Korvet Canggih Rusia Disiapkan Angkut Rudal Hipersonik

Moskow, Jakartagreater.com – Korvet Proyek 20385 Gremyashchiy yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr telah memasuki Laut Putih untuk uji coba negara, ujar kantor pers Armada Utara melaporkan pada hari Jumat, 6-12-2019, dirilis TASS.

“Selama beberapa hari, kru korvet akan memeriksa sistem dan mekanisme kapal di laut dan menguji persenjataan radio-teknis dengan bantuan penerbangan Armada Utara. Selain itu, korvet akan menguji-tembak sistem Rudal utamanya terhadap berbagai jenis target,” “Kantor pers mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Gremyashchiy adalah korvet utama Proyek 20385 yang dibangun di Severnaya Shipyard pada tanggal 1 Februari 2012 dan mengapung pada bulan Juni 2017. Corvette Proyek ini dikembangkan oleh Almaz Central Marine Design Bureau yang dirancang untuk mendeteksi dan menghancurkan kapal selam musuh dan kapal permukaan, menyediakan ruang bagi pasukan pendaratan di area green-water,

Proyek 20385 korvet memiliki bobot 2.200 ton, memiliki jangkauan operasi 3.500 mil dan daya tahan laut mereka adalah 15 hari. Mereka dipersenjatai dengan sistem Rudal universal Kalibr-NK, kompleks rudal anti-pesawat Redut dan paket teknologi perang anti-kapal selam.

Desain rudal hipersonik Tsirkon. (@ 1tv.ru)

Akan Dilengkapi rudal Hipersonik

Korvet Gremyashchiy akan dilengkapi dengan rudal anti-kapal hipersonik mutakhir Tsirkon, kata Presiden Vladimir Putin ketika ia melakukan perjalanan keliling kapal di kota Kaliningrad, Rusia barat laut, 31-10-2019, dirilis TASS.

Dengan menaiki korvet, presiden memeriksanya, serta membiasakan diri dengan sistem dan peralatan senjata. Komandan korvet, Kapten 2nd Rank Roman Dovgailov menarik perhatian presiden ke bagian haluan, di mana wadah peluncuran untuk rudal Kalibr berada, mengatakan bahwa rudal Tsirkon dapat ditempatkan di sana di masa depan.

“Pasti akan ada Tsirkon,” jawab presiden, berbicara kepada Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. Menteri tersenyum dan mengangguk. Kemudian, presiden berharap komandan itu selamat berlayar dan pengadilan negara yang berhasil.

Pekerjaan pada rudal hipersonik Tsirkon canggih yang mampu mengembangkan kecepatan hingga Mach 9 sedang berjalan dengan lancar dan akan selesai tepat waktu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pidatonya tahunan kepada Majelis Federal pada bulan Februari.

Seperti yang dilaporkan pemimpin Rusia, rudal ini mampu mengembangkan kecepatan penerbangan sekitar Mach 9 dan kemampuan jangkauannya dapat mencapai lebih dari 1.000 km. Rudal itu dapat mengenai target angkatan laut dan darat, tambahnya.

Pembawa rudal Tsirkon adalah kapal laut dan kapal selam yang dilengkapi dengan sistem rudal Kalibr. Menurut para ahli, mustahil untuk mencegat rudal ini dengan sarana pencegat rudal yang ada.

Corvette Gremyashchiy akan menjadi kapal perang pertama di Armada Pasifik yang membawa rudal jelajah Kalibr. Kapal perang itu diperkirakan mulai beroperasi dengan Armada Pasifik pada akhir 2019. Proyek 20385 akan menyiapkan hangar untuk helikopter Ka-27.

3 pemikiran pada “Korvet Canggih Rusia Disiapkan Angkut Rudal Hipersonik”

Tinggalkan komentar