Agu 112019
 

KRI Banda Aceh-593 di Dermaga Porasko Satrol Lantamal X Jayaura.

Jayapura, Jakartagreater.com,  Wadan Lantamal X Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E. didampingi Liaison officer (LO) Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Laut (P) Ermawan Susilo mewakili Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika menyambut kedatangan KRI Banda Aceh-593 dan KRI Teluk Parigi-539 dalam rangka Serpas Satgas Pamtas RI-PNG bertempat di Dermaga Porasko Satrol Lantamal X dan dermaga umum Kota Jayapura, pada Sabtu 10-8-2019.

KRI Banda Aceh-593 yang di Komandani Letkol Laut (P) Ali Setiandy, M. Tr (Hanla), M.Tr (Han) merupakan salah satu kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) ini membawa para prajurit Raider yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – PNG Yonif Raider 509 Kostrad.

Kedatangan satuan yang dipimpin oleh Letkol Inf Wira Moharromah, S.H. selaku Komandan Satgas ini, sebelumnya dilepas oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP, M.Si, M.Tr (Han) dalam upacara keberangkatan yang dilaksanakan di Dermaga Ujung, Mako Koarmada II, Surabaya, Rabu 31-7-2019.

Sedangkan KRI Teluk Parigi-539 yang di Komandani oleh Mayor laut (P) Tri Hidayat, S.Sos, melaksanakan operasi angkutan laut militer mendukung pergeseran pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) 713/Satya Tama, yang akan mengemban tugas operasi Pengamanan Perbatasan Darat RI dengan Papua Nugini (PNG).

Pada kesempatan tersebut Wakil Komandan Lantamal X Jayapura juga memberikan arahan mengenai situasi dan kondisi di Jayapura meliputi politik, sosial dan budaya, serta keadaan yang menonjol di daerah setempat sebagai acuan dan panduan untuk para Anak Buah Kapal (ABK) apabila akan melaksanakan pesiar selama berada di Jayapura. (tnial.mil.id).