Korvet Tabinshwehti 773, Korvet ‘Cabe Rawit’ dengan Kekuatan Seperti Fregat

Myanmar beberapa waktu lalu menerima korvet stealth UMS Tabinshwehti 773. Ada yang menarik jika kita cermati korvet terbaru Angkatan Laut Myanmar tersebut dari pertama kali muncul saat melakukan sea trial hingga mulai bertugas bersama Angkatan Laut Myanmar.

Korvet tersebut mengalami perubahan sangat signifikan, diantaranya adalah penggantian beberapa persenjataan dan sistem radarnya.

Meski berdimensi lebih mungil, namun korvet UMS Tabinshwehti 773 sepertinya mengadopsi radar yang sama dengan fregat Kyan Shitta F14, yakni radar air search and tracking 2D RAWL-20 buatan India, radar air and surface search and tracking type 362 dan satu radar fire control Type 47 buatan China.

Korvet UMS Tabinshwehti 773 memiliki persenjataan utama meriam super-rapid Oto Melara 76 mm dan 4 rudal anti kapal C-802, dan dua canon CIWS Oto Breda yang mampu memuntahkan 600 amunisi permenit dengan jangkauan 4 – 12 km.

Nah ini yang unik, Angkatan Laut Myanmar tampaknya mengubah satu sistem persenjataan anti serangan udaranya dengan senjata canggih buatan China, yakni semula menggunakan enam peluncur rudal Strela2, kini menggantinya dengan rudal pertahanan anti pesawat FN-3000N, varian ekspor dari sistem Close-In Weapon System (CIWS) pertahanan udara jarak dekat HHQ-10 yang dikembangkan oleh China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC).

FL-3000N dirancang untuk melindungi kapal perang dari serangan beruntun rudal atau pesawat tempur musuh yang berkecepatan subsonic ataupun supersonic bahkan meski terbang sejajar dengan permukaan laut (sea skimming). FL-3000N sangat mirip dengan RIM-116 Rolling Airframe Missile (RAM) buatan Raytheon.

Untuk perang anti kapal selam, korvet tetap dipersenjatai dengan peluncur roket anti kapal selam RBU-1200 Type 81.

Angkatan laut Myanmar terus memperbesar otot kekuatan kapal perangnya, apalagi dengan mulai bergabungnya korvet ‘cabe rawit’ Tabinshwehti 773, karena meski berdimensi kecil dan ringan korvet UMS Tabinshwehti 773 memiliki persenjataan dan ‘jerohan’ setara dengan kapal perang fregat.

JakartaGreater

Leave a Reply