Jul 162017
 

ilustrasi : Street Sweeper (Trondheim Havn)

Padang – Salah satu alat yang membuat kota menjadi indah, adalah mobil street sweeper alias mobil penyapu jalan. Mobil ini beserta drivernya, biasanya bekerja di larut malam hingga dini hari di mana, lalu lintas mulai sepi. Streer Sweeper akan menyedot debu, tanah ataupun sampah yang ada di pinggir jalan. Kota akan terlihat bersih dan indah.

Mobil penyapu jalan protokol Kota Padang, Sumatera Barat yang dipilih pemkot setempat sebagai salah satu cara efektif dalam membersihkan kota akan segera beroperasi dalam waktu dekat.

“Mobil penyapu itu telah datang dari Kamis (13/7/2017), namun belum bisa langsung dioperasikan karena harus menunggu serah terima bersama pihak yang bersangkutan, yang direncanakan dalam waktu dekat ini,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin di Padang, Minggu, 16/7/2017.

Ia mengatakan untuk mengoptimalkan pengoperasian mobil penyapu jalan tersebut, pihaknya saat ini mengadakan seleksi terhadap 19 orang pegawai untuk mendapatkan delapan petugas yang nantinya bertugas menjalankan mobil tersebut.

“Nantinya sistem pengoperasian mobil dilakukan dua sesi yakni dari jam 24.00 WIB – 03.00 WIB dengan dua petugas, selanjutnya dari pukul 03.00 WIB – 06.00 WIB juga diisi dengan dua petugas,” katanya.

Pemerintahan setempat memilih untuk menggunakan mobil penyapu jalan ini untuk menghemat tenaga dan juga waktu yang diperlukan dalam membersihkan jalan protokol di kota setempat.

Dengan mobil ini juga bisa menurunkan tingkat kecelakaan di jalan yang dialami petugas kebersihan dalam membersihkan jalan. “Selama ini jika diamati petugas kebersihan sering kali telat untuk membersihkan jalan, sehingga aktivitas kendaraan telah ramai petugas masih menyapu di jalan,” ujarnya.

Sedangkan untuk petugas kebersihan yang biasanya membersihkan jalan protokol tersebut akan dipindahkan untuk membersihkan ruas jalan lain yang tidak dilalui mobil itu.

“Sebanyak 34 petugas kebersihan akan dipindahkan ke sejumlah ruas jalan seperti Jalan Siteba, Gunung Panggilun, dan jalan kota lainnya,” katanya, dilansir ANTARA, 16/7/2017.

  18 Responses to “Kota Padang Segera Operasikan Street Sweeper”

  1. Test

  2. Jkt aja belum pernah liat benda ini

  3. Klo singapore n malaysia sering liat benda ini lalu lalang bersihkan jalan

  4. Tahun 2000an kota surabaya sudah punya….

  5. bandung ada lalu lalang

  6. hm….

  7. Cocok bgt nih buat wilayah jabodetabek
    Biar agak bersihan dikit hahaha

  8. Makassar udah lama pake…

  9. kota solo sudah lama ada

  10. pantas bwt nyapu gedung kura-kura ninja

  11. Majapahit juga sudah pake …

 Leave a Reply