Des 262018
 

Sebagai bentuk empati dan kepedulian  Korem 043/Garam memberikan bantuan beras sebanyak tiga ton, mie Instan, minyak goreng dan lain sebagainya, kepada  masyarakat pesisir Lampung Selatan yaitu di Pulau Sebesi ” jelas Kolonel Inf Djohan.

Lampung, Jakartagreater.com – Korem 043/Garuda Hitam (Gatam) Lampung dan jajaran memberikan bantuan beras sebanyak tiga ton bagi masyarakat pesisir Lampung Selatan yaitu di Pulau Sebesi. Hal tersebut disampaikan oleh Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan dalam rilis tertulisnya,  pada Selasa 25-12-2018 di Palembang.

Pulau Sebesi, terletak di Selat Sunda dan berada di wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan dan di sebelah Timur Laut gugusan Krakatau “Sebagai bentuk empati dan kepedulian Danrem Gatam ( Korem 043/Garam) dan jajarannya memberikan bantuan beras sebanyak tiga ton, mie Instan, minyak goreng dan lain sebagainya,” jelas Kolonel Inf Djohan.

“Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Danrem, Kolonel Kav Erwin Djatmiko,”imbuhnya. Dijelaskannya juga, hingga saat ini, anggota jajaran TNI yang BKO (Bawah Kendali Operasi) Danrem 043/Garam masih melakukan upaya pencarian dan penyelamatan serta evakuasi korban (penduduk).

“Para penduduk kita evakuasi menggunakan kapal motor tradisional. Sebagian dari mereka, pasca mengungsi di dataran tinggi dan kurangnya penanganan selama disana, kondisi kesehatannya memburuk. Selepas turun dari kapal di Pelabuhan Canti, langsung dibawah tim medis untuk tangani lebih lanjut,” jelas Kolonel Inf Djohan.

Dalam pemberian bantuan tersebut, Danrem menyampaikan keprihatinan atas kondisi dan kerusakan sarana maupun prasarana masyarakat. Menurutnya, sebagaimana mana dijelaskan Danrem, personel jajaran Korem 043/Gatam telah melaksanakan siaga di lokasi bencana.

“Sejak terjadinya bencana. Danrem telah memerintahkan Kodim maupun Koramil beserta jajarannya untuk membantu warga yang tertimpa bencana,” kata lulusan Akmil 1996 ini. “Jadi, jika memang ada wilayah yang terdampak belum tertangani, semata -mata karena keterbatasan komunikasi dan sarana transportasi.

Seperti ini (P.Tebesi), begitu ada informasi dan memungkinkan, langsung di aksi,”tandasnya. Lebih lanjut menurutnya, dihadapkan dengan kondisi wilayah dan ketersediaan sarana evakuasi, penanganan dampak bencana di P. Sebesi juga telah menjadi prioritas Danrem.

“Sebagaimana instruksi Pangdam II/Sriwijaya (Mayjen TNI Irwan,S.I.Pi, M.Hum.), Danrem juga senantiasa menekankan kepada jajarannya untuk berkoordinasi secara terus menerus dan melekat dengan seperti BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), pemerintah setempat, Polri serta berbagai pihak terkait lainnya,’ katanya.

Mantan Dandim Mojokerto ini juga menjelaskan bahwa pihak Korem 043/Gatam juga senantiasa melakukan pengecekan dan pendataan terhadap berbagai bantuan dari relawan untuk para korban.

” Ini penting, supaya segenap sumber daya yang ada seperti tenaga, sarana, logistik dan lain sebagianya dapat digunakan atau disalurkan secara optimal. Apalagi, korban terdampak bencana ini menyebar di berbagai wilayah. Bantuan ini juga diberikan secara bertahap ” pungkasnya.

Dalam peninjauan korban bencana tsunami sekaligus memberikan bantuan ke P. Sebesi, Danrem didampingi oleh Kapolres Lampung Selatan, Danramil, dan Babinsa serta jajaran Kodim 0421/Lamsel. (tniad.mil.id).