Kremlin: Tak Ada Proposal Perlucutan Senjata dari AS

Gorbachev dan Reagan menandatangani Perjanjian INF, 1987. (White House Photographic Office – National Archives and Records Administration ARC Identifier 198588, courtesy Ronald Reagan Presidential Library via commons.wikimedia)

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada Sputnik pada hari Minggu bahwa Moskow belum menerima proposal yang jelas dari Washington sehubungan dengan negosiasi pelucutan senjata.

“Belum ada proposal yang jelas yang diterima,” kata Peskov.

Sebelumnya pada hari itu, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, John Bolton, mengatakan bahwa dia tidak mengesampingkan pembicaraan kontrol senjata baru antara Washington dan Moskow, tetapi menyarankan bahwa Beijing juga harus dimasukkan dalam mereka.

Pada 2 Februari, Amerika Serikat secara resmi menangguhkan kewajibannya berdasarkan Perjanjian INF dan memicu proses penarikan enam bulan. Washington mengatakan akan mengakhiri prosedur ini jika Rusia setuju untuk patuh dengan pakta tersebut.

Moskow juga telah menangguhkan keikutsertaannya dalam perjanjian itu, dengan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menginstruksikan pemerintah negara itu untuk tidak memulai pembicaraan baru dengan Washington mengenai masalah ini. Putin menekankan bahwa semua proposal Rusia sebelumnya tetap di atas meja.

Pada bulan Oktober, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan niat negaranya untuk mundur dari Perjanjian INF atas dugaan pelanggaran perjanjian tersebut oleh Rusia. Moskow membantah tuduhan itu, dan menambahkan bahwa Washington sendiri telah melanggar kesepakatan.
 
Sumber: Sputnik News

Tinggalkan komentar