Sep 032017
 

Korea Utara Klaim Kembangkan Bom Hidrogen (CGTN /KCNA)

Seoul – Korea Utara mengatakan pada hari Minggu, 3/9/2017 pihaknya telah mengembangkan sebuah bom hidrogen canggih yang memiliki “kekuatan destruktif yang hebat”, ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara melalui telepon mengenai krisis nuklir yang “meningkat”.

Laporan oleh kantor berita resmi Korea Utara KCNA hadir di tengah ketegangan regional yang meningkat menyusul dua uji coba Pyongyang terhadap rudal balistik antar benua (ICBM) pada bulan Juli yang berpotensi terbang sekitar 10.000 km (6.200 mil), menempatkan banyak bagian daratan Amerika Serikat dalam jangkauan.

Di bawah pemimpin generasi ketiga Kim Jong Un, Korea Utara telah mengejar perangkat nuklir yang berukuran kecil dan cukup ringan untuk muat pada rudal balistik jarak jauh, tanpa mempengaruhi jangkauannya dan membuatnya mampu bertahan masuk kembali ke atmosfer bumi.

Korea Utara, yang melaksanakan program nuklir dan misilnya untuk menentang resolusi dan sanksi Dewan Keamanan PBB, “baru-baru ini berhasil” dalam membuat bom hidrogen yang lebih maju yang akan dimuat ke ICBM, KCNA mengatakan.

“Bom-H, kekuatan peledak yang dapat disesuaikan dari puluhan kiloton menjadi ratusan kiloton, adalah nuke termonuklir yang sangat fungsional dengan kekuatan destruktif yang besar yang dapat diledakkan bahkan pada ketinggian yang tinggi untuk serangan kuat EMP (elektromagnetik pulsa) yang sangat kuat, untuk tujuan strategis, “kata KCNA.

“Semua komponen bom H adalah buatan sendiri dan semua prosesnya … dibuat berdasarkan Juche, sehingga memungkinkan negara memproduksi senjata nuklir yang kuat sebanyak yang diinginkannya,” KCNA mengutip pernyataan Kim.

Juche adalah ideologi kemandirian Korea Utara yang merupakan perpaduan antara Marxisme dan nasionalisme ekstrim yang dicanangkan oleh pendiri negara Kim Il Sung, kakek pemimpin saat ini. Dikatakan program persenjataannya dibutuhkan untuk melawan agresi A.S.

Korea Utara tidak memberikan bukti untuk klaim terakhirnya, dan Kim Dong-yub, seorang ahli militer di Institut Studi Timur Jauh Kyungnam di Seoul, merasa skeptis.

“Mengacu pada puluhan hingga ratusan kiloton, tampaknya tidak ada pembicaraan tentang bom H yang benar-benar matang. Ini lebih mungkin perangkat nuklir yang diperkuat, “kata Kim, mengacu pada sebuah bom atom yang menggunakan beberapa isotop hidrogen untuk meningkatkan hasil eksplosif.

Sebuah bom hidrogen dapat menciptakan ribuan ton ledakan – yang masif lebih kuat daripada 10 sampai 15 kiloton tes nuklir terakhirKorea Utara pada bulan September, yang diperkirakan telah diproduksi, serupa dengan bom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang pada tahun 1945.

Kim Jong Un, yang mengunjungi lembaga senjata nuklir negara tersebut, “menyaksikan sebuah bom H dimuat ke ICBM baru” dan “menetapkan tugas yang harus dipenuhi dalam penelitian nuklir,” kata KCNA.

Korea Utara Klaim Kembangkan Bom Hidrogen (Reuters/KCNA)

Gambar yang dikeluarkan oleh agensi tersebut menunjukkan bahwa Kim sedang memeriksa hulu ledak berbentuk jamak berwarna perak dalam kunjungan disertai ilmuwan nuklir, dengan sebuah diagram konsep rudal balistik jarak jauh Hwasong-14 yang terlihat tergantung di dinding.

Bentuknya menunjukkan perbedaan yang nyata dari gambar perangkat Korea Utara yang dirilis pada bulan Maret tahun lalu, dan tampaknya menunjukkan kemunculan senjata termonuklir dua tahap, atau bom hidrogen, kata Lee Choon-geun, peneliti senior di Institut Kebijakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi milik negara.

“Gambar-gambar menunjukkan bentuk yang lebih lengkap dari kemungkinan bom hidrogen, dengan bom fisi primer dan tahap fusi sekunder dihubungkan bersama dalam bentuk jam pasir,” kata Lee.

Ketegangan di semenanjung Korea telah tinggi sejak bulan lalu ketika Korea Utara mengancam untuk meluncurkan rudal ke laut dekat wilayah strategis Pasifik A.S. di Guam setelah Trump mengatakan Pyongyang akan menghadapi “api dan kemarahan” jika mengancam Amerika Serikat.

Korea Utara selanjutnya meningkatkan ketegangan regional pada hari Selasa dengan meluncurkan rudal balistik jarak menengah di atas Jepang, yang menarik kecaman internasional.

Trump dan Abe berbicara melalui telepon dan mengatakan bahwa dalam menghadapi situasi yang “meningkat” dengan Korea Utara, kerja sama yang erat antara negara mereka dan Korea Selatan diperlukan, kata Abe kepada wartawan.

Trump mengatakan kepada Abe bahwa Amerika Serikat, sekutunya, 100 persen dengan Jepang, kata Wakil Sekretaris Kabinet Yasutoshi Nishimura kepada wartawan.

“Kedua pemimpin tersebut menegaskan kembali pentingnya kerja sama yang erat antara Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan dalam menghadapi ancaman yang terus meningkat dari Korea Utara,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan. “Presiden Trump mencatat bahwa dia berharap dapat melanjutkan koordinasi trilateral dalam rangkaian Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.” (reuters).

  23 Responses to “Korea Utara Nyatakan Telah Kembangkan Bom Hidrogen”

  1. Hoaxxx…ngemenk doank, perang buruan sana lawan Amerika jangan gertak sambal doank….sama aje lu kaya Mr.satan….

  2. itu bukan USA yg berkata jika Korut punya bom hidrogen,, Tapi Korea Utara sendiri. Bisa2 meletus perang antara USA & Korut.

  3. Lahhh itu kok Korut bisa mempunyai bom hidrogen katanya dilarang PBB

  4. Hajar bro tar bomnya keburu adem disimpan terus

  5. Well,bom hidrogen kek,bom atom kek,bom kentut kek kalo cuman gertak doank ya..percuma

  6. kirain nengok tentara korot yg sedang sakit kwkwkwkwk

    • Hahaha… Makanya untuk jatuhin korit itu bukan bomber canggih tapi K drama… Suruh agen CIA atau NAVY SEAL menyelinap kesana sebarkan DVD K dorama yg banyak hancur nanti dari dalam kan wkkkk….

      • Solusinya mungkin Suruh dandan kek dennis rodman bung aman pasti karena kan si fatboy penggemar sejati… Kalau ditelanjangin doang masih untung yg udah2 sih langsung di tembak pake AA gun wkkkk….

  7. Mantap… secepatnya diujicoba, dunia menunggu

  8. Amrik nih cuman banyak ngomong doang

  9. “Semua komponen bom H adalah buatan sendiri dan semua prosesnya dibuat berdasarkan ‘Juche’, sehingga memungkinkan negara memproduksi senjata nuklir yang kuat sebanyak yang diinginkannya,”

    ———————————————————
    ———————————————————

    Hahaha… Entah Kenapa Saya Sangat Suku Dgn Prinsip Jucheisme Korut…

  10. alamak rambut Kim sekarang gondrong, sdh saatnya pergi kesalon

  11. Amerika kok ngk menyebarkan virus komputer stuxnet yg pernah mereka lakukan terhadap instalasi nuklir Iran.

  12. Lanjutkan Kim.Buat yang banyak,biar negara reseh gak bisa semaunya.

  13. klo udah saling serang nuklir, bye bye juga, bye bye internet. balik ke jaman batu… hiks hiks

 Leave a Reply