Nov 032018
 

Latihan Glagaspurr Tingkat III/L-3 Terpadu Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh KRI I GNR – 332 Dll.

Jakarta Utara, Jakartagreater.com  –  Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono melepas keberangkatan 2 Unsur KRI untuk Operasi Jala Gardapati-18 yaitu KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Koarmada II dan KRI Bung Tomo-357 Koarmada I pada Kamis 1 November 2018 di dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta.

Sesuai dengan pasal 9 undang-undang no. 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, TNI AL memiliki 5 tugas dimana salah satunya yaitu melaksanakan tugas diplomasi Angkatan laut dalam rangka mendukung kebijakan luar negeri yang telah ditetapkan oleh Pemerintah .

File: KRI Bung Tomo (357).jpg, commons wikipedia, org

Aplikasi pelaksanaan tugas Diplomasi Angkatan Laut dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan dan satu diantaranya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Port Visit yaitu kunjungan oleh alutsista TNI AL khususnya kapal perang (KRI) ke negara-negara sahabat secara periodik.

Port Visit ini merupakan kegiatan rutin tahunan TNI AL dalam rangka memelihara hubungan antarnegara khususnya dengan negara-negara yang memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia, atau yang memiliki kerjasama dengan TNI/TNI AL maupun negara-negara yang berpotensi sebagai pasar bagi industry pertahanan strategis Indonesia serta negara-negara yang berpotensi besar bagi promosi pariwisata Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober s.d. 14 Desember 2018. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama berada di Singapura, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam antara lain Courtesy Call, Cocktail Party dan olahraga bersama.

Pada Port Visit tahun 2018 ini, TNI AL mengirimkan 2 unsur kapal perang yaitu KRI Bung Tomo-357 dan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 untuk melaksanakan kunjungan ke 4 negara yakni Changi (Singapura), Lumut (Malaysia), Sattahip (Thailand) dan Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam).

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober s.d. 14 Desember 2018. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama berada di Singapura, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam antara lain Courtesy Call, Cocktail Party, dan olahraga bersama. (Dispen Koarmada I)

 Leave a Reply