Jul 242017
 

Jet pelatih tempur canggih buatan Iran yang disebut “Kowsar”. © Tasnim

Jet pelatih tempur canggih buatan Iran yang disebut “Kowsar”, sedang diatur untuk segera melakukan penerbangan perdana di kuartal ketiga tahun 2017. Kabar tersebut datang dari media lokal Iran, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Saat ini, jet pelatih tempur Kowsar buatan Iran tersebut telah menjalani uji coba taksi yang disiarkan melalui media nasional dan diposkan ke YouTube pada tanggal 20 Juli yang lalu. Kini, rencananya militer Iran akan segera mengerahkan jet pelatih baru Kowsar dalam 2,5 tahun kedepan atau awal 2020.

Kowsar adalah jet pelatih modern berkursi ganda atau pesawat tempur serang darat ringan dengan bobot lepas landas maksimum 6.180 kg. Jet pelatih modern ini didukung oleh dua buah mesin J90, yang merupakan adaptasi domestik dari mesin turbojet J85 buatan General Electric, Amerika Serikat.

Jet pelatih Kowsar Iran yang baru ini, terlihat seperti pesawat AIDC AT-3 Tzu Chung yang dikembangkan oleh Aerospace Industrial Development Corporation (AIDC) Taiwan, hasil kerjasama dengan produsen pesawat Amerika yaitu Northrop pada tahun 1984 – 1990.

Bagikan :

  10 Responses to “Kowsar, Jet Latih Tempur Buatan Iran Segera Uji Terbang”

  1.  

    Sukses deh buat Iran, kami segera menyusul dengan IF-X, klo jadi dan gak meleset sih

  2.  

    Jika dilihat dari konstruksi peletakan mesin dan nozzle buangnya, kok spt nya riskan sekali ekornya terpapar panas semburan dr nozzle yaa.! Sepertinya bagian ini yg umur perawatannya jd semakin pendek.

  3.  

    pesawatnya ko sederhana sekali mirip mainan anak gw

  4.  

    itu lho,.. air intake nya,….

 Leave a Reply