Jul 042017
 

Korea Utara rilis foto peluncuran ICBM, 4/7/2017 (KCNA / BNO Newsroom)

Seoul – Korea Utara meluncurkan peluru kendali balistik dari wilayah barat ke lepas pantai timur pada Selasa, 4/7/2017 menjelang temu puncak pemimpin negara anggota G20 di Hamburg, Jerman pada akhir pekan ini.

Peluru kendali itu meluncur 40 menit dan kemungkinan jatuh di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang, ujar pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang pun langsung memrotes keras pelanggaran terhadap resolusi PBB itu.

Peluru kendali itu diluncurkan sekitar pukul 00.40 dari lapangan terbang di Panghyon, sekitar 100 km barat laut ibukota Korea Utara, Pyongyang, ujar militer Korea Selatan, dilansir Antara, 4/7/2017.

Korea Utara rilis foto peluncuran ICBM, 4/7/2017 (KCNA / BNO Newsroom)

Peluncuran ini adalah yang terbaru sejak Pyongyang menembakkan beberapa peluru kendali jelajah pada awal Juni dan menjelang pertemuan pemimpin Amerika Serikat, China, Jepang dan Korea Selatan, yang diperkirakan membahas upaya mengendalikan uji nuklir dan peluru kendali Korea Utara pada temu puncak G20 Pada 7-8 Juli.

Pyongyang telah berupaya untuk mengembangkan rudal bertipe nuklir yang mampu ditembakan hingga Amerika Serikat.

Pada awal pekan ini, Korea Utara menjadi topik utama dalam panggilan telepon antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan para pemimpin China dan Jepang. Para pemimpin kedua negara Asia tersebut menegaskan kembali komitmen mereka pada pelucutan nuklir di Semenanjung Korea.

Peluncuran peluru kendali pada Selasa itu juga berlangsung menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, 4 Juli. Sebelumnya, Korea Utara juga telah menembakkan rudal pada sekitar masa liburan AS ini.

Korea Utara rilis foto peluncuran ICBM, 4/7/2017 (KCNA / BNO Newsroom)

Kantor Kepresidenan Korea Selatan mengatakan Presiden Moon Jae-in mengadakan pertemuan dengan dewan keamanan nasional pada pukul 02.30 waktu setempat setelah diberitahu tentang peluncuran peluru kendali Korea Utara tersebut.

Pada pekan lalu setelah pertemuan puncak pertamanya dengan Moon, Trump meminta tanggapan pasti terhadap Korea Utara, yang menekankan kepentingan persekutuan kedua negara tersebut.

Pembicaraan Trump, Abe, Xi dan Moon

Sehari sebelum penembakan rudal Korea Utara, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan pembicaraan telepon dan menegaskan akan menambah tekanan pada Korea Utara.

Pembicaraan AS dengan Jepang ini untuk memastikan kerja sama erat Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan sebelum pertemuan puncak G20 akhir pekan ini di Hamburg, Jerman, ujar juru bicara Jepang.

Korea Utara rilis foto peluncuran ICBM, 4/7/2017 (KCNA / BNO Newsroom)

Trump juga telah mengadakan pertemuan puncak dengan Xi pada April 2017 dan mendesak China untuk memperkuat tekanan terhadap Korea Utara atas program nuklir dan peluru kendali balistiknya, yang menjadi ancaman bagi AS, Korea Selatan dan Jepang.

Sementara pada 30/6/2017 Presiden Donald Trump telah bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Gedung Putih. Trump menegaskan bahwa masa kesabaran atas program rudal nuklir dan balistik Korea Utara telah berakhir. Kini apa lagi akan dilakukan Donald Trump ?

https://youtu.be/myrH4IJJtIE

  12 Responses to “Korut Tembakkan Lagi Rudal, Apa akan Dilakukan Trump ?”

  1. Apa yang akan dilakukan Trump ?
    Seperti biasa Trump akan bilang “Kesabaran Kami Menghadapi Korea Utara Sudah Habis”.
    Ya, cuma bilang gitu doang.

  2. Dan akhirnya sesuatu keluar dari area 51 :v

  3. Kata2 ini “Trump menegaskan bahwa masa kesabaran atas program rudal nuklir dan balistik Korea Utara telah berakhir” sdh bbrpkali d ucapkan donal trompa sejak pertama d lantik… wakil presiden mami rika jg dlm lawatannya pernah mengatakan jg… sekarang malah d ece… tinggal tunggu aja tindakan donal trompa selanjutnya… kebayang kalo Rudal Nuklir Korut d tembak & meledak d Korut sndr… kira2 negara ana saja yg kena ya….??? :games

  4. Sepertinya hanya melongo dan pamer kekuatan di semenanjung korea tanpa ada action…besar mulut doang kl dg korea utara….beraninya cm sm negara2 timur tengah yg militernya lemah…

  5. Ternyata trump tdk bertaring, hanya menunggu kesabarannya habis, setelah habis, trump hanya bjsa menyaksikan rudal2 korut yg tiap hari ditembakkan…tanpa memberi sanksi lg, apa bedanya trump dgn presiden2 as lainnya…tidak bernyali pengecut dan bermental tempe!!,

  6. duit te sing ngeeennndiiiii iki korut yoo…??? kook issooo ??? ICBM lho rek….!!!

  7. Semuanya hanya hangat2 tai ayam, seperti anak2 cuma saling hardik, ledek, ancam tp tak satupun ya berani bergerak maju!

  8. Mantap korea,. Tak takut gertakan barat

  9. Langsung rudal sekalian ASU..

  10. Biar orang Laen g macem2 ya paling tdk g dibuat semena mena orang.

 Leave a Reply