Dec 122016
 


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, telah memulai latihan militer dengan melaksanakan simulasi serangan terhadap Korea Selatan. Latihan operasi khusus dilakukan saat pasukan Seoul ditempatkan pada siaga tinggi karena iklim politik yang tidak stabil di negara itu.


Berita tentang latihan militer tersebut diberitakan oleh kantor berita resmi Korea Utara. Namun, tanggal dan lokasi tepat peristiwa itu tidak disebutkan.


Dalam satu laporan yang terbit di hari Minggu, Surat kabar Rodong Sinmun menunjukkan gambar yang tampaknya menjadi mockup kantor presiden Korea Selatan, Blue House, sebagai target.

Sumber: defence-blog.com

  15 Responses to “Korea Utara Lakukan Simulasi Serangan Militer Terhadap Korea Selatan”

  1. pertamax

  2. Rezim diktator kim jong un ini harus harus dilenyapkan . Amerika dan korea selatan mungkin sudah mempersiapkan rencana itu. Kita tunggu saja

  3. Hmmm..
    -NVG
    -Helm sejenis M1 sudah di ganti PASGT
    -Tactical boot
    -kevlar vest dengan external pouch
    -RPG 7 versi airborne atau mungkin sejenis RPG 26

    well,.. ini pasukan Khusus.

    tapi, sayang.. tetap saja bau propaganda jelas terlihat.

    setiap orang pasti bertanya-tanya. korea utara ternyata memiliki “standard” militer modern, korea utara juga ternyata paham dengan taktik air mobility operation untuk melaksanakan Raid. di mana umumnya AMO adalah upaya melakukan penyerbuan terhadap posisi tertentu di titik tertentu yang susah di jangkau pasukan reguler setelah hampir sebagian besar wilayah musuh sudah di kuasai.
    Dan seperti doktrinya bahwa AMO memerlukan kordinasi dan Sista di lapangan. dalam artian, setiap pihak yang akan melaksanakan AMO adalah pihak yang memiliki kematangan, kesiapan,kelengkapan personil dan keragaman sista yang mendukung untuk operasi seperti ini.
    Seperti halnya pada lini udara di dukung oleh heli serbu, heli transport dan heli scout. sedangkan darat di dukung oleh artileri, panzer, MBT dan infantri untuk mengamankan parameter dan pasukan khusus yang di dukung oleh unit transport dan heli serbu di terjunkan langsung di atas kepala musuh dengan sebelumnya heli serbu bertugas melakukan pengalihan dan meminimalisir ancaman terhadap regu pasukan khusus yang bertugas untuk merebut dan menghancurkan sisa-sisa perlawan yang terkonsetrasi di wilayah itu tadi.

    jadi jelas pesan yang ingin di sampaikan Korea utara.
    bahwa mereka ingin menyampaikan ” kepada korea selatan khususnya dan dunia jangan memandang sepele terhadap terhadap kami. karena bisa menggigit. lihat, kami bisa melakukan AMO-R Terhadap gedung kpresidenan korea selatan. silahkan pikir sendiri apa yang kami miliki untuk bisa melakukan invasi hingga jauh bisa sampai ke jantung gedung kpresidenan ini”

    Begitulah kira-kira.
    THE END-

    • Kalau skenario ini sukses dijalankan, maka untuk ke-2 kalinya militer Korut berhasil memperdaya dan mempermalukan militer Korsel aka Amirikiya.

      Kejadian pertama berawal pada tanggal 18 Januari 1968, dimana 31 anggota komando dari unit komando 124 Korut berhasil menyusup DMZ….. menyamar menjadi tentara Korsel dan menyerang kompleks Cheong Wa Dae, kompleks kepresidenan Korea Selatan.

      Walaopun misi ini gagal….. pesan yg di sampaikan oleh Korut sangat jelas “Kami Mampu Kalau Mau”….. kejadian ini membuat militer Korsel dan Amirikiya sangat terpukul dan kagum akan kenekatan, keberanian dari pasukan komando Korut.

      Adakah warjag yg pengin cerita ini diteruskan ??….. bayar cepe dulu…. xixi…

      • Lanjutkan

      • Dan operasi itu gagal gara-gara ngebiarin satu saksi mata, seorang petani tua korsel waktu dini hari. Dianggapnya 1 petani pasti gak bisa apa2, akibatnya walo dah nyamar persis sama dg tentara korsel karena tuh petani laporan sama petugas sekitar DMZ makanya AS dan Korsel menguatkan pertahanan dan pemeriksaan termasuk sandi baru utk setiap satuan. Akhirnya hampir sebagian besar pasukan komando Korut tewas dan menyisakan 1 orang yg menyerah padahal dia udah didepan gerbang istana kepresidenan Korsel. Abis itu dilakukan pencarian dan penghancuran besar2an terowongan rahasia yg dibuat Korut utk melewati DMZ. Selesai…

    • kirain kura-kura ternyata kira-kira

  4. kalo liet passus kelietan sudah memakai peralatan modern.juga air mobilitas sudah lumayan untuk melakukan infilrasi langsung(biarpun heliopter masih jadul)

    dalam latihan ini artinya korut mempunyai pasukan mobil(pasukan terjun payung/airborne)

    yg JADI masalah adalah kekuatan udara dan laut korsel tidak boleh dianggap GAMPANG DITAKLUKAN,KECUALI emang pangkalan2 militer sudah hancur oleh rudal2 korut,begitu gampang menaklukan kalo perang konvesional?????(dipertanyakan adalah dimana 600rb pasukan korsel dan 1divisi marinirnya hehehehehe)

    itu juga amrik serikat dan japan juga terjun secara langsung atau tidak langsung,kalo dalam jangka menengah dan panjang susah heheheheh

    biarpun terjadi penguasaan blue horse,apakah korut dengan peralatan dan serta suplai logistik bisa mencapai batalyon,brigade dan divisi ke korsel(nanya amrik gemane mengerakkan ratusan ribu pasukan saja tetap memakan waktu lumayan)

    TANPA rusia dan china saya rasa korut biarpun punya kemampuan,akan diserang balik habis2an oleh korsel dan sekutunya,nah ini sama saja perang regional atau kawasan

    korsel emang lagi ketegangan politik tingkat tinggi,jd konsentrasi emang lagi terbagi didalam negerinya

    cm latihan mobilitas kekuatan udara sudah lumayan biarpun selama ini jarang melihat passsus terjun payungnya(biarpun berbau propaganda)

    opini pribadi saja kalo salah maafkan saja

    salam damai selalu:)

    • Priiiiittt….. bung BukekSiansu sudah melakukan pelanggaran….. karena ngomongin perang Korea tapi ga ngajak2 gueh…. 😆

      Head to head Korsel Korut, ane yakin Korsel bakal digulung sama Korut…. dalam hitungan hari.

      Mari kembalikan memori kita pada saat invasi Korut terhadap Korsel taun 50-an….. tanpa bantuan PBB, militer Korsel dan sisa pasukan Amirikiya sudah terdesak di pinggiran Pusan.

      Satu yg tidak dimiliki oleh tentara Korsel dan dimiliki sepenuhnya oleh askar Korut, militansi !!….

    • malah itulah yang ingin korea selatan sampaikan.
      membiarkan opini bergulir,
      bagaimana mungkin MOBUD dapat di lakukan, bila parameter tidak di kuasai terlebih dahulu. jadi pastinya korut harus melakukan perang frontal terlebih dahulu. SKAK MATT, korea selatan keteteran, kalah jumlah. artinya korut ingin mengatakan, kami mampu menguasai wilayah yang di pertahankan oleh pasukan kalian dengan apa yang kami miliki. sebut saja, kami punya segalanya untuk menguasai korea selatan. mulai dengan terlebih dahulu membombandir DMZ dan bergerak dengan pasukan reguler yang masif. ini yang di takutkan korsel. karena sebagian besar korea selatan yang berbatasan dengan korut adalah daerah berpenghuni. artinya taktik bumi hangus tentu menjadi opsi yang akan di jalankan korut, sedangkan di lain sisi infantri korut dapat bergerak leluasa menembus pertahanan korea selatan dari dalam dengan menggunakan jalan bawah tanah ( hal ini baru saja terungkap beberapa waktu yang lalu tentang adanya jalan-jalan bawah tanah yang di gali korea utara) yang telah di persiapkan korea utara selatan sejak lama untuk melakukan invasi. mengoyak-ngoyak korsel dengan buas dari dalam.

      saya mau tanya, apakah korea utara mungkin lupa menyuruh agennya untuk memetakan instalasi militer seperti pangkalan udara,barak, depot logistik dan gedung pemerintahan???
      tentu saja hal itu sudah lama di rencanakan, bahkan mungkin sebelum saya lahir. tepatnya saat ayah kim jong un berkuasa.

      soal keterlibatan amerika… itu adalah cerita lain. jangan terlalu banyak berharap pada amerika. ada selentingan kabar bahwa amerika mungkin akan menarik militernya dari wilayah asia dan membiarkan sekutu membangun kekuatannya sendiri. terserah, bahkan ada kemungkinan jepang dan korea selatan akan membangun kekuatan nuklirnya sendiri.
      mereka dalam tekanan dan saya rasa wajar dan tidak mengherankan jika kelak ternyata mereka diam-diam di belakang mengembangkan senjata nuklir.
      artinya asia ada kemungkinan perlombaan senjata. karea rumusnya setiap status Quo pasti menimbulkan persaingan baru.
      TRUMP lebih fokus pada amerika firstst. artinya amerika yang terdahulu. artinya penguatan amerika lah prioritas. sekutu adalah cerita lain.
      DAN INI YANG DI TANGKAP OLEH MILITER KOREA UTARA ( tapi, yah sebenarnya kecil kemungkinan korea utara mau melakukan hal sebut, walaupun sering kali kita di suguhkan dengan rencana-rencana invasi korut. ini hanya upaya korut untuk lepas dari tekanan. mereka punya prinsip “BAD BOY’ makin di larang, makin menjadi. di larang gak bisa, di tekan masih ngeyel, klo mau di serang bisa mencetuskan perang dunia ke 3 versi nuklir dengan 3 serangkai. jadi…. susahhhh.. dan korea utara paham betul hal ini, makanya bisa ngeyelll…
      paling-paling kedepan hanya saling gertak dan show of force. kim jong un,.. lebih berpikir terbuka dari ayahnya. bagaimanapun dia lulusan universitas amerika. lingkungan mengubah sedikit pola pikirnya) UNTUK MELANCARKAN “APRIL MOP’ saat situasi politik korea selatan sedang genting.

      JADIiiii……… nothing to worry…. paling cuma besok-besok yang punya kembang api akan makin banyak di asia. makin banyak, kecuali indonesia, malaysia, kamboja,myanmar,laos, philipina,timur leste,papua new guinea tentu saja.

    • EEEee… maaf, mugkin anda lupa fungsi terowongan yang selama ini yang telah di gali korea utara. Menggunakan tank, panzer dan artileri, menggempur DMZ untuk mengalihkan konsentrasi korea selatan. yang tentu saja akan meninggalkan pasukan lapis ke 2 tanpa dukungan yang memandai, yang jelas kalah jumlah dari korut.

  5. skenario, ketika militer korsel tanpa pespur, tanpa rudal pertahanan udara, dan tanpa kavaleri yg menjaga komplek gedung kepresidenan korsel…

    sekedar psy war!!

  6. Ini yg keren dari latihan militer Korut ketimbang Korsel.. ditengah image sbg negara kaku dan tradisionil, Korut tetap menjaga modernisitas sesuai perkembangan jaman secara tertutup.

 Leave a Reply