Jun 012016
 

Salah satu kolom di situs propaganda Korut, DPRK Today memuji Donald Trump sebagai pilihan yang tepat bagi warga Amerika Serikat (AS) dalam pemilihan presiden 8 November mendatang. DPRK Today juga menyebut seruan Trump bahwa Amerika harus menarik tentaranya dari Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu langkah terbaik untuk menuju perdamaian di Semenanjung Korea.

Kolom di DPRK Today yang ditulis oleh akademisi Korea yang berbasis di Tiongkok, Han Yong-muk tersebut juga melontarkan opini bahwa Trump jelas bukan kandidat bodoh, sinting, dan sering berbicara kasar seperti yang dikatakan publik, melainkan sosok yang bijaksana dan kandidat presiden yang tahu tentang sesuatu sebelum terjadi.

Berdasarkan artikel Han tersebut, Trump menjanjikan untuk menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea melalui negosiasi, bukan perang. DPRK Today pun memandang penyelesaian tersebut sebagai opsi terbaik bagi AS, yang setiap menit dan detik merasa dihantui serangan nuklir oleh Korut.

Sementara Korsel dan AS mengungkapkan bahwa dialog dan negosiasi dengan Korut dapat saja dilakukan, tetapi harus diakhiri dengan penghapusan ambisi nuklir Korut. Namun, Korut seolah menunjukkan sikap ketidaksetujuan dan justru sering mengancam serangan nuklir terhadap Korsel dan AS.

Sebelumnya, Donald Trump sendiri sempat mengatakan siap untuk berbicara dengan Kim Jong-un untuk mencoba menghentikan program nuklir Pyongyang. Trump bahkan meminta Tiongkok, satu-satunya sekutu Korut, untuk ikut membantu memecahkan masalah tersebut. Namun, pertentangan perihal nuklir Pyongyang tersebut seolah tak pernah diindahkan oleh pihak Korut.

Seperti dikutip Reuters, Rabu (1/6/2016), salah satu corong rezim komunis Korut tersebut justru menyebut kandidat Partai Demokrat pesaing Trump, Hillary Clinton sebagai sosok keras kepala karena menyerukan penerapan sanksi terhadap Korut terkait isu nuklir.

Pada Maret 2016 lalu, Dewan Keamanan PBB akhirnya menjatuhkan sanksi berat kepada Korea Utara terkait aksi tes nuklir keempat yang dilakukan di bulan Januari 2016 dan uji coba rudal balistik yang diluncurkan beberapa kali.

 

 

 

Bagikan Artikel :

  7 Responses to “Korea Utara Puji Donald Trump”

  1. bukanya trump mengijinkan jepang dan korsel memiliki senjata nuklir..??

  2. dagela…sekarang banyak warga amerika pesimis dgn pemilu krn tdk ada kandidat yg kompeten…(dilema warga AS)

  3. politik korut, kemaren korsel diajak damai

  4. KORUT saja memuji TRUMP kenapa yang suka KORUT disini malah ngga suka TRUMP??

  5. Pilihan Rakyat AS itu simalakama.. Milih Trump.. begini, Milih Clinton Begitu.. ndak ada yg pas

 Leave a Reply