Jan 102016
 

Dua hari setelah melakukan uji coba nuklir bawah tanah yang provokatif, Korea Utara pada hari Jumat merilis video yang menunjukkan peluncuran uji kapal selam yang meluncurkan rudal balistik, pada bulan lalu.

Video dari Korean Central Television itu, berdurasi 54 menit, termasuk laporan yang mengatakan peluncuran rudal pada bulan Desember 2015 itu, disaksikan oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang ditunjukkan berdiri di kapal saat rudal keluar dari bawah air dan kemudian blasts off.

Tes rudal itu pertama kali dilaporkan Senin oleh Washington Free Beacon.

Para pejabat pertahanan mengatakan tes berhasil menyusul kegagalan tes sebelumnya pada 27 November yang hampir menenggelamkan kapal selam Korea Utara yang menembakkan rudal, yang dikenal dengan nama Gorae, atau Paus.Uji coba bulan November menyebabkan kerusakan yang signifikan, dan kapal selam kembali ke pelabuhan Sinpo dengan sudut kemiringan 45 derajat.

Para pejabat AS mengatakan peluncuran ini dilakukan di dekat Sinpo, sebuah kota pelabuhan di pantai timur Korea Utara.

Sukses dari peluncuran tanggal 21 Desember 2015 yang ditampilkan dalam video Korea Utara ini, telah mengubah penilaian intelijen AS tentang apa yang mereka yakini sebagai kemampuan strategis serangan nuklir baru.

Kapal selam rudal baru ini bisa digunakan oleh Korea Utara dengan membawa hulu ledak nuklir dalam waktu satu tahun ke depan, menurut pejabat AS.

NKmissile1

Video ini memperlihatkan rudal KN-11 (sebutan NATO) mendepak dari bawah air dan mencapai ketinggian sekitar 130 kaki di udara, diikuti oleh menghidupkan mesin dan terbang ke langit yang tertutup awan. Kemudian dalam video, rudal tersebut ditampilkan dari kejauhan seperti jejak awan dan yang terbang di atas laut.

Seorang pejabat intelijen Korea Selatan mengatakan kepada kantor berita Yonhap bahwa Korea Utara belum menyelesaikan pengembangan rudal kapal selam baru ini.

“Negara ini tampaknya berada dalam tahap pengujian ejeksi, tetapi tidak dalam tahap penyelesaian,” kata pejabat itu.

Pengungkapan video ini muncul diduga sebagai upaya Korea Utara meningkatkan daya deteren menyusul uji coba nuklir pada Selasa, lalu.

Badan-badan intelijen AS memperkirakan uji coba nuklir ini Selasa lalu, menghasilkan ledakan kecil, dan bisa menjadi bukti perkembangan perangkat termonuklir dua tahap, milik Korea Utara.

Korea Utara dipuji telah berhasil melakukan terobosan dalam upaya membangun senjata nuklir. Korea Utara diyakini mampu menyebarkan hulu ledak nuklir pada rudal kecil dan memiliki beberapa jenis rudal yang mampu membawa hulu ledak tersebut.

Rudal jarak jauh disebut Taepodong. Selain Taepodong, Korea Utara memiliki sejumlah kecil rudal balistik antarbenua yang bersifat mobile, yang disebut (Pentagon) rudal KN-08.

Para pejabat mengatakan KN-08 telah diuji secara luas di semua aspek perkembangannya, kecuali pengujian penerbangan.

KN-11, adalah rudal kapal selam yang diyakini didasarkan pada rudal SS-N-6 SLBM (kapal selam peluncur rudal balistik) yang diperoleh secara terselubung dari Rusia dan reverse-engineered, dan menjadikan rudal Korea Utara ini disebut Musudan.

NKmissile-Kim

Kapal selam Gorae diyakini oleh intelijen AS telah diperbaharui menjadi kapal selam rudal Rusia Golf II class, atau kapal selam buatan Korea Utara yang didasarkan pada desain Golf II.

Ditanya tentang rudal Korea Utara dan perkembangan nuklirnya pada bulan Oktober, commander of the U.S. Strategic Command, Admiral. Cecil Haney, menyatakan negara Korea Utara yang nakal, telah menjadi “ancaman nyata.”

“Ini sangat menggelisahkan untuk diketahui, meskipun kita belum melihat uji akhir yang mereka lakukan, rudal balistik antarbenua KN-08, dan tidak hanya itu, seperti yang kita lihat beberapa kemampuan mereka yang lain, rudal Musudan dan jumlah Scud dan segala sesuatu yang lain yang mereka miliki, itu merupakan gambaran yang lengkap dan utuh dari Korea Utara. Mereka bersifat provokatif dan mengganggu, “kata Haney.

Freebeacon.com

  24 Responses to “Korea Utara Perlihatkan Uji Terbaru Peluncuran Rudal Kapal Selam”

  1.  

    Wow….

  2.  

    apa bedanya misil dgn elevasi tegak lurus (korut, india) dgn miring (us,russia)?

  3.  

    Berharap bisa mendarat mulus di asu..
    Come on paman kim,laksanakan uji coba lapangan…

  4.  

    Negara ini layak di hapus dari peta dunia …cuma menyebabkan kerusakan di muka bumi.

  5.  

    Klo tujuannya menghajar USA…..Bolehlah……monggo korut lanjutkan

  6.  

    Lebih ganas lebih bagus

  7.  

    Korea Utara bisa menjadi mimpi buruk USA yg menjadi nyata. Sekian tahun para penggede PENTAGON dan kementrian luar negri USA sibuk mengurusi WMD (Weapon of Mass Destruction) milik Irak yg kemudian cuma jadi pitnah belaka bagi Irak cq Sadham Hussein. Alasan senjata pemusnah masal yg dikembangkan oleh Sadham Hussein hanya alasan pulitis administratif belaka agar rencana menyerbu Irak bisa di legalisasi hukum internasional lewat PBB. Tidak terkecuali Irak, Iran juga selalu diungkit proyek nuklirnya, walau para politisi Iran sdh meyakinkan dunia bahwa pengembangan nuklir di Iran hanya untuk tujuan damai, sebagai pembangkit listrik semata. Sementara negara-negara lain yg sama-sama mengembangkan nuklir, bahkan terang benderang untuk persenjataan didiamkan.
    Pakistan, India, Korut dan tdk ketinggalan Israel relatif aman dari gunjingan dan gonggongan penggede USA. Pakistan walau negara islam namun dekat dg USA dan Inggris, India adalah negara “manis” yg jarang berulah dg USA, Israel jangan ditanya, dia adalah anak mamih USA yg disuruh untuk menakut-nakuti negara arab agar selalu seia sekata dg kebijakan USA, khususnya di timur-tengah. Korut walau sering adu pelotot dg USA, namun dibelakang Korut ada si badan besar China yg memiliki kekuatan tdk boleh dipandang sebelah mata. Ada lagi Rusia yg merupakan sahabat Korut sejak perang dunia ke II, Rusia hrs dipandang dg segan karena memiliki otot yg mampu menjungkalkan USA dlm beberapa ronde.
    Berbeda dg Irak yg pd pra perang teluk II relatif tdk memiliki kawan berotot, hal lain yg membuat ngiler USA atas Irak tentu adalah sumber emas hitamnya alias minyak, sesuatu yg tdk dimiliki oleh Korut. Secara itung-itungan ekonomis, pulitik maupun militer tentu lbh maknyus menyerbu Irak ketimbang Korut, walau dg itu George Tenet, bos CIA saat itu sampai repot-repot membuat laporan tentang berbagai senjata pemusnah masal (WMD) koleksi sadham Hussein, yg mana hasil kajian CIA dijadikan landasan USA untuk merayu PBB, para sekutu USA dan masyarakat internasional agar “membolehkan” acara serbuan pd Irak.
    Padahal bila dicermati secara geografis, jarak Korut dg pantai barat USA relatif lbh dekat ketimbang jarak Irak / Iran dg daratan USA. Selain itu jarak Korut dg sekutunya di asia, yakni Korsel hanya selemparan bola saja, sementara jarak Korut Jepang juga relatif dekat, hanya terpisah laut Jepang, ibarat Kim Jong Un disuruh berenang dari Korut menuju Jepang dg membawa granat pun sampai, tdk perlu rudal balistik.
    Semoga Korut memang bisa menjadi mimpi buruk USA yg menjadi nyata, barangkali arwah para korban bom atom Nagasaki dan Hiroshima ikut membantu Korut mencipta bom hidrogen sebagai peringatan bagi kesombongan dan kesewenangan USA selama ini.

  8.  

    kasihan Indonesia,,rencana Unifikasi korut korselnya gagal xixixixix

    •  

      Indonesia punya keterbatasan bung asbun…
      perdamaian yg terjadi di semenanjung, bukan berada di tangan Indonesia, tapi di tangan negara” kunci yg punya pengaruh besar.

      meskipun begitu, Korut memiliki kepercayaan thd Indonesia. mereka pikir kita dpt memberikan kontribusi dlm perdamaian di semenanjung Korea.

  9.  

    Ahh… saya kok mikirnya jd aneh ya…sepertinya dunia sekarang ini nenuju ke perang massal. di belahan dunia mana sekarang ini yg gak ada potensi perang…. bayanginnya kok rasanya dekat banget ya… ato cm saya aja yg parno ya… heheee

  10.  

    permusuhan Us & korut cuma sinetron berbiaya mahal.
    d balik layar mereka mesra.

    Ups… ane lupa klo Korut satu “mahzab” dngn Tiongkok & Rusia.

    xi… xi…

  11.  

    kalo sinetron amrik dan ruski yg di balik layar ada gak bung alloy…

  12.  

    xixixixi bgian dr pengalihan isu di timur tengah xixixi

 Leave a Reply