Aug 212017
 

Doc. 31st Marine Expeditionary Unit, dalam latihan di Semenanjung Korea. (US Navy / Petty Officer 3rd Class Cameron McCulloch)

Korea Utara mengancam akan melepaskan “serangan tanpa ampun” ke wilayah Amerika Serikat menjelang latihan militer gabungan AS-Korea Selatan.

Pyongyang memperingatkan latihan tersebut, yang akan dimulai pada hari Senin, adalah “perilaku sembrono yang mendorong situasi ke dalam fase perang nuklir yang tidak terkendali”.

Ribuan tentara akan ambil bagian dalam 10 hari simulasi militer, yang dirancang untuk mempersiapkan pasukan Amerika dan Korea Selatan untuk menghadapi konflik dengan Korea Utara, di tengah meningkatnya ketegangan di semenanjung tersebut.

Washington menggambarkan latihan tersebut sebagai “sifat defensif” namun Pyongyang telah mencela mereka sebagai latihan untuk perang.

“Deklarasikelompok Trump tentang latihan perang nuklir gegabah melawan DPRK [Partai Demokrat Rakyat Korea] … adalah perilaku sembrono yang mendorong situasi ke dalam fase perang nuklir yang tidak terkendali,” kata sebuah editorial di surat kabar pemerintah resmi Rodong Sinmun .

Harian itu menyatakan bahwa tentara Korea Utara dapat menarget wilayah daratan AS, Hawaii atau Pasifik di Guam setiap saat, mengklaim bahwa Amerika tidak dapat “menghindari serangan tanpa ampun”.

“AS harus memperhatikan pernyataan pemerintah DPRK bahwa kita tidak akan mengesampingkan penggunaan sarana akhir apapun,” diingatkan oleh artikel lain.

Ia menambahkan: “Tindakan sembrono dan liar AS dapat mempercepat kehancuran terakhirnya.”

Pyongyang mengatakan telah menyusun rencana untuk menembakkan empat rudal ke arah Guam namun pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan pekan lalu bahwa dia telah menunda keputusan untuk melakukan serangan tersebut.

Donald Trump mengatakan militer AS “locked and loaded” seandainya Korea Utara “bertindak tidak bijaksana”, setelah sebelumnya memperingatkan Pyongyang akan menghadapi “api dan kemarahan” jika terus mengancam Amerika.

Perang kata-kata yang meningkat, ditambah dengan kemajuan pesat Korea Utara dalam mengembangkan senjata nuklir dan rudal yang mampu mencapai daratan AS, telah memicu lonjakan ketegangan.

Situasi telah menambah tekanan pada AS dan Korea Selatan untuk menghentikan latihan militer tersebut. China, sekutu utama Korea Utara dan mitra dagang, menyerukan penghentian latihan tahunan dengan imbalan Pyongyang menghentikan program nuklirnya.

Tapi AS menolak mundur.

“Saran saya untuk kepemimpinan kami adalah kami tidak mengurangi intensitas latihan kami,” kata Joseph Dunford, ketua Kepala Staf Gabungan AS.

“Latihan sangat penting untuk menjaga kemampuan aliansi untuk mempertahankan diri”.

Militer AS menggambarkan perangkat lunak di balik latihan tersebut sebagai “simulasi komputer dengan wargaming canggih”. Tidak akan ada latihan lapangan selama latihan tersebut.

Sebagai bagian dari latihan, citra satelit militer yang mengorbit di atas semenanjung Korea kadang-kadang digunakan untuk mengintip jauh ke Korea Utara, kata mantan pejabat pemerintah Korea Selatan yang menolak untuk diidentifikasi.

AS memiliki sekitar 28.000 tentara di Korea Selatan. Banyak dari mereka akan bergabung dengan ribuan pasukan Korea Selatan dalam latihan tersebut.

Sekutu Korea Selatan lainnya juga bergabung tahun ini bersama dengan tentara Australia, Inggris, Kanada, Kolombia, Denmark, Belanda dan Selandia Baru.

Dikenal sebagai Ulchi Freedom Guardian, latihan gabungan tersebut berakar pada serangan 1968 di kompleks kepresidenan Blue House di Korea Selatan, ketika sebuah unit tentara Korea Utara diam-diam memasuki Korea Selatan dan gagal untuk membunuh presiden tersebut, Park Chung-hee.

AS telah melakukan latihan rutin “komando dan kontrol” di tahun-tahun setelah Perang Korea 1950-53, lalu menggabungkan latihan dengan militer Korea Selatan setelah serangan yang gagal tersebut, di mana semua kecuali dua komando Korea Utara terbunuh. Independent.co.uk.

  34 Responses to “Korea Utara : Latihan Gabungan AS Picu “Perang Nuklir Tak Terkendali””

  1. KORUT Hajarrrr,,,,, Aaaaaahhhhhh,,,,,

  2. hantam saja jgn tungu lma

  3. Dari dulu gertak sambal……hahahah..

  4. Korut hanya omdo doank, buktikan kalau memang berani, nggak usah kebanyakan bacot…

  5. KORUT,bacot aja gede,,,alias MIDUS

  6. ah dari dulu AS beraninya keroyokan…..dari perang Irak, Libya, Suriah, semuanya melibatkan sekutu…..dan lagi bila AS mundur dari Korea, Insya Allah Korea akan bersatu (karena mereka satu sodara, satu rumpun, satu ras) spt halnya Vietnam dan Jerman………karena AS lah sebenarnya biang semua perselisihan antar negara.

    • Seperti cerita tembok berlin ya bung. tapi apakah rakyat Korsel mau dipimpin partai komunis dan penguasa tunggal bung. satunya haluan idelogy komunis CHINA dan lainnya haluan ideology liberalris EROPA.

      Gmana penyatuannya ya ? Gak konek kayak ya kecuali korsel dijajah CHINA atau KORUT diajajah USA Kemenangan dalam peperanglah nanti baru bisa menentukannya.

    • tidak bisa.. harus ada yg kalah salah satu baru bisa gabung jadi 1.. korsel jelas gak mau hidupnya yg serba wah tiba2 jadi gembel di pimpin korut. dan korut jg gak bakal mau di pimpin di luar dinasti kim.. tp saya rasa rakyatnya lah yg akan menentukan.. tp yg pasti dinasti kim tdk akan rela.. dan perang lah solusinya.. siapa yg menang dia yg akan memimpin spt vietnam dulu..

  7. Hati2 tentara korea utara orang nya tanpa ampun, dan nekat2,, jangan sampai perang terjadi karena efek nya meluas..

  8. Ahhh sampe bosan gua dr jaman baca berita q anak2 di koran sampe negenet bilangya mo perag saling gertak aja, mlah yang gk rame d brita tau2 perag aja ampe abiss.. haduhhh

  9. Ngakak so hard hahahaa dari dulu cuman omong kosong

  10. Kapan perang….???

  11. Gara2 Faham Politik dua negara besar China-AS, Korea terbelah dua sampe sekarang kayaknya susah rekonsiliasi klu kedua Faham masih mempengaruhi dan memprovokasi!

  12. Bukannya hampir mirip sama Vietnam dulu , Vietnam Selatan kubu AS, Vietnam Utara kubu Rusia dan Jerman Barat dengan Jerman Timur, sma2 beda faham, saya yakin kalo AS mundur dari Korsel, rakyat Korea bisa bersatu, mungkin awal2 nya agak bergejolak tapi selanjutnya pasti bisa nyatu….perubahan memang selalu berdampak….

    • harus ada yg kalah intinya.. tp kalau terjadi perang beneran saya lebih menjago korsel.. tp saya jamin korsel tdk akan mulai dulu.. karena takut ekonominya yg sangat baik saat ini akan hancur mundur 10 tahun kebelakang.. bagi korut tdk masalah karena memang negaranya sudah berantakan.. dan kalau terpaksa peran duel satu lawan satu korsel lebih unggul dr segi apa pun.. dan jgn bandingkan sama as.. karena spt langit dan bumi.. saat ini hanya rusia yg mampu melawan as.. meskipun duel saya lebih menjago as.. dari segi apapun as lebih kuat. bukan sombong tp perang dunia ke 2 buktinya.. jepang yg saat itu spt raksasa bisa takluk sama as karena serangan nuklirnya.. jgn bilang korut juga punya nuklir.. itu hanya omdo.. kalau pun punya itu milik cina. yg jumlahnya sangat jauh di bawah as yg punya ribuan hulu ledak siap luncur kalau dlm keadaan emerjensi. spt di ledakanya herosima nagasaki karena as sudah kebuntuan tdk punya jalan keluar lagi. spt itu jg yg akan as lakukan pada siapapun.. ini adalah fakta dan nyata. sampai saat ini as blm ada yg mengungguli kalau duel satu lawan satu.

      • ya mungkin kalo perang nuklir korut bisa kalah.. tp kalo cuma menggunakan rudal yg tidak berhulu ledak nuklir sulit as mengalakannya.. sejarah membuktikan asia timur sulit untuk di taklukan..apa kalo satu lawan satu tanpa nuklir.. bisa jadi as yg kalah seperti perang lawan vietnam….

      • hadeeehh… sejak kapan as perang duel satu laan satu tanpa melibatkan sekutu? as itu pengecutt! saat lawan jepang, perang vietnam dan beberapa negara lainnya. sya yakin jika as perang lawan kamboja pun blum tentu menang asalkan tanpa nuklir

  13. Sama sama malu kucing, pdahal tikus.

  14. kayaknya AS emang mengharapkan perang dengan KORUT.
    udah tau situasinya panas malah sok jago mamerin kekuatan.udah gag jaman kali mamerin kekuatan biar musuh takut.
    kalau emang mau menyelesaikan masalah itu harus pakek kepala dingin bukan otot.

  15. Ayo, Kim segera pencet tombol Lemper atawa Lontong nuklir di kawasan semenanjung korea, biar lbh rame. Jgn asal ngomong ama pura2 gila doang, atawa cuman gertak2 sambal bakwan melulu….

  16. Rudal rudal korut ga akan nyampe usa karna di hadang rudal jepang.

  17. Junior gertak senior .baru tau kemarin tentang nuklir sudah sok .

  18. Si korut suka gertak …. Amerika jg gtu…. Tp mreka pada tkut klo att dluan… Klo korut att dlu… China akan netral… Dan amerika klo yg att dlu… Tkut dg china yg akan membantu…jd peran china sejauh ini cukup baik menjaga agar tdk saling serang…

  19. Amerika Warmonger, bukan polisi dunia

  20. sinetron ancam mengancam gak tamat tamat nihhh

  21. Mungkin ini cma dongeng sblm tdr (hoak)..
    Waktu kecil s”org prnh crt klo kita jg pny petasan luncur model kaya icbm..
    #aja nemen nemen diandel..?

  22. Ancam mulu,, pusing dengery

  23. Kalau jadi diluncurkan kira2 kena undang2 kejahatan perang ga ya?
    Karena yg jadi korban bukan militer saja,.melainkan bayi, batita, balita, nenek2, kakek2, pasutri yg baru nikah, dlll
    Hehehe

  24. kalau dilihat Amerika cuma mau bikin kisruh tak pernah selesai udah reda malah dikomporin lagi

 Leave a Reply