Apr 292017
 

USS Carl Vinson (Photo : BussinesInsider)

Beberapa waktu lalu Korea Utara sesumbar akan menenggelamkan kapal induk AS USS Carl Vinson yang mendekati perairan Korea hanya dengan satu serangan. Lalu mungkinkah Korea Utara mampu melakukannya? dan dengan senjata apa Korut akan melakukannya?

Sekarang kita coba lihat arsenal persenjataan yang dimiliki Korut dan masih menjadi andalannya hingga kini.

Rudal anti-kapal modern mungkin adalah cara terbaik untuk menenggelamkan kapal induk AS. Korea Utara diketahui memiliki banyak rudal anti-kapal, namun sebagian besar diantaranya sudah usang, seperti rudal Styx era Soviet buatan tahun 1960-an, dan rudal Silkworm buatan China. Styx adalah salah satu rudal anti-kapal pertama yang pernah berhasil menenggelamkan kapal perusak Israel Eilat pada tahun 1967. Sedangkan Silkworm hanya memiliki hulu ledak seberat 450 kg, yang kemungkinan hanya akan merusak lambung kapal induk.

Tapi meski kuat, rudal-rudal korut sudah tua dan rentan terhadap serangan jammer elektronik modern dan sistem pertahanan udara kapal induk. Rudal juga memiliki jarak yang cukup pendek, lebih pendek dari pada jangkauan operasi pesawat tempur yang dimiliki kapal induk. Jadi akan mudah bagi kapal induk Vinson tetap aman di luar garis pantai Korea Utara dengan sambil meluncurkan serangan udara.

Sebenarnya Korea Utara memliki salinan rudal yang seperti rudal anti-kapal Rusia Kh-35. Rudal Kh-35 memiliki kemampuan lebih baik untuk menghantam kapal induk, namun sayang, rudal Korut Kh-35 juga memiliki kelemahan pada jangkauan serang. Membuat Korea Utara mungkin tidak dapat melepaskan beberapa rudal Kh-35 pada satu kesempatan.

Cara lain untuk menenggelamkan kapal induk AS adalah dengan melepaskan roket dan bom menggunakan pesawat tempur. Korea Utara memiliki armada jet tempur dan pesawat tempur yang cukup besar, namun yang terbaru, MiG-29 “Fulcrum” sudah berusia hampir 30 tahun.

Korea Utara juga memiliki 35 pesawat tempur darat Su-25 yang mirip dengan A-10 Thunderbolt II, namun kurang memiliki senjata berat, juga Su-25 lebih berguna untuk mendukung pasukan darat dan Korea Utara harus memilih antara menyerang kapal induk atau menyerang pasukan darat musuh.

Semua 40 unit pesawat tempur dan serang yang dimiliki Korea Utara, dilengkapi dengan bom dan roket, mungkin hanya bisa membuat kerusakan untuk sementara, namun sama sekali tidak bisa menenggelamkannya kapal induk AS. Apalagi menghadapi hadangan dari empat kapal perusak modern dengan sistem pertahanan udara Aegis, yang kemungkinan akan membuat 40 pesawat pesawat tempur Korut tidak akan bisa kembali ke pangkalannya.

Armada kapal selam midget Korea Utara (Photo : Koogle TV)

Cara terakhir adalah dengan menggunakan kapal selam atau bahkan sekelompok kapal selam midget untuk menenggelamkan Vinson. Korea Utara memiliki sekitar 40 kapal selam, termasuk 20 kapal selam lawas Romeo class, 10 kapal selam pesisir Sang-O (“Shark”) yang lebih kecil, dan 10 kapal selam midget Yeo class.

Baru-baru ini, kapal selam midget Yeono class diperkirakan telah menenggelamkan korvet Korea Selatan – Cheonan dengan menggunakan torpedo. Ini adalah prestasi yang cukup besar bagi Korea Utara, namun Cheonan berbeda dengan kapal induk Vinson yang memiliki armada pengawal yang akan mampu mendeteksi kapal selam Korea Utara yang berisik. Vinson juga berbobot sekitar 98.500 ton, jauh lebih berat dari korvet Cheonan, sehingga lebih sulit untuk tenggelam. Apalagi Vinson memiliki lambung ganda yang mampu melindungi diri dari serangan torpedo kapal selam musuh.

Dengan segala keterbatasan yang dimilikinya, sulit bagi Korea Utara ntuk menenggelamkan kapal induk USS Vinson. Dan sesumbar Korea Utara untuk menenggelamkan USS Vinson mungkin tidak akan pernah terbukti.

PopularMechanics

  44 Responses to “Korea Utara Sesumbar Tenggelamkan Kapal Induk AS, Mungkinkah?”

  1. TENGGELAMKAN !

  2. tembak sja kim

  3. Kim hanya besar gertak, ataukah ada senjata pamungkas yg gak pernah ditunjukkan ke umum? Belum bs dibuktikan klu blm terjadi perang sesungguhnya dan berapa nyawa yg harus dikorbankan oleh semua pihak yg terlibat!

    • Kalau provokasi negara lain tuh ya harus di perlihatkan donk seberapa kuat diri kita, Korut pasti tunjukin lewat Parade militer Mereka,,, Kalau Berani Serang Kami (Korut) Nanti kalian (USA, Korsel, Jepang) berhadapan dengan Senjata-senjata kami (Korut). Senjata Terakhir ya Nuklir. *Masih ada 2 Negara Adidaya : China dan Rusia, apakah mereka mendukung Amerika atau kah Mendukung Korsel ataukah Netral.

      • Ada MAD kan perjanjian tentang nuklir gitu… Yg isinya jika ada suatu negara menyerang dengan senjata nuklir. Maka negara2 yg memiliki senjata nuklir akan menyerang negara tersebut !

        Intinya korut MATI JIKa tembakin bom nuklir

        Dan korut juga akan mati jika berani menyerang Usa or korsel

        China bantu korut ? Tidak mungkin

        Rusia bantu korut? Palingan dari segi alutista

        Ke 2 negara tersebut palingan tidak akan membantu secara militer melainkan alutista

        Sekuat2 nya china
        . China masih negara yg sering di jajah . Dari segi militer juga history nya jelek

        rusia akan fokus melobi turkey sepertinya daripada korut yg gk ada manfaatnya

  4. Korut gak bisa di remehkan. Kpn hari peluncuran rudal dari kapal selam di tertawakan negara lain.. .tp kenyataannya korut mampu melakukannya.. ..strategi korut sangat sulit di pahami.. .adakalanya korut hanya sandiwara dan ada kalanya menunjukan kekuatan sesungguhnya.. ..seperti dagelan aja.. .tp bikin amirika kalang kabut wkwkwkw

  5. Hahahaha…Ntu si Jong Un emang berbakat jd pelawak kominis paling lucu…Ntu bocah kadang bikin gemes, pipinye cubby, model rambutnye model rambut orang goblok…Yang mulia Trump dan sluruh USA yg hebat terhibur banget dgn lawakan Jong Ung…

  6. Hahahaha…Ntu si Jong Un emang berbakat jd pelawak kominis paling lucu…Ntu bocah kadang bikin gemes, pipinye cubby, model rambutnye model rambut orang goblok…Yang mulia Trump dan sluruh USA yg hebat terhibur banget dgn lawakan Jong Ung…

  7. namanya juga se “SUMBAR””

    bukan se “JABAR” ……

    xixixi…..

  8. Korut itu sudah di “petakan’ oleh amerika, cina, rusia eropa. Memang sengaja d “piara’ sbg bad dogs asia. Klo memang korut sgt berharga d mata mereka sdh dari dlu2 mereka di “rekontruksi’ ulang. Walaupun kuat, secara kemampuan militer mereka msh kuno utk ukuran perang modern. Hanud mereka jd sudah agak ketinggalan jaman (SA 2, SA 3) jet fighter mereka,. Peninggalan perang dingin. Sangat mudah bagi AS & sekutu klo mau mampusin korut. Tapi karena ga ada SDA yg berharga dlm jumkh bnyk, y d biarin aj. Korut secara tdk lgsng memberi keuntungan bisnis senjata d asia. & negara2 itu tau, liat bgmna ekskalasi pembelian senjata oleh negara2 asia.. meningkat. Dan siapa yg paling d untungkan??

    • “Korut sudah dipetakan…”, memangnya disana banyak rumah petakan juga bang boy?

      Sama dong dg rumah petakan, kontrakan gue….ahhh kalo gitu mah usah jauh-jauh holiday ke korut, ngapain kesono cuma mo lihat rumah petak doang….

  9. Itu bisa saja mereka pasti sudah punya ,plutonium skala kecil, saya rasa itu sudah cukup meledakkan vinson,

  10. segala sesuatu ciptaan manusia bsa sja yg tdk mungkin itu menghindari d takdir kematian

  11. Hihihi… Kan Bisa Sogok Si Jinping Biar Di Kasih DF-21… 😆

  12. PADA NGAK TAHU YA PK APA NENGGELAMKN NYA,KLAU PIKIR KEMUNGKINAN DENGAN RUDAL BALISTIK YG SULIT DI DETEKSI UNTUK ALUTSISTA BERGERAK KARENA RUDAL BALISTIK TERBANG TINGGI DI ATAS LAPISAN BUMI YG TIDAK MUNGKIN DI JANGKAU RADAR. KLAU SLH MOHON PENCERAHANNY

    • Udah jelas salah argumen abang….rudal balistik justru sangat mudah dideteksi oleh sistim radar aegis dan dieksekusi dengan rudal SM-3.

      Justru rudal sea-skimming lebih susah dideteksi oleh radar aegis krn saking beratnya bobot radar aegis maka penempatan radar ini tidak bisa tinggi spt radarnya HMD Dragon ato FREMM/itali shg kemampuannya melihat sasaran yang terbang rendah lebih pendek.

      Korut berani sesumbar, mungkin karena kim jong un terinspirasi oleh penenggelaman kapal intelejen rusia dengan cara disruduk kapal pengangkut sapi….apalagi cuaca diperairan korut terkenal sering dilanda kabut tebal, jadi dalam pikiran kim taktik serupa bisa diterapkan untuk menenggelamkan kapal induk US yang coba-coba memasuki perairan mereka.

      • hahahahaha…. kapten kapal induk nya ya gak mungkin bodo2 amat bung.. dia pasti berdiri paling belakang jauuuuuuh sekali.. hanya mengandalkan kasel jet rudal destro sudah rata korea..

  13. SEPERTI BERITANYA KORUT SELALU MENGUJI COBA RUDAL BALISTIKNYA KE ARAH LAUT,APA KEBETULAN/TIDAK.KLAU MAU TAHU SAKSIKAN KIM JONG UN SEASON KE 3 WKWKWK

  14. klw sekarang menembakkan rudal balistik psti d salvo rudal2 pertahan udara us…

  15. Salah satu juga senjata mematikannya adalah militansi rakyatnya.

  16. new zealand beli p8

    http://www.dsca.mil/major-arms-sales/new-zealand-p-8a-aircraft-and-associated-support

    harganya luar biasa mahal ya kalau kita ingin beli pesawat ini. dananya lebih baik buat akuisisi f-16v atau rafale

  17. Pasti bisalah korut nenggelemin kapal induk Amerika..secara korut udah bisa buat rudal nuklir…kan mreka ga bodoh… Udah bisa bikin rudal..brarti mreka jg sdh perhitungan kapal induk Amerika…yg jd masalah mungkin..kalau korut dikroyokan Ama korsel jepang Amerika dn sekutu… Baru korut kalah..
    Korut bukan Iraq/afgan /@tau suriah…

    • hahahahaha…. iya .. afgan kan cm penyanyi bukan senjata wkekekek peace
      gak mungkin bung.. nuklir dr mana.. iraq dulu katanya punya nuklir.. dan buktinya…??
      apalagi korea utara.. masih jauh buat nuklir.. kalaupun orangnya mampu tp alat dan teknologinya blm sampai..
      duel korsel sama korut pun saya pilih korsel.. ini fakta di lapangan bukan andai2 dan mungkin lho.. kalau cm mungkin indonesia jg mungkin punya nuklir 1 juta hulu ledak siap tembak..

    • Belum tau amrik ya,kl cuma bisa wirid ga usah komen dah

  18. Perang tidak akan terjadi selama Rusia dan China tidak setuju…US hanya memancing agar Korut dpt menyerang umpan nya..dngan bgitu US dengan alasan yg kuat dpt menyerang Korut…memang benar selama ini peranan Korut untuk menaikkan anggaran militer dlm penjualan senjata sangat besar, namun US sudah sangat khawatir dengan kemajuan Nuklir Korut yg semakin maju…

    • Maaf. kalau menurut pendapat saya bung, silahkan anda komentar :

      pendapat anda Itu bukan alasan bagi ASU cs bung,… ASU nyerang SURIAH apa minta izin RUSIA ? kita bukan membahas kekuatan ADIDAYA dan ALIANSI yang memiliki banyak sumber dana dan SDM serta troop dana berlimpah. tetapi berbicara alasan keamanan ASU atas program nuklir milik korea loh.

      Saya yakin ada perang disemenanjung korea, alasanya ASU bukan menyerang untuk agresor tetapi melenyapkan seluruh peluru kendali yang terindikasi dg program NUKE milik rezim KIM seperti kejadian IRAK, walau ternyata salah kaprah.

      Peperangan antara duo korea tidak menarik perhatian ASU jika meletus, mereka (ASU) hanya mengibangi jika PLA membatu DPRK, baru terjadi aliansi ASU-JEPANG-KORSEL-TAIWAN. dan perang besar tersebut mungkin akan berlangsung cepat.

      • itu sih hanya analisis saya aja bung…benar anda bilang US hanya akan melenyapkan seluruh peluru kendali..makanya drpd itu US mati2an di DK PBB tapi lagi2 terkendala Rusia yg tak ingin itu semua terjadi dengan alasan bencana besar apabila perang terjadi. tapi di balik itu semua analisis saya adalah faktor utama selain ingin melucuti Korut jg US ingin memastikan Negara2 dibawah aliansi Rusia,China dpt dikendalikan…jangan heran apabila ada negara2 seperti suriah dll dengan dalih ini itu di tekan habis2an..semuanya syarat kepentingan…

  19. saya yakin tidak mampu..
    bahkan cina sekalipun bukan tandingan amerika saat ini.. hanya rusia yg mampu.. dan itu pun masih 50/50 ..

  20. kekuatan rudal nuklir kapal selam, munkin ini jurus sesumbar pamungkas korut tenggelamkan kapal induk AS.

  21. susah kalau pemimpin tp tdk punya cermin..

  22. iya benul bung..
    jong un ngayal… masih jauh… duel sama korsel saja sy milih korsel.. fakta di lapangan bukan andai2 dan mungkin punya ini punya itu..

  23. Itu cuman simulasi bung,, nanti kalo ada simulasi rudal korut menghancurkan matahari, apakah anda akan percaya?

  24. Yaa sangat bisa lah nenggelamin kapal induk, hanya masalahnya utk ngalahin mamarika sama mamarini itunya yg sulit wkwk

  25. Hahah,, podo ngomong opo tho,, liat tuh afganista yang secara kaliber jauh dibawah korut aje mampu bikin soviet takluk, asu ne jorge bush bangkrut,, dalam segala hal halal,, punya bnyak air craft carier buat klo ngutang uange buat operasional,, baca berita luar, trump aje bersimpuh ngajakin temen2,, buat jinakin korut yanh notabene agan2 diatas,, bilang senjata korut tuwir,, cinta dan perang dua hal yang tidak bisa ditentukan, saran ntu buat mamarika jangan memulai sesuatu yang kamu tidak bisa mengakhiri,, mereka kebyakan front batlle yang harus dihadapi,( eropa timur, timteng,asia timur, nlum laut china selatan.

 Leave a Reply