Jul 082014
 

https://i1.wp.com/batamtoday.com/media/news/1404705977830.jpg?resize=488%2C353

Ratusan keramik berupa BKMT dan 22 pelaku pencurian yang diamankan di Mako Lanal Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam – Aksi pencurian harta karun barang muatan kapal tenggelam (BMKT) di perairan Karang Heluputan, Bintan, masih terjadi. Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Guskamlaarmabar) TNI Angkatan Laut, pada Kamis (3/7/2014), telah mengamankan 675 keramik, 22 pelaku, dua kapal dan alat-alat selam, saat menjarah BKMT di perairan tersebut.

Komandan Guskamlaarmabar, Laksamana Pertama Harjo Susmoro, di Mako Lanal Batam mengatakan, aksi pencurian tersebut berhasil digagalkan oleh Kapal Republik Indonesia (KRI) Beladau 643 yang sedang patroli dan menangkap dua kapal di perairan Helupuran, KM Sentosa dan KM Jangoi yang sedang melakukan aktivitas penyelaman.

“Saat patroli, KRI Beladau 643 memergoki ada dua kapal yang berada di sebelah selatan Karang Heluputan. Ketika didekati, ternyata mereka tengah melakukan penyelaman untuk mengambil harta karun. Mereka sempat mencoba kabur, tapi berhasil ditangkap,” kata Harjo, Senin (7/7/2014).

Setelah diamankan kata Harjo, petugasnya langsung memeriksa dan melakukan penggeledahan kapal. “Kita berhasil menemukan barang-barang keramik dari kapal-kapal yang tenggelam. Bentuknya juga berbeda-beda, ada cawan berjumlah 294, 41 piring besar, 320 piring kecil, 1 cangkir, 7 tutup guci, 2 mangkuk, 2 cepuk serta 4 tuup mangkuk,” jelas Harjo.

Jika pengambilannya sesuai dengan prosedur sehingga bisa membuktikan bahwa benda-benda tersebut berasal dari kapal yang tenggelam ratusan tahun silam, menurutnya, nilai semua barang yang berhasil diamankan bisa mencapai Rp4,2 miliar.

“Diperkirakan keramik ini bervariasi peninggalan sejarahnya. Ada dari peninggalan Dinasti Ming, Dinasti Cing dan Dinasti Yuan. Yang membuat nilainya tinggi karena setiap benda hiasannya tidak sama, pasti memiliki perbedaan karena dibuat dengan tangan,” jelasnya.

Untuk proses selanjutnya, lanjut Harjo, hasil tangkapan yang diamankan baik pelaku dan barang bukti diserahkan ke Lanal Batam. “Kita serahkan proses selanjutnya ke Lanal. Setelah itu harta karun yang diamankan akan diserahkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Batam sebelum dititipkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Batusangkar untuk diteliti,” tutupnya.

Sementara untuk 22 tersangka akan dijerat dengan pasal 26 ayat (4) jo pasal 103, pasal 66 ayat (2) jo pasal 106 ayat (1) dan pasal 67 ayat (1) jo pasal 107 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dengan ancaman pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 10 tahun atau denda paling sedikit Rp250 juta atau paling banyak Rp2,5 miliar.

Kemudian, para pelaku juga dikenakan pasal 204 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dengan hukuman pidana penjara paling sedikit 3 bulan dan paling lama 10 tahun atau denda paling sedikit Rp150 juta dan paling banyak Rp1 miliar. (batamtoday.com)

  92 Responses to “KRI Beladau 643 Amankan Harta Karun Heluputan Senilai Rp4,2 Miliar”

  1. Lanjutkan……!!!!

  2. Test

  3. pertamax

  4. Lanjutkan…amankan NKRI.

  5. dapat oplosan kah…

  6. kalau ada yg punya KRI Beladau gambarnya yg seperti apa ya, fully senjata kah.

  7. nebeng

  8. Selalu bermimpi nemu harta karun, supaya tidak perlu kerja keras lagi 😀
    Tp beda dgn di luar negeri, menurut hukum di indonesia harta karun itu milik negara ya

  9. 10 besar lagi k.. ijin nyimak

  10. test

  11. KRI Beladau sepertinya baru launching kmren nih Bung..

  12. good job.. ngomong2 aturan negara untuk penemuan harta karun spt apa ya? kalo di inggris 50:50

  13. Sedikit info untuk Warjagers, Operasi penegakan kedaulatan dan hukum di wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia yang diimplementasikan dalam gelar Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam bentuk penangkalan maupun penindakan. Operasi Keamanan Laut, selama tahun 2013 yang lalu telah dapat memberikan kontribusi kepada negara melalui putusan pengadilan dalam bentuk denda kepada pemilik kapal yang melakukan pelanggaran.

    Dilaksanakan oleh Koarmabar dan Koarmatim selama 300 hari. Gelar operasi TNI Angkatan Laut Tahun 2013 didasarkan pada perkembangan lingkungan strategis serta prediksi ancaman yang ada. Jenis operasi diselaraskan dengan jenis operasi Mabes TNI yaitu dalam bentuk OMP dan OMSP. Untuk kegiatan operasi dalam rangka penegakan kedaulatan di wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia yang diimplementasikan dalam gelar operasi militer perang (OMP) yaitu:
    1) Operasi Intelijen Maritim.
    2) Operasi Pengamanan Perbatasan (RI-RDTL-Australia, RI-Philipina, RI-Vietnam, RI-Papua Nugini-Palau).
    3) Operasi Pengamanan Pulau-Pulau Terluar.
    4) Operasi Mallaca Strait Sea Patrol (MSSP).
    5) Operasi Siaga Tempur Laut.

    Sedangkan kegiatan operasi dalam rangka menjaga keamanan dilaksanakan serangkaian kegiatan Operasi militer selain perang (OMSP), yaitu:

    1) Operasi Patroli terkoordinasi (Patkor Indosin, Patkor Malindo, Patkor Indindo, Patkor Optima, Patkor Philindo, Patkor Ausindo, Patkor Indothai).
    2) Operasi Pengamanan Obyek vital Nasional.
    3) Operasi Pengamanan VVIP.
    4) Operasi Perdamaian Dunia.
    5) Operasi Bantuan Kepada Polri.
    6) Operasi Bantuan Bencana.
    7) Operasi SAR.
    8) Operasi Bantuan kepada Pemerintah.
    9) Operasi Keamanan Laut.
    10) Operasi Pengamanan ALKI.
    11) Operasi Gaktib dan Yustisi.
    12) Operasi Patroli Udara Maritim EIS.
    13) Operasi Surta TNI.
    14) Operasi Angkutan Laut Militer.

    Kegiatan OMP dan OMSP tersebut diatas telah digelar sepanjang tahun dibawah kendali Panglima TNI sebagai berikut:

    1) Operasi Keamanan Laut, selama tahun 2013 telah dapat memberikan kontribusi kepada negara melalui gelar operasi yang dilaksanakan oleh Koarmabar dan Koarmatim selama 300 hari.
    2) Pengamanan ALKI.
    (a) ALKI I, Dilaksanakan oleh Koarmabar selama 300 hari dan Koopsau I selama 60 hari.
    (b) ALKI II dan III, Dilaksanakan oleh Koarmatim selama 300 hari dan Koopsau II 120 hari.
    3) Operasi Udara.
    (a) Operasi Pertahanan Udara Pasif dan Pertahanan Udara Terkoordinasi Malindo. Dilaksanakan oleh Kohanudnas selama 300 hari.
    (b) Patroli Udara (Patud), Pengamatan dan Pengintaian Udara (Matud). Dilaksanakan oleh Koopsau I dan II.

    Operasi-operasi yang dilaksanakan tersebut, telah mampu melaksanakan penegakan hukum dan menjaga keamanan di wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia sepanjang tahun. Dari pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan baik itu merupakan operasi matra maupun operasi gabungan dapat disampaikan bahwa output atau Realisasi (capaian) kinerja penegakkan hukum dan penjagaan keamanan di wilayah yuridiksi nasional adalah sebagai berikut:

    1) Operasi Keamanan Laut, selama tahun 2013 telah dapat memberikan kontribusi kepada negara melalui putusan pengadilan dalam bentuk denda kepada pemilik kapal yang melakukan pelanggaran. Dilaksanakan oleh Koarmabar dan Koarmatim selama 300 hari. Hasil dari pelaksanaan operasi di perairan yurisdiksi nasional adalah dilaksanakannya pemeriksaan terhadap 2.818 kapal dengan rincian:
    a) 1.172 kapal ikan Indonesia
    b) 36 kapal ikan Asing
    c) 94 kapal angkut kayu
    d) 1.516 kapal lain

    Dengan adanya pemeriksaan terhadap kapal kapal yang dicurigai yang dilaksanakan oleh unsur TNI Angkatan Laut tersebut akan memberikan daya tangkal yang cukup besar terhadap upaya-upaya untuk mengganggu kedaulatan NKRI dan melanggar hukum oleh pihak-pihak tertentu.

    2) Pengamanan ALKI.
    a) ALKI I. Dilaksanakan oleh Koarmabar selama 300 hari dan Koopsau I selama 60 hari. Hasil operasi memeriksa 86 kapal, diijinkan berlayar 85 kapal dan 1 kapal dalam proses hukum.
    b) ALKI II dan III. Dilaksanakan oleh Koarmatim selama 300 hari dan Koopsau II 120 hari. Hasil operasi memeriksa 212 kapal, diijinkan berlayar 210 kapal dan 1 kapal dalam proses hukum.
    3) Operasi Udara.
    a) Operasi Pertahanan Udara Pasif dan Pertahanan Udara Terkoordinasi Malindo. Dilaksanakan oleh Kohanudnas selama 300 hari.
    b) Patroli Udara (Patud), Pengamatan dan Pengintaian Udara (Matud). Dilaksanakan oleh Koopsau I dan II. Hasil operasi dapat mendeteksi dan memfoto 4.672 sasaran, dengan rincian:
    (1) 1.338 kapal barang.
    (2) 937 kapal tanker.
    (3) 11 kapal nelayan.
    (4) 17 kapal container.
    (5) 142 kapal penumpang.
    (6) 124 kapal tunda.
    (7) 401 kapal other ship.

    • Masih sempat Bung PS posting panjang2 gitu… bukannya lg siaga 1 bang? Kirain lg di selatan nyari kerang? :mrgreen:

      • hehehe… saya siaga 1 di Mako bung, makanya belum sempet keselatan buat nyari kerang lagi hahaha…. :mrgreen:

        • bung PS .. oot, masalah kisruh di kedubes indonesia di hongkong apa ada info :mrgreen:

          • ada Bung, yang jelas itu disengaja dan dibesar-besarkan oleh pihak-pihak tertentu alias “ular” hehehe… jangan lihat berita mengenai itu di sosmed soalnya itu sudah di blow up habis-habisan tapi lihat release berita resmi yang di KPU bung, hati-hati untuk Warjagers semua :mrgreen:

          • parahnya tu ular punya potensi menang…x_X

          • Saya punya teman di Hongkong beliau memberi tahu bahwa pada saat itu KPU sudah ditutup karena pada saat itu sudah sepi dan tidak ada yang mau mengantri lagi lalu setelah di tutup kemudian ada sekitar 200 orang yang sengaja berbondong-bondong datang dan membuat kericuhan. Memang ular-ular itu licik sekali, semoga bung ps dan tni dapat mengamankan pilpres bsk. Hehe disini juga siaga 1 bung salam hangat 🙂

          • Kejadian disana kelihatannya diseting untuk diblow up agar kata kunci “KECURANGAN” bisa dimanfaatkan..
            kemarin diartikel saya sudah saya singgung,,ehh muncul modus kata Kecurangan,,
            Para Ular ada aja cara nya .

            Menurut Info yang kami terima ,pelaksaanan coblosan disana menggunakan fasilitas umum yang tentunya ada ijin dan waktu yang ditentukan oleh otoritas setempat,’
            Bila memang jam operasional ijinnya sudah melewati yaa ditutup,, memangnya di laksanakan di Indonesia yang terkenal dengan jam karet,??, disana harus disiplin kalau tidak akan kena sanksi,

            Bahkan di TPS dalam negeri pun dibatasi waktunya,bila waktu pencoblosan sudah berakhir dan ada kerumunan massa yang datang bersamaan menuntut TPS nya dibuka lagi ,,apakah itu tidak melanggar aturan ??

            Berita ribuan orang adalah penyesatan yang ada adalah ratusan orang ,, bumbu diperbolehkan mencoblos dan dibuka lagi bila memilih capres tertentu itu juga setingan,,
            Gongnya akan dilaporkan ke PBB dan pihak Internasional.
            sempurna skenarionya,,

            Bukankah Victoria Park sudah terkenal tempat nongkrongnya TKW Indonesia ?? apakah mereka tidak tahu sosialisasi jam jam pencoblosan ?? ataukah sudah dimanipulasi oleh ular ??

          • kedua kubu pasti pengennya menang,jd sgala cara di tempuh..kotor? Mungkin dua2nya melakukan..cm pasti ada satu yg terlalu kotor..
            Tinggal masyarakat yg menentukan,pilih yg ga terlalu bersih atau pilih yg terlalu kotor!

          • dr info di web itu mrk tdk masuk dlm DPT, jk benar demikian maka tdk mungkin bisa nyoblos, lha wong di dlm negeri aja yg tdk terdaftar dlm DPT tdk bisa nyoblos, kecuali jk gunakan form A5

          • Yang tidak terdaftar dalam DPT bisa mencoblos asal menunjukan KTP yang beralamat sama sesuai dengan TPS setempat dengan syarat Kertas suara masih tersisa dan dilakukan setelah selesai waktu normal pencoblosan,,

            Jadi bila saya misal didaerah A mempunyai KTP daerah A dan tidak terdaftar didpt daerah A
            Maka saya boleh mencoblos mempergunakan KTP di TPS daerah A tersebut.. dijam 12 sampai jam 1 siang asal surat suaranya masih ada..

            Modus calon pemilih ini yang akan dipakai tetapi sayang waktu dan surat suara sudah habis
            saya melihatnya begitu

          • benar bung satrio, makasih penjelasannya.

          • disini agak sedikit berbeda,tidak bisa warga non domisili memilih hanya dengan menggunakan ktp asal..saya menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh kelurahan tempat saya mencoblos sekarang..

          • Apapun yang terjadi, saya percaya dengan perkataan bung satrio.. karena saya yakin bbrp warjagers tau permainan ular-ular ini .. Salam hangat untuk semua

    • operasi sedemikian banyak, diperlukan alutsista yang sangat memadai untuk bisa mengcover ini semua..

  14. Pengorbanan orang tua yang menafkahi keluarga, mencari biaya untuk mudik dan lebaran, eehh… malah tersangkut kasus hukum.

    UUD 1945 Pasal 33 ayat 3 : “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”

    Mungkin para pelaku melanggar UU ini ya..! Tetapi kalau pemerintah sendiri yang melanggar UU tersebut diatas, lalu siapa yang akan menangkap dan mengadili pemerintah…?

    Note : siap salah en siap dikoreksi

  15. selamat siang @bung PS salam kenal..mohon maaf keluar dari topik…mau tanya apa kah benar kita sudah punya Kirov-Class Battlecruiser,? trima kasih

  16. gak didarat gak dilaut,,, harta Indonesia masih tersimpan banyak. tinggal kita cari tahu bagaimana untuk ekplorasinya…
    INDONESIA KAYA DAN MAKMUR

    • halo bung @adry……ane pernah ketemu nih, sama amatiran yg kerjanya ginian, di sekitar bekasi utara…di rumahnya ada banyak barang ga jelas dari mana..ada katana segala..

      • halo juga bung @wisnu_dewe… salam kenal bung.
        kolektor mungkin tuh atau pecinta barang” kuno/antik, klo saya sih nggak tertarik dengan koleksi”an hahaha. kita harusnya lebih bijak aja memiliki barang” kyk gitu. jangan smpai saking kita sukanya jadi malah mengeksploitasi bukan mengeksplorasi. barang yang ga jelas dan ga tau asalnya saya rasa nilai ekonomi dan sejarahnya gak ada. kita jaga harta warisan dari nenek moyang kita dengan menjaga asal usulnya agar sejarah tidak dilencengkan begitu saja.

  17. th 1822 kapal TekSing bobot 1000 ton tenggelam di perairan Bangka Belitung.
    th 1999 Michael Hatcher org Aussie/Inggris angkat harta TekSing dg isi lebih dari 1 juta keping keramik, dijual lelang tanpa setahu kita.
    status akhir : pencurian harta karun, hanya sedikit yg dpt disita negara.
    *** msh byk harta karun di laut, sy yakin kita mampu mengambilnya daripada dijarah org
    asing

  18. mau tanya bung PS.. klo TNI siaga 1 brti siap perang kan bung?? kok beda sma pemilu2 sebelumnya

  19. absen sini ah mumpung sepi 😀

  20. Wah om PS sebegitu besarkah ancaman di Pilpres bsk,Puput jd was2 om.tp Puput tetp yakin dan mudh2 an,Pilpres bsk bs di laksanakan dengan Aman,lancar dan tetap jg Persatuan.minimal ya tdk terprovokasilah….
    Slamt bertugas ya om PS beserta Pengawal-Pengawal NKRI lainnya,..

  21. wah

  22. Coba buka blog militernkri.blogspot.com 11/ 12 sama Jakartagreater. TNI AL sudah pesan T90 untuk Marinir ada juga info battle cruiser ex papa bear untuk AL. Beritanya model hoax2 tapi ngga hoax gitu!

    • @Bung BH Down, blogspot tsb spt nya baru sebatas gambaran tentang pilihan alutsista yang mungkin akan di akuisisi oleh TNI, belum menunjukkan kepemilikan selain MBT Leopard.

  23. Tes

  24. Seharusnya dibuat aturan/UU yang mana barangsiapa bisa menemukan dan mengambil harta karun dilaut diberi hadiah/penghargaan atau profit sharing dari keuntungan penjualan harta karun yang ditemukan, jadi jangan asal sikat diberi hukuman sementara upaya pemerintah untuk menemukan dan mengangkat harta karun dilautan NKRI boleh dibilang kagak pernah ada

    • betoel bung ayoeng setuju diberi hadiah …. kalo angkat harta karun laut sdh sering dilakukàn, pd jaman orde baru di pimpin oleh salah satu tokoh terkenal, cuma hasilnya gak ngertos…

  25. Lapor rt 3 siap siaga, kondisi lapar terkendali

  26. Siap TPS ane aman terkendali …
    Mari jaga persatuan dan kesatuan …

  27. Maaf di sini ini tempat diskusi tentang pertahanan diskusi tentang pemilu.sedikit memberi saran.alangkah lbih baiknya bila dalm blok2 seperti ini kita gunakan berdiskusi sesuai tema utama,dan kalo bisa,menghilangkan kata2 pertamak dan kata2 yg sdikit tdak pada jalur.karna para pembca d blok2 sperti ini bkan hnya dari wni saja,tapi sangat luas jangkauanya.agar negara lain dapat melihat betapa cinta nya rakyat indonesia pda bangsanya,dan betapa ber bobot nya diskusi2 dan pngethuan generasi muda indonesia.ingat martabat bangsa ada di tangan kita semua,bukan hanya dri kalangan atasan,sipil ataupun militer,tetapi juga dari seluruh warga negara indonesi. . . Terima kasih.salam NKRI

    • saya setubuh dgn anda soal komen tidak boleh keluar tema.
      tapi kalo pertamax dst itu hanya menunjukkan semangat warjager mengikuti posting baru dan sudah jadi tradisi unik. mungkin bung BM belum lama jadi pembaca jkgr, jadi tidak terbiasa dgn komentar balapan numero uno…santai aja bung dan mari kita nikmati sama2

  28. Bagaimana commandante?..selama ini perantauan bawah laut adakah mengetahui ihwal isu mengenai situs-situs peninggalan sejarah nusantara di alki 1 dan laut jawa. Hanya intermezzo commandante..

  29. Kehadiran Sukhoi-37 Terminator Super Flanker (Flanker-F) di Indonesia

    Hadir lagi sosok mengejutkan dari Sukhoi yang sudah berdatangan ke negeri ini, yakni Su 37 Terminator mengisi arsenal TNI AU untuk jajaran wilayah timur dan selatan. Camo yang mirip dengan Sukhoi tetangga namun berkursi tunggal layaknya Su-27/35, yang mampu lepas landas secara vertikal (VTOL) dan cocok untuk bandara yang memiliki panjang runway pendek.

    Sebagian besar lahir di Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir 70-an dan lebih luas selama dekade berikutnya teknologi dorong vectoring hasil dalam manuver hiper pesawat yang memiliki mereka, berkat penambahan nozel diatur dalam Tips reaktor. Untuk melakukan hal ini produsen pesawat terinspirasi pendaratan sistem lepas landas pejuang dukungan VTOL vertikal seperti Harrier II . Namun, vectoring thrust dalam penerbangan jauh lebih rumit untuk diterapkan daripada transisi dari vertikal ke horisontal penerbangan. Itulah sebabnya ada jauh lebih sedikit jet dengan teknologi ini sebagai VTOL. Yang paling sukses dari pesawat ini tidak diragukan lagi jet tempur Rusia Sukhoi Su-37 .

    Pada tahun 80-an Sukhoi memutuskan untuk memulai program yang sangat mahal, terutama karena kasus Uni Soviet tampaknya kosong dengan kecepatan tinggi, untuk mengembangkan untuk kebutuhan pemburu Angkatan Udara Depan kerja berbasis teknologi tinggi di putar nozzle thrust vectoring. Tetapi untuk mengurangi biaya yang meramalkan produsen memusingkan memutuskan untuk mendasarkan pesawatnya on / strong> prototipe T-10S-70, turunan dari perangkat Su-27 Flanker , dan yang terus garis besar.

    Sebenarnya mengungkapkan kepada dunia pada tahun 1997 di Salon du Bourget Su-37 dengan cepat menyalakan imajinasi penggemar penerbangan, tetapi juga dan terutama militer. Terutama karena pesawat jauh lebih bermanuver daripada X-31 prototipe yang dikembangkan bersama oleh Amerika Serikat dan Jerman lima belas tahun yang lalu muncul.

    Pada tahun 2008, Rusia masih telah mengumumkan niatnya untuk memesan serangkaian dua puluh salinan super tempur Sukhoi. Ini tersedia pada tahun 2013. Namun pandangan dari wilayah Rusia yang luas tetapi juga ukuran dari penerbangan militer di negeri ini, pesawat dua puluh ini tampaknya memiliki peran propaganda maka démonstration.Quoi Entah Sukhoi Su-37 tampaknya menjadi salah satu pesawat paling maju dalam pertarungan Rusia, selain tingkat dari Su-47 atau MiG- 29SMT .

    • bung@Bapak Besar,,,perut saya mual,,,hoooex,,,hooeeex,,,salam hehehe

    • Su-37 itu VTOL?? setau saya kok ndak ya bung Bapak Besar?

    • itu artikel dari BP apakah terjemahan g translate, kok bacanya kayak gmna gtu

    • itu artikel dari BB apakah terjemahan g translate, kok bacanya kayak gmna gtu

    • Setau sy rusia cm punya satu pesawat yg punya kemampuan VTOL yaitu Yak-38 Forger.Di tempatkan di carrier rusia th 73 s/d 87 trs skrg dah pensiun semua…persenjataannya pun ringan jd gak layak buat ngelawan jet jet NATO yg ngegotong persenjataan bejibun…

      Dan yg jelas bkn VTOL terbaik tp pesaing terberat Harrier…untuk saat ini karena F35 yg jg VTOL blm operasional…

    • :mrgreen:

    • Sukhoi Su-37 Terminator Super Flanker (Flanker-F)

      Sumber: Wikipedia Indonesia

      http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/18/Su37_2.jpg

      Sukhoi Su-37 (kode NATO: Flanker-F) adalah pesawat tempur multi-peran buatan Rusia. Pesawat Su-37 adalah prototipe pesawat buru sergap dan serang berkursi tunggal, segala cuaca, yang dikembangkan dari Su-27. Pesawat ini melakukan tes terbang pertama kali pada bulan April 1996 dari Pusat Ujicoba Terbang ‘Zhukovsky’ di dekat Moskow.

      Pesawat Sukhoi Su-37 adalah salah satu varian pesawat tempur bermesin jet yang dirancang oleh pabrikan pesawat Sukhoi di Rusia. Pihak NATO menyebut pesawat tempur ini dalam laporannya dengan kode Flanker-F. Pihak Sukhoi sendiri menyebutnya dengan nama Diablo. Pesawat Sukhoi Su-37 Flanker-F merupakan jet tempur multi-peran berkursi tunggal dan bermesin ganda. Oleh Sukhoi, pesawat ini hanya dijadikan sebagai peraga teknologi untuk mengembangkan beberapa kemampuan sebuah pesawat tempur yang mereka produksi.

      Pesawat Su-37 dikembangkan berdasarkan desain Su-27. Modifikasi yang dilakukan misalnya pada sistem avionik dan sistem persenjataan. Pengembangan yang paling mencolok adalah pada nozzle vector pendorongnya. Nozzle vector ini yang membuat Su-37 mampu melakukan manuver terbang yang sebelumnya hampir tidak mungkin dilakukan oleh pesawat tempur lain.

      Sebagai pesawat tempur peraga teknologi atau eksperimental, pihak Sukhoi hanya membuat 2 unit Su-37. Prototipe pertama berhasil melakukan penerbangan perdana pada tanggal 2 April 1996 yang kemudian disusul oleh penerbangan perdana prototip kedua pada tahun 1998. Meskipun telah menunjukkan banyak kemampuan taktis sebagai pesawat tempur, namun belum pernah terdengar informasi bahwa pihak Sukhoi akan memproduksi Su-37 secara massal.

      Data Spesifikasi Sukhoi Su-37 Terminator Super Flanker

      Kokpit
      Bagian kokpit dilengkapi dengan empat layar Kristal cair yang menyajikan data taktis dan navigasi, monitor system onboard, dan panel kontrol kondisi operasi penerbangan. Untuk pilot tersedia stik pengendali pesawat, juga kontrol avionik untuk mengendalikan dan mengukur tekanan pada mesin pendorong. Keseluruhan sistem avionik pada Su-37 dibuat oleh perusahaan Kronstadt yang berkedudukan di St Petersburg.

      Persenjataan
      Pesawat Sukhoi Su-37 Flanker-F bisa membawa 14 unit rudal Udara-ke-Udara dan persenjataan lainnya dengan total berat 8.000 kg. Untuk persenjataan eksternal, pesawat tempur ini menyediakan 12 cantelan untuk rudal, bom, roket, dan sebuah pod ECM (electronic countermeasures) untuk peperangan elektronik. Pesawat ini juga dilengkapi satu unit meriam mesin GSH-301 kaliber 30mm dengan 150 peluru .

      Pesawat Su-37 bisa dilengkapi dengan rudal Udara-ke-Udara jarak pendek R-73E berpandu infra merah dan rudal Udara-ke-Udara jarak jauh RVV-AE dengan panduan radar aktif. R-73E (pihak NATO menyebut dengan nama AA-11 Archer) adalah rudal yang mampu melakukan pengejaran target dari ketinggian 0,02 km hingga 20 km. Sedangkan RVV-AE (pihak NATO menyebut dengan nama AA-12 Adder) juga dikenal dengan nama RR-77, dapat mencegat target dengan kecepatan hingga 3.600 km/jam pada ketinggian 0,02 km hingga 25 km.

      Selain itu, Su-37 juga bisa dilengkapi dengan rudal Udara-ke-Permukaan seperti rudal jarak pendek Kh-25 (AS-12 Kegler) dan Kh-29 (AS-14 Kedge) yang memiliki hulu ledak 317 kg.

      Sensor
      Pesawat Su-37 dilengkapi dengan sensor multi-fungsi. Misalnya radar Doppler NO-11M yang bisa melacak hingga 15 target secara simultan untuk mengunci target dan memandu penembakkan rudal Udara-ke-Udara. NO-11M diproduksi oleh NIIP, lembaga penelitian ilmiah desain instrume Tikhomirov.

      Selain itu juga tersedia radar NIIP NO-12 untuk pengendali tembak dan peluncuran rudal, sistem antisipasi pertempuran, pemetaan, dan sistem persenjataan yang terintegrasi.

      Spesifikasi (Su-37)

      Ciri-ciri umum

      Kru: 1, pilot
      Panjang: 22.183 m (72 ft 9 in)
      Rentang sayap: 14.7 m (48 ft 3 in)
      Tinggi: 6.43 m (21 ft 1 in)
      Luas sayap: 62.0 m² (667 ft²)
      Berat kosong: 18,500 kg (40,790 lb)
      Berat maksimum saat lepas landas: 35,000 kg (77,160 lb)
      Mesin: 2 × Lyulka AL-37FU turbofans, 145 kN (32,000 lbf) masing-masing
      Kinerja

      Laju maksimum: Mach 2.30 (1,550 mph [2])
      Jangkauan: 3,700 km (2,230 mi)
      Langit-langit batas: 18,000 m (59,100 ft)
      Persenjataan

      1 × 30 mm Gryazev-Shipunov GSh-30-1 cannon with 150 rounds
      12 × wing and fuselage stations for up to 8,200 kg (18,080 lb) of ordnance

  30. senyum bung@ Erich sungguh misterius hehe salam

  31. Sekilat Inpoh Gituu! – Pemerintah Rogoh Rp 500 Miliar untuk Kapal Canggih Anti Maling Ikan di Laut –

  32. soft leaks neeh… hehehe…
    presiden lagi yang ngomong… Thanks alot pak Arjuna Sasrabahu..

  33. -di tanya tentang cirov battle cruiser bung pocong syreeem hanya tersenyum,
    -ditanya tentang SU-37 flanker termintor bung erich hanya tersenyum,
    -klo d cerna dari senyuman para sepuh ini sptx ni barang dah ada di indonesia deh.hehe,,maaf cm pendapat ane doank se.

    • Berharap bangeet yaaa bung…. hehehe
      Apa yang dikatakan atau leak2 dari sesepuh bukan berarti yang gahar2 tu dah dah pada dimari lho bung. Gak segampang kita beli mobil atau sepeda motor soalnya bung untuk mendatangkan senjata gahar tersebut. Perlu banyak persiapan untuk memiliki yang gahar itu. Infrastruktur, kemampuan sdm, struktur organisasi yang harus terstruktur dulu, dan yang penting pemerintah kita juga satu suara dengan TNI. Bisa jadi yang gahar itu masih dalam proposal bahkan rencana jangka panjang. Dan ingaat skala prioritas juga pasti ada. Dalam memang dengan pembangunan2 yang ada sekarang secara logika emang tracknya kesana kx bung.
      Maaf pendapat kuli bangunan..Cmiiw

  34. bingung juga..klo ga mau di curi ya di amankan dulu harta karunnya…cb pemerintah cari sampe tuntas tuh semua harta karun di laut indonesia,klo udeh diamankan semua kan ga mungkin ada yg mau nyari2 lg..jgn lah org yg udeh cape2 nyelem br di teriakin maling,org nyari itu jg pake dana yg tdk sdkt serta bertaruh nyawa..blm tentu jg brg bukti diserahkan 100%,.(rame nih)

  35. mantabbb. makin percaya diri. NKRI JAYA

  36. berharap bangeeet bung@kuprit,,bahkan ane pya impian NKRI memiliki armada tempur seperti rusia,,system pertahanan udara,n rudal jelajahx mematikan n cangih bgt,,s-300 aj bikin usa ketar ketir ingn menyerang surah,,aplg s-400 at s-500,,hehe,,n dari skian clue yg di berikan sepuh di mari sptx system pertahan jarak sedang atau jauh blm pernah di babar deh dimari,,maklum bung ane hya rakyat biasa yg terlalu mencintai negeri ini..heehh salam

    • Sabaar bung.. track racenya emang mengarah kesana kok bung kita tunggu aja 5 tahun lagi hasil dari kerjasama2 dan perjanjian2 yg telah dilakukan.

    • It’s OK bung Arya, saya juga punya harapan seperti itu. Namanya juga military fanboys Indonesia, ada berita alutsista gahar ya saya syukuri, lalu saya doakan supaya benar adanya atau segera ada. Bukankah dengan doa, sebagian ketetapan Tuhan pun bisa berubah? 😀

      Setiap orang boleh beranalisa dan berasumsi dengan informasi yg dimiliki. Tapi setiap orang juga boleh bergembira atas segala kemungkinan baik bagi negeri ini dan berharap serta mendoakan-nya.

 Leave a Reply