Dec 082015
 
KRI Dewaruci

KRI Dewaruci

Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi menegaskan bahwa kapal latih Dewaruci untuk generasi kedua yang merupakan buatan Spanyol akan selesai dan tiba di Indonesia pada awal 2017.

“Untuk mengembangkan sistem senjata armada terpadu (SSAT), kita memang melakukan pengadaan kapal latih, pesawat udara, kapal perang, kapal selam, dan lainnya,” katanya, Senin (7/12/2015).

Selain pengadaan tiga kapal selam bekerja sama dengan Korea yang dibuat di Korea (sebuah kapal selam) dan PT PAL Indonesia (dua kapal selam), ia mengatakan pihaknya juga sedang memesan kapal latih Dewaruci kepada Spanyol.

“Itu karena arsitek kapal latih adalah Spanyol, Belanda, dan sebagainya. Rencananya, pembuatannya pada tahun 2016 dan akan selesai pada awal 2017 untuk akhirnya didatangkan ke Indonesia pada awal 2017,” ujarnya.

Diketahui, KRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk menumbuhkembangkan jiwa bahari generasi penerus. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut.

  8 Responses to “KRI Dewaruci Generasi ke-2 Hadir Tahun 2017”

  1. Siip..sya sih mendukung apapun yg mnjadi tujuan TNI…salam kenal buat sesepuh di sini…

  2. KRI Dewaruci adalah salah satu kapal latih yg menggunakan layar sbg tenaga dorong utama. Sepertinya jarang taruna angkatan laut negara lain yg menggunakan kapal layar sbg kapal Latin. Bila melanglang buana, awak KRI Dewaruci selalu menampilkan atraksi seni budaya dari Indonesia dinegara-negara yg disambangi sbg hiburan bagi pengunjung yg datang untuk melihat kapal KRI Dewaruci. Hal ini menjadikan kapal Dewaruci dan awaknya terlihat unik karena jarang kapal milik militer dan awaknya juga berbakat dalam menampilkan seni budaya. Heran, bagaimana awak kapal Dewaruci memanfaatkan waktu untuk berlatih seni budaya (biasanya seni tari) diantara waktu untuk memperdalam ilmu pelayaran dan ilmu strategi / taktik perang laut tentunya.

  3. pake kapal layar biar bisa menyatu dgn alam…..

  4. selanjutnya dewa kembar jg yea.,

 Leave a Reply