Korvet Molniya Vietnam Dapat dilengkapi Rudal Moskit-E

JakartaGreater.com – Menurut beberapa sumber, yang masih belum diverifikasi, Rusia bisa menawarkan versi korvet cepat rudal Molniya (Proyek 1242.1) kepada Vietnam, yang dapat dipersenjatai dengan rudal supersonik Moskit-E, seperti dilansir dari Navy Recognition.

Saat ini, Vietnam sudah memiliki dua varian korvet Molniya di Angkatan Lautnya. Di satu sisi, 4 unit kapal Proyek 1241.RE, dipersenjatai dengan 4 rudal P-15 Termit. Dan di sisi lain, 8 unit kapal Proyek 1241.8 dipersenjatai dengan 16 rudal Kh-35 Uran-E.

Varian baru ini, Proyek 1242.1, diharapkan dipersenjatai dengan 4 rudal jelajah supersonik 3M80 Moskit-E yang mampu mencapai kecepatan hingga 3 Mach dengan jangkauan 120 km dengan membawa hulu ledak 280 kg.

Akuisisi kapal-kapal semacam itu yang dilengkapi dengan rudal Moskit telah dilakukan pada awal 2000-an, tetapi itu tidak berakhir dengan kontrak resmi antara Vietnam dan Rusia. Ini dapat dijelaskan dengan harga setiap rudal Moskit-E, terlalu mahal dalam hal akuisisi dan pemeliharaan untuk Vietnam saat itu.

Spesifikasi rudal jelajah Kalibr buatan Rusia © Federasi Ilmuwan AS

Karena itu, rumor akuisisi terbaru ini ternyata tidak berdasar. Namun, untuk modernisasi dan meningkatkan kapasitas misilnya, Angkatan Laut Vietnam tentu dapat memilih untuk mempertimbangkan upgrade korvet Molniya yang telah diakuisisi dengan penerapan rudal Kalibr-M Rusia yang baru.

Tinggalkan komentar