KRI Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan di Perbatasan

KRI Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan di Perbatasan

Jakartareater – Setelah 5 hari berlayar melewati laut Natuna Utara, kini KRI Bima Suci tiba di Pulau Laut yang berjarak 706 NM dari Tanjung Uban dan 107 NM dari Ranai.

Pulau laut merupakan pulau yang berada di perbatasan antara negara Vietnam dan Malaysia di laut Cina Selatan yang memiliki luas 37,58 km2 dan berdekatan dengan pulau Sekatung yang memiliki luas 1,65 Km2 di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, pada Sabtu, 7-11-2020.

KRI Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan di Perbatasan

Dalam kunjungan ke pulau Perbatasan kali ini, Komandan Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci (OBS) 2020 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla yang didampingi Palaklat Kartika Jala Krida 2020 melaksanakan Bhakti Sosial dengan memberikan bantuan Dukungan Logistik dan Alat Kesehatan kepada Pos TNI AL Pulau Laut yang diwakili Babinpotmar Serka TTG Suparno serta bantuan kepada Satgas Pam Puter (Pulau Sekatung) yang diterima langsung oleh Letda Inf B Saragih.

Letkol Laut (P) Waluyo, Komandan Satgas OBS mengatakan, “kegiatan kunjungan ke Pulau Laut adalah implementasi dari perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap unsur KRI dalam setiap operasi menyempatkan singgah di pos-pos TNI AL maupun satgas yang bertugas di pulau terdepan dan terluar NKRI untuk memperkuat sinergitas TNI AL”, tutur Letkol Laut (P) Waluyo.

KRI Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan di Perbatasan

Lebih lanjut Komandan Satgas OBS mengatakan bahwa “kunjungan ke Pulau Laut merupakan rangkaian kegiatan Satgas OBS yang bertujuan untuk memberikan bantuan Logistik dan Alat Kesehatan kepada Posal dan Satgas Pam Puter serta sebagai sarana pembelajaran pengetahuan batas wilayah NKRI kepada para Taruna AAL.

Disamping itu juga sebagai upaya memperkuat sinergitas antar prajurit TNI AL, terutama yang berdinas menjaga garda terdepan NKRI”, pungkas beliau.

KRI Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan di Perbatasan

Kepada Dansatgas Puter Pulau laut, Letkol Waluyo menyampaikan “Semoga bantuan yang diberikan oleh Satgas Operasi Bima Suci 2020 ini bisa bermanfaat bagi Satgas Puter Pulau Laut dalam melaksanakan tugas di perbatasan. Selamat Bertugas, tetap semangat untuk menjaga kedaulatan NKRI”, pungkas Letkol Waluyo sembari memberikan semangat kepada prajurit penjaga perbatasan.

Dalam pelaksanaan penyerahan bantuan Duklog dan Alkes tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebagai tindak lanjut dari penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. kepada Komandan Satgas OBS guna mencegah penularan Covid-19.

Satu pemikiran pada “KRI Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan di Perbatasan”

  1. Walau kapal latih KRI Bima Suci menyandang nama KRI di lambungnya, artinya kapal ini bagaiamanapun adalah kapal perang. Andai deteksi penyusupan yang dilakukan kapal asing atau pesawat asing semoga tetap mampu pasang badan tantang hadapi musuh dilautan. Tak peduli walau dia tenggelam tapi heroisme melaksanakan tugas nya jaga kedaulatan negeri akan tetap menggetarkan musuh.
    Sejatinya kapal ini tidak pernah sendiri setiap berlayar di samudra luas yang sepi…..

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar

Kategori