Nov 302016
 
Helikopter Apache

Helikopter Apache

Jakarta – Majelis Hakim Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada Brigjen Teddy Hernayadi karena terbukti bersalah telah melakukan tindakan korupsi di Kementerian Pertahanan saat menjabat sebagai Kepala Bidang Pelaksana Pembiayaan Kemenham periode 2010-2014.

“Perbuatan terdakwa mengakibatkan kerugian terhadap alusista milik TNI yang seharusnya bisa digunakan untuk menjaga NKRI,” ujar ketua majelis hakim Brigjen Deddy Suryanto dalam sidang terbuka di Pengadilan Milliter Tinggi II, Cakung, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Ketua majelis hakim mengatakan anggaran tersebut seharusnya dapat digunakan untuk modernisasi alutsista TNI sehingga bisa melindungi kedaulatan Indonesia. “Alutsista TNI menjadi terhambat kemajuannya karena Kemenhan kesulitan melakukan pembayaran yang jatuh tempo,” ujarnya.

Menurut majelis hakim, Teddy telah menyalahgunakan wewenangnya dengan membagikan dana pengadaan alat utama sistem pertahanan tahun anggaran 2010-2014 kepada rekanan sebesar US$ 12 juta. Atas tindakan tersebut majelis hakim memvonisnya dengan hukuman penjara seumur hidup dan dipecat secara tidak hormat dari kesatuan TNI.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Teddy menyelewengkan anggaran pembelian helikopter Apache dan pesawat tempur F16. Anggaran yang diambilnya digunakan untuk berfoya-foya dengan perusahaan rekanan dan juga digunakan untuk investasi valas. Padahal dana itu berasal dari APBN 2010-2014.

Sumber : Mediaindonesia.com

Bagikan:

  166 Responses to “Korupsi Alutsista, Brigjen Teddy Divonis Penjara Seumur Hidup”

  1.  

    Wadoouhhh

  2.  

    Dulu ada yg bilang NKRi beli afache ,tp harga yang sama dengan seperti yg dibeli india..tp NKRi cuman 8 biji tapi india dapat 36 biji..mngkin dikorupsi orang2 itu jd nya cuma dapat 8…

  3.  

    Sampah negarsi

  4.  

    Payah ni orang ..

  5.  

    semoga bukan akal2an ” ular2 berbisa musuh bangsa” yang ingin menjauhkan tni dari rakyat serta “menelanjangi” tni dimasa yang akan datang . . .
    tapi bila ada oknum yang memang bersalah hukum !!!

  6.  

    Thn anggaran 2010-2014 . nambah lg aj daftarny.

  7.  

    Pantesan pertahanan NKRi gak kuat kuat..mungkin sudah sejak dahulu kala praktek korupsi sprti itu sdh turun temurun..

  8.  

    ?

  9.  

    set dah….yg dikorup yg apache….

  10.  

    2010-2014?

  11.  

    mark up mark up …. karena memang tahun 2010-2014 itu,,banyak pembelian senjata msih mengunakan calo alias broker alias pihak ke tiga. makanya skrng pemerintah lbh hati hati.. dan hanya menginginkan skema G to G untuk belanja alusista

  12.  

    Kalau udah tau kek gini,apa ada yg masih mau bilang ada alusista goib,alusista goib dari hongkong, duitnya aja udah di makan ,

  13.  

    salah satu contoh kasus yang terungkap. korupsi seperti gunung es, yang nampak di permukaan kecil atau sedikiy tapi yang di bawh permukaan ini yang lebih buanyak.

  14.  

    HUKUM DAN BONGKAR SECEPATNYA TANPA PANDANG BULU KORUPSI2 YANG LAIN, BIARPUN MELIBATKAN 100 JENDERAL SEKALIPUN.

  15.  

    12 juta dolar AS kalo dibelanjain dapet apa aja ya ?? minimal 24 MBT Leopard kosongan ya ??

  16.  

    Yang korupsi apa hanya 1 orang saja…???

  17.  

    yang bintang satu korupsi nya us$12 juta…kalo diatas2 nya kira2 berapa juta ya???? jadi ingat helm nya beli yg banyak…rupanya satu apache yg pake nya 30 orang bergiliran wkwkwkwkwk…emang negaraku negara alutsista ghoib bin siluman….

  18.  

    😀

  19.  

    Kalau di atasnya pasti antasari sang mantan KPK yg tau siapa saja yg korupsi…

    😀
    😀

  20.  

    Kalau di atasnya pasti antasari sang mantan KPK yg tau siapa saja yg korupsi….

    😀
    😀

  21.  

    menangis karena marah gak kesampaian
    guling guling karena gak kesampaian ingin mukul tapi mau mukul apa
    rakyat berharap tni kuat senjata tapi apa daya slalu ada rekanan ketiga tiap beli senjata jadi slewang sleweng menyakitkan
    kalo sudah ketahuan begini apa tetap mau makai rekanan ketiga kalo beli lagi
    dah capek rakyat mikir nasib sendiri mana bisa mikir urusan kaya gini
    nasib nasib nasib
    kemana kau berada di kala hal buruk seperti ini berjalan di antara pengelola

  22.  

    Moga nggak ada yang ngeklaim ini prestasi Bapak itu… :v

  23.  

    pembelian apache itu antri, siapa pesan duluan akan DIPROSES duluan …

    TAIWAN = 30
    ARAB SAUDI = 24
    UAE = 30
    INDIA = 22
    QATAR = 24
    SOUTH KOREA = 36
    INDONESIA = 8

    indonesia pesannya termasuk belakangan, jadi dibuatnya juga belakangan …

    prioritas utama adalah pengiriman Apache untuk TAIWAN …

  24.  

    Kedepan harus G to G atau G to manufactur, demi kejayaan nkri, pa presiden jokowi memang sangat jeli dalam pemberantasan korupsi walau belum maksimal semuanya

  25.  

    Oalah koen to, buajingan koen…

  26.  

    mentalnya MATA duitan, padahal jabatannya udah tinggi, gtu itu kalo kurang bersyukur dengan yg dia punya, kemampuan harta orang diatasnya terus yg dilihat, yg kurang mampu di bawahnya gak pernah dilihat….

  27.  

    Lakadalah

  28.  

    Wah harusnya ditembak mati pake oerlikon klo ga pake meriamnya armed…biar mantap kayak di korut…

  29.  

    saya prihatin..dan kenapa pemerintah sekarang terkesan lambat dlm pengadaan alutsista krn pemerintah mau.y.langsung G toG tdk melaui broker jadi terpaksa nunggu kontrak dan perusaan asing habis…bayangkn berapa kerugian negara jika misal.y beli su35 cuma dpt 8 yg harus.y 10 atau 12..saya prihatin ..prihatin..prihatin..

    •  

      @awe-awe

      Haduh gimana ya gan….mo belanja uangnya keburu ditilep duluan sama pejabat yang lama….

      Emang gimana sih manajemen keuangan dikementrian tsb “tempo hari”, mosok uang negara yang seharusnya disetor utk bayar cicilan bisa mampir ke rekening pribadi….????

  30.  

    “Anggaran yang diambilnya digunakan untuk berfoya-foya dengan perusahaan rekanan dan juga digunakan untuk investasi valas”….

    mungkin gak ya uang itu juga dibagi ama rekan yang dilingkaran dia ??? klo mungkin terjadi kenapa tidak dibongkar ??

    •  

      @singolawu

      Ini modusnya spt korupsi kepala daerah tempo dulu…uang negara dimasukin rekening pribadi trus diputer2 buat main valag dan investasi lain. Kalo sdh dapat untung, uang glibengannya dibalikin lagi ke kas negara

  31.  

    tegas dan bagus untuk pembelajaran yang lain dan pembelajaran bagi korps yang lain

  32.  

    Matiin saja…

  33.  

    barang amerika rongsokan dibeli karena iming iming kick back

  34.  

    pantesan f16 buatan amerika rodanya protol, rupanya pembayarannya bisa diatur.

  35.  

    yang korupsi alutsista seperti ini bagus untuk dijadikan ujicoba tembak tepat sasaran. Tepat pas jidatnya….

  36.  

    KALAU DI NEGARA CHINA…SELURUH KELUARGA YG IKUT MENIKMATI HASIL KORUPSI DI BEDIL SEMUA TUCH.

  37.  

    Kita tunggu beritany d TV..

  38.  

    dari dulu ane curiga dg list A1 …
    sengaja dibuat dan disebarkan utk menutupi korupsi,
    ada duit keluarnya … ada kuitansi … tapi ga ada barangnya

  39.  

    coba di periksa heli apache amerika yang dikirim ke indonesia, jangan jangan cuma casingnya doang yang baru, isi dalemannya pakai barang bekas.

  40.  

    Kelihatannya tdk mungkin pelakunya 1orang, satu orang di hukum berat untuk menutupi keterlibatan yang lain, melihat benang merahnya dana turun dari atas sampai pd pelaku dan seterusnya.

    •  

      “DARAH ITU MERAH JENDRAL” saat negara sangat membutuhkan kekuatan otot2nya, saat kekuatan asing menekan dari segala penjuru,dia yang sangat tau kondisi negara khususnya tni malah menusuk dari belakang apakah ini “PROXI ASING/ ASENG”.

  41.  

    Nti ada yg naik panggung lagi bung brewok van kantros : melanggar ham.
    Hadew……
    Susah deh pendekar ham hasil cekokan negara yang notabene pelanggar ham nomer wahid…..

  42.  

    ada yg gak berani komen nh????
    mn th yg biasany banggain masa lalu
    nohhh pantes cm f16 rongsok, apache molor

    •  

      @nico robin

      Iya mas…..saya ngaku

    •  

      hahaaa
      iklan minuman energi nh

    •  

      @NR
      jaman dulu itu ada toko dengan bangganya menjamin
      tak akan ada slewang sleweng pembelian alat senjata
      jadi namanya bpk dan kpk tak usah masuk mriksa mriksa apa saja telah dibeli
      tapi saya percaya gak percaya gitu itu bisa dipegang kan itu hanya jaminan brupa bicara suara tanpa tulisan lagipula kan semua pengguna anggaran harus siap dimasuki bpk dan kpk karena tak ada supermasi bebas hukum untuk pengguna anggaran yang main slewang sleweng terus enak enak sampai tua
      tapi apa daya untuk hanya seorang rakyat yang bukan pilar negara bisanya apa untuk ngurusi hal goip alat senjata seperti ini
      kalaupun ada lagi kejadian tkp tkp sejenis di hari depan
      saya tetap bangga
      karena dari jaman dahulu sampai jaman ini tidak ikut serta dalam kitiran slewang sleweng ini
      salam bung @NR

  43.  

    C>

  44.  

    😀 SAYA PRIHATIN!!

  45.  

    Sungguhhhh terlaluuuu…Jabatan sudah tinggi, ambil uang negara sunggu terlaluuu….tinggal nunggu pensiun, sekarang malah masuk penjara, sungguh terlaluuu….nama baik ancur gara-gara nilep uang negara yang menggiurkan, sungguh terlaluuu….mendingan nilep janda-janda muda yg cantik cantik, barokah…sungguh terlalu enyak….

  46.  

    ..CONTOH ORANG YANG TIDAK BERIMAN…APAPUN AGAMANYA…SALAH SATU SIFAT TUHAN ADALAH “MAHA SEGALANYA”..TERMASUK MAHA MENGUBAH NASIB SESEORANG/SUKU/BANGSA/GOLONGAN”…dan saya pribadi disini hanya mengingat pada teman2 kalian semua…Semoga orang2 seperti ini lekas tersingkir dan tersungkur dari bangsa Indonesia,dan semoga tetap jaya sampai akhir jaman bangsa Indonesia..AAMIIN!!…

  47.  

    dah mulai satu persatu terkuak…ayo pak brantas modus2 seperti ini…

  48.  

    Hanya mo bilang bahwa”beliau ini’hanya Kolonel’ waktu itu.”

    Jadi….
    Imho ada yang lain.

  49.  

    Jaman 2010-2014 jaman melampiaskan hawa nafsu

  50.  

    Untung presidennya kita bukan Kim Jong Un.
    Sudah ditembak pake rudal anti pesawat kalo di Korut…

  51.  

    S=S

  52.  

    B[]

  53.  

    Hadew….ini baru Yang Ketahuan Bintang satu. Dan sisa nya kemana..??
    Yang ikut”an Rapat dan Atasan yang Tanda tangan Anggaran 2010-2014..?? Ga mgkn cuma satu orang yg terlibat dan ikut menikmati Korupsi ini.
    Pasti ada Jendral atasan beliau ini yang Cuci Tangan dan Pura” ga tau…
    Ayo Bapak Presiden… Bongkar Korupsi ini. Rakyat Indonesia selalu ada dibelakang mu

  54.  

    TIDAK ADA ANAK BUAH YANG SALAH !!!!!!!!!!! ….. jadi SIAPA YANG SALAH ???????

  55.  

    si akil mochtar seumur hidup..

  56.  

    Hmmmm… Ini bintang 1 yah? Sudah handle budget dan dikorup sebesar itu. Yang berbintang-bintang handle budget sebesar apa yah? Sepertinya harus di cek semua nih tubuh TNI. Bisa jadi belanja TNI ngeteng-an dan refurbish karena banyak sunatan. PR dan uji nyali buat kemenhan, kemenkeu, KPK, dkk..

  57.  

    Ini…. yang seperti ini harus dirudal

  58.  

    @ubed

    Ubed…mana mang ubed…?!!!

    Yang ane herankan, stiap pembelian yang dicicil kan ada tembusan Term Of Paymentnya ke bagian keuangan, yang artinya banyak pihak bisa memantau terlaksananya pembayaran tepat dg waktunya

    Tapi ini kok bisa lolos begitu saja…apakah para penilep uang negara ini pake modus bikin kuitansi dan bukti transfer palsu…?

    •  

      Ayo kita tanya aja sama si tedi, gimana modus operandinya ??…. kalo ga ngaku, getok aja kepalanya pake baling2 Apache !!….. 😆

    •  

      udah diset dari awal (kontrak) bersama rekanan / makelar alutsista.

      tapi gak tahu apa yang sebenarnya terjadi, katanya dana alutsista yang berada di bawah otorisasi teddy dipinjamkan ke pihak lain, dan gak bisa dibalikkin..

      •  

        @ubed

        Kalo pake skema FMS seharusnya tanpa melibatkan perantara.

        Hal ini membuktikan lemah/joroknya kontrol keuangan didepartemen tsb…atau kalo gak mau dibilang “ngentit rame-rame alias TST”

        Soal duit yang gak bisa dibalikin ke kas negara karena kalah maen valak…heeee

        •  

          emang beritanya sangat terbatas, diatas katanya;
          “membagikan dana pengadaan alat utama sistem pertahanan tahun anggaran 2010-2014 kepada rekanan”

          di barita lain: dipinjamkan kepada pihak ketiga

          tapi saya cenderung setuju “ngentit rame-rame alias TST”, main valas, mau untung malah buntung, lha amatiran, bank duta aja bangkrut gara2 main valas..

        •  

          @laki: sepertinya di tilep sebelum masuk ke FMS. Entah bagaimana mekanisme kontrol di internal kementerian, sepertinya tidak ada dual control untuk meminimalisasi fraud. Disinyalir atasannya Teddy ini juga terlibat. BTW di kementerian pertahanan ada inspektorat juga kan? Kok bisa terjadi hal begini.

  59.  

    Siapa menhan era 2010 – 2014 jadi Prihatin hahahah #lebaran kuda

  60.  

    Di warung sebelah, penyembah bapak besar, rame gak yaw

  61.  

    Wah ini nih yg ane tunggu goib goibnya pade keluar..kah kah kah

  62.  

    Contoh yg ndak baik nih…haduhh

  63.  

    alhamdulilah , semoga ga di kasih remisi sama presiden dan pas naik banding kalah dan hukumannga ditambah jadi hukuman mati, korupsi 100 milyar lebih, otaknya di selangkangan, masuk tni nyogok,

  64.  

    Mungkin Bung TN@Phd bisa ngitung, anggaran MEF 1 sebesar 150T itu dapat apa saja, klop apa tidak dengan alutsista yg didapat. sebagai rakyat awam, dengan terbongkarnya korupsi dana pembelian alutsista F16/apache pada periode MEF 1, jadi bertanya jangan2 ada penyelewengan lainnya. Bisa jadi isu alutsista ghoib adalah utk mengaburkan penggunaan dana yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. xixixi.

  65.  

    ADA YG ABSEN KOMEN 😀

  66.  

    di TNI sudah ada vonis seumur hidup dan denda dalam bentuk dollar, sipil dan polisi mana nih? mau contoh pola vonis seperti TNI gak?

  67.  

    ehm…ehm…aja deh……

 Leave a Reply