Apr 162017
 

(Tasnimnews.com / All Creative Commons)

Seoul – Korea Utara berusaha meluncurkan peluru kendali pada Minggu, 16/4/2017 di dekat Sinpo, pantai timur semenanjung, tetapi usaha itu diyakini telah gagal, ujar militer Korea Selatan.

Peluncuran rudal dilaksanakan sehari setelah Korea Utara mengadakan parade militer di Pyongyang, memperingati ulang tahun kelahiran pendiri negara itu. Dalam parade tersebut turut ditampilkan rudal balistik terbaru mereka.

“Korut berusaha meluncurkan satu rudal tak dikenal dari dekat wilayah Sinpo pagi ini, namun diduga telah gagal,” Kantor Gabungan Kepala Staf Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tidak ada rincian lebih lanjut, dan instansi tersebut mengatakan bahwa mereka sedang menganalisis peluncuran itu.

Korea Utara meluncurkan rudal balistik dari daerah yang sama dengan peluncuran yang dilakukan awal bulan ini, ketika pertemuan puncak antara pemimpin Amerika Serikat dan China, untuk membahas program senjata Korea Utara yang semakin mengkhawatirkan.

Ketegangan semakin meningkat tajam di wilayah ini di tengah kekhawatiran terhadap Korea Utara yang akan segera melakukan uji coba nuklir keenam atau uji coba peluncuran rudal balistik pada 15 April, yang waktunya bertepatan dengan peringatan ulang tahun pendiri negara itu, dimana penduduk sekitar biasa menyebutnya dengan “Hari Matahari”.

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Donald Trump telah memberikan “peringatan” kepada Korea Utara, atas kemungkinan adanya tindakan militer AS terhadap Pyongyang seperti yang dilakukannya terhadap Suriah pada 7 April lalu.

Trump telah memerintahkan pasukan serang angkatan laut unggulan mereka dengan kapal induk bertenaga nuklir berlayar ke wilayah tersebut sebagai aksi unjuk kekuatan, beberapa pejabat AS menilai perlu memberikan sanksi ekonomi yang ketat serta opsi militer terhadap Korea Utara.

Korea Utara pada gilirannya juga memperingatkan akan melakukan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat jika mereka dihasut.

Wakil Presiden AS, Mike Pence tiba di Korea Selatan pada Minggu, sebagai bagian dari 10-hari perjalanan ke Asia, sebagai tanda komitmen AS terhadap sekutu dalam menghadapi meningkatnya ketegangan atas program senjata Korea Utara.

Antara/Reuters

  10 Responses to “Korsel : Korut Luncurkan Rudal Namun Gagal”

  1. Gagal itu biasa, yg penting coba lg

  2. Kayak spidol

  3. Longlife mr.kim

    Sehari sebelumnya ASU juga ujicoba nuklir tetapi dunia seakan bisu,..atau apakah teknologi nuklir hanya untuk negara adidaya saja

  4. negara korea utara ternyata adalah pengecut dan akhirnya ketahuan hanyalah besar koar2 saja katanya akan tetap uji coba nuklir tapi faktanya tidak berani uji coba karena ketakutan dengan tentara Amerika yang dipimpin donald trump yang keras dan tegas, donald trump dikenal tokoh pemimpin yang keras dan gagah berani sedangkan kim jong un hanyalah besar koar2 saja ketika melihat trump tidak main2 kim jong un langsung ciut ketakutan, awalnya kim jong un bersikeras katanya akan tetap tes nuklirnya tapi ketika melihat donald trump benar2 kerahkan kapal induk As di dekat perbatasan korea utara dan As akan menyerang korut jika berani uji coba nuklir akhirnya korut langsung tidak berani uji nuklirnya dan korut ciut ketakutan, dan korut sampai saat ini masih belum juga uji nuklirnya itu artinya korut cuma bisa ngomong kosong saja(alias)ketakutan hahaha siapa dulu pemimpin As donald trump dilawan sekarang bukan lagi obama yang suka tipu dan omong kosong
    ternyata korea utara pembohong besar

    • kalo korut pembohong. ini waktu yg tepat untuk asu serang korut.. lah tuh liat rudalnya aja katanya pada gagal.. sekarang siapa yg bilang cemen.. asu apa korut.? dari kemaren sampe detik ini ane nunggu berita di tv kaga ada yg berani serang duluan… padahal rudalnya kaga ada yg sukses uji coba itu katanya..

  5. Tanpa ragu terus mencoba walau apa kata dunia, salut!

  6. Ngga kabayang kalau sudah ada warhead nuklirnya dan gagal, bisa jadi tuan makan senjata nih ceritanya… wkwkwwkwk….

 Leave a Reply