Kotak Hitam EgyptAir Selesai Diperbaiki

Kotak hitam pesawat EgyptAir MS804 yang jatuh di Laut Mediterania bulan lalu, sudah berhasil diperbaiki di Prancis.  Perbaikan dua perangkat perekam data penerbangan dan perekam suara di ruangan kokpit itu, membuka jalan bagi para penyidik di Mesir untuk melanjutkan analisis data guna mencari penyebab jatuhnya pesawat itu.

Dikutip dari Reuters, penyidik Mesir menyatakan perekam suara di ruangan kokpit juga akan segera diselidiki dalam beberapa jam ke depan. 

Kotak Hitam Ditemukan @Egyptian Military/Handout via Reuters

Kedua kotak hitam itu diperbaiki di Paris. Prancis sejak Senin (27/6), setelah dibawa dari Kairo, Mesir. Perbaikan dilakukan dengan cara menghilangkan endapan garam air laut dari cip memori kedua kotak hitam itu. 

Kedua kotak hitam sebelumnya diketahui rusak sehingga para penyidiki tidak dapat mengambil data.

Kedua kotak hitam selanjutnya akan dikirim kembali ke laboratorium di Kairo untuk dianalisis.

Pesawat EgyptAir MS804 jatuh ke Laut Mediterania pada 19 Mei lalu dalam perjalanan dari Paris ke Kairo. Pesawat hilang dari radar ketika sudah mendekati bandara di Kairo di atas Laut Mediterania. Dalam insiden itu, sebanyak 66 penumpang dan kru pesawat tewas. Hingga kini, masih sedikit jasad penumpang dan puing pesawat yang ditemukan.

Hasil analisis kotak hitam diharapkan akan membantu para penyidik dalam menjawab teka-teki mengenai apa yang terjadi setengah jam terakhir sebelum pesawat jatuh.