:17 kata para wartawan tanpa memberi klarifikasi apakah Terowongan No. 1, atau Portal Timur, telah diledakkan juga. Di antara empat terowongan di zona itu, Portal Timur jelas ditinggalkan lebih awal, menurut informasi 38 North, situs web yang berbasis di AS.

Kepulan Asap Segera Menyelimuti Gunung

Para wartawan dan awak televisi dari Amerika Serikat, China, Rusia dan Inggris juga disebutkan menyaksikan upacara penutupan situs uji coba nuklir Korea Utara tersebut.

Mereka memfilmkannya, tapi rekaman diharapkan akan tersedia hanya setelah mereka kembali ke Wonsan, kota pesisir timur Korea Utara, mungkin pada Jumat pagi.

Pemerintah Korea Selatan menyambut langkah Korea Utara tersebut, mengungkapkan harapan untuk kemajuan lebih lanjut dalam upaya Korea Utara yang bebas nuklir.

“(Kami) mengharapkan penutupan situs tersebut untuk melayani sebagai kesempatan bagi denuklirisasi lengkap”, kata Noh Kyu-duk, juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Media Korea Utara tetap diam tentang peristiwa itu dan tidak diketahui apakah pemimpin Korut, Kim Jong-un, telah mengunjungi situs itu untuk mengamati penutupan simbol program nuklir Korea Utara.

Bagikan:

  10 Responses to “Korea Utara Hancurkan Situs Nuklir Punggye-ri”

  1.  

    Wah NdaK Bisa Lihat Dua Pemimpin Berjiwa Bocah Lagi Donk.

  2.  

    Klu tanpa nuklir siap2 Kim gembul Junior dilengserkan dgn proxy2! Itupun klu bs.he3

  3.  

    Congratulations North Korea for doing a part of denuclearization.

  4.  

    Apakah korut begitu saja melucuti nuklirnya?, apakah korut tidak takut atau kawatir dg usa yg kerjanya porak porandakan negara lain?, sebenarnya apakah yg sedang terjadi?

  5.  

    o

  6.  

    Knp korut jadi lembek gini ya kek dodol garut??apa krn dpt sanksi terus menerus akhir nya nyerah juga,,..payahh nie si kim,,

  7.  

    Korut Menimbun Nuklirx d Bunker, Biasa Plan B Darurat Perang

  8.  

    Akhirnya dilucuti juga Nuklir om Jong Un.

    Dari pada ga dilucuti, sanksi yg berlapis2 ga bakal berhenti dan rakyatnya bakal kelaparan. Terus bisa pecah perang di semenanjung Korea klo ga dilucuti Nuklirnya. Klo udh pecah perang di semenanjung Korea bisa berdampak terhadap negara kawasan. Bahkan perang bisa menyebar ke Asia tenggara.

    Selamat buat om Donald dan om Jong Un. :*

    Meoooonnnggg…

 Leave a Reply