Sep 142017
 

KRI Bima Suci

London – Serah terima Kapal Layar Latih NB705 dari Freire Shipyard pada Selasa 12-9-2017 di Dermaga Pelabuhan Vigo, Spanyol, dilanjutkan peresmiannya menjadi KRI Bima Suci yang dijadwalkan berlayar menuju Indonesia, pada Minggu, 18 September 2017.

Pada upacara yang dipimpin KSAL Laksamana Ade Supandi itu dihadiri Wakil Presiden RI ke-6, Jend (Purn) TNI Try Sutrisno dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso, demikian keterangan dari KBRI Madrid yang diterima Antara London, pada Kamis 7-9-2017

Upacara itu juga dihadiri Presiden Xunta de Galicia Alberto Nunez Feijo, dan pejabat tinggi Pemerintah Xunta de Galicia, Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol, dan Mabes AL Kerajaan Spanyol.

Dirjen Freire Shipyard, Guillermo Freire, dalam pidatonya antara lain menyatakan upacara serah terima kapal Bima Suci ini menjadi akhir puncak proyek menandai tonggak sejarah bagi Freire Shipyard dan industri maritim Galicia.

Bima Suci adalah kapal sekolah pertama yang dibangun di galangan kapal dan juga kapal sekolah pertama dari karakteristik dibangun di galangan kapal Galicia. Hal itu membuat galangan kapal Freire merasa bangga, kat Guillermo Freirea .

Secara teknis, kapal sekolah ini berukuran, panjang 111 meter dan lebar 13,5 meter, mempumyai komponen inovatif yang tinggi dan jauh lebih unggul dibandingkan kapal sejenis. Kapal ini juga kapal terbesar yang pernah dibangun dalam 20 tahun terakhir di Uni Eropa dan di seluruh dunia mempunyai teknologi maju dibanding sistem konvensional lainnya.

Kapal Bima Suci akan menggantikan Kapal Sekolah KRI Dewaruci yang legendaris dan menjadi duta terapung Indonesia, negara modern dan multikultural dengan tradisi panjang dalam perdagangan maritim internasional.

Sementaa itu Presiden La Xunta de Galicia, Alberto Nunez Feijo menyatakan pihaknya senang dapat menemani pemimpin Freire dan pejabat tinggi Indonesia sebab kita mempunyai perasaan kebahagiaan yang sama dengan semua orang Galicia.

Setiap keberhasilan di sektor industri maritim adalah keberhasilan untuk seluruh Galicia. Oleh sebab itu, sebagai Presiden Dewan, ingin kehadirannya tidak hanya menjadi satu contoh sokongan permanen diberikan Pemerintah Galicia tetapi juga adalah apresiasi seluruh rakyat Galicia kepada inovasi industri tradisional di negeri ini.

Upacara dilanjutkan dengan pembukaan maket kapal dan penyerahan maket kapal dari manajemen Freire Shipyard kepada Jend (Purn) TNI Try Sutrisno, KSAL dan Dubes RI Madrid. Kemudian Presiden Xunta de Galicia menyampaikan bendera Spanyol dan bendera Xunta de Galicia kepada KSAL sebagai simbolik pemerkuatan persahabatan.

Upacara peresmian sesuai tradisi TNI Angkatan Laut berlangsung di lapangan Dermaga Vigo, berlatar belakang kapal latih Bima Suci, dengan Inspektur Upacara KSAL Laksamana Ade Supandi. Setelah dibacakan Surat Keputusan Menteri Pertahanan RI tentang penetapan kapal latih No. NB705 menjadi Kapal Perang RI Bima Suci, Inspektur Upacara menekan tombol sirine.

Kasal Laksamana Ade Supandi Kukuhkan Letkol Pelaut) Widiyatmoko Baruno Aji sebagai Komandan KRI Bima Suci.

Bendera Merah Putih dikibarkan diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diikuti pengibaran simbol-simbol kapal perang RI di tiang-tiang kapal. Kemudian Inspektur Upacara mengukuhkan Letnan Kolonel Laut (Pelaut) Widiyatmoko Baruno Aji sebagai Komandan KRI Bima Suci.

Menteri Pertahanan RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan KSAL Laksamana Ade Supandi, menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut khususnya anggota prajurit KRI Bima Suci, untuk meneruskan tradisi nama besar KRI Dewaruci, sehingga KRI Bima Suci juga menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Setelah selesai rangkaian acara Peresmian Jend (Purn) TNI Try Sutrisno menyampaikan filosofi Bima Suci. Mantan Wapres menguraikan tentang sifat-sifat ksatria putra Pandawa Bima yang dalam dunia pewayangan yang banyak akan filosofi kehidupan.

Pemberian Restu bagi KRI Bima Suci adalah tradisi TNI Angkatan Laut, yakni Pemecahan Kendi oleh Ibu Kandung Kapal dalam hal ini Ny Nora Ryamizard Ryacudu, isteri Menteri Pertahanan RI. Ia menyampaikan pesan dan restu dengan mengucapkan “Bismillahir rohmanir rohim, saya restui KRI Bima Suci untuk mengarungi lautan dengan segala berkah Tuhan Yang Maha Kuasa, untuk melatih Taruna menjadi perwita yang tangguh”.

Acara dilanjutkan dengan penulisan Prasasti Kapal oleh KSAL Laksamana Ade Supandi yang disampaikan kepada Komandan KRI Bima Suci, Letkol Widyatmoko Baruno Aji, disertai pesan-pesan kepada para Prajurit KRI Bima Suci. Setelah itu acara peninjauan kapal diawali pemotongan pita di pintu anjungan kapal oleh Ny Nora Ryamizard Ryacudu.

Acara diakhiri dengan cocktail reception di Ballroom Kapal, dan kepada para tamu disajikan aneka menu jajan pasar tradisional Indonesia antara lain Bubur Sumsum dan tapas Galicia.

Dubes Yuli Mumpuni Widarso mengatakan KBRI Madrid sangat bangga dapat turut menyaksikan dan berkontribusi dalam acara sangat bersejarah yang menandai kuatnya hubungan persahabatan RI dan Spanyol, sebagai sesama negara maritim.

Dikatakannya KBRI Madrid akan mengisi salah satu rangkaian acara berupa penampilan Tari Piring dan Tari Serampang 12. Selain itu, KBRI Madrid juga menjadi co – host Diplomatic Cocktail di KRI Bima Suci tanggal 17 September mendatang. (Antara).

  6 Responses to “KRI Bima Suci Menuju Indonesia 18 September 2017”

  1. Design yg luar biasa. Jaman majapahit bust kapalnya di spanyol jg ya.?

  2. Kenapa dikasih nama Bima Suci ??…..

    • Pertanyaan anda susah dijawab bung…pikir aja sendiri…

    • karena dalam serat dewaruci.. setelah melewati 4 tahap samadhi (bertapa), bima manunggal dengan dewa ruci di alam tri loka… cerita dewaruci erat berkaitan dengan perjuangan bima untuk meningkatkan kemampuannya sebelum perang baratayuda.

      sepertinya pengambilan nama bima suci,,, untuk mempertahankan kebhinekaan dan tradisi militer kita…

      dalam hal ini kejawen..

  3. Turut berduka cita atas meninggalnya Ayah Mayor Laut (p)M.Sati Lubis PALAKSA KRI BIMA SUCI,tetap tegar walau tak bisa melihat orangtuanya tuk terakhir kalinya.

 Leave a Reply