Mei 202019
 

Cilacap, Jakartagreater.com   –    Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada II, menerima kedatangan KRI Frans Kaisiepo – 368 (KRI FKO-368) di dermaga VI Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, acara penyambutan dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo beserta perwira staf dan anggota Lanal Cilacap.

Kedatangan kapal ini terkait pelaksanaan operasi pengamanan dan penegakkan laut nasional utamanya wilayah Selatan, serta melaksanakan bekal ulang pada Senin 20-5-2019 di kota Cilacap.

KRI FKO-368 yang dikomandani oleh Letnan Kolonel Laut (P) I Gede Putu Iwan ini merupakan kapal keempat dari korvet kelas SIGMA milik TNI AL dengan kemampuan anti-kapal permukaan, anti-kapal selam dan anti-pesawat udara, yang dibuat khusus untuk TNI-AL oleh galangan kapal Damen Schelde, Belanda dimulai pada tahun 2006. Dalam kesehariannya, kapal ini berada di bawah komando Koarmada II, Surabaya.

“Peran Lanal Cilacap sebagai Pangkalan TNI AL yang siap memberikan dukungan dan pelayanan bagi setiap KRI yang singgah merupakan suatu hal yang menjadi tugas pokok dan fungsinya, dalam membantu menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk mendukung kesiapan dan ketahanlamaan operasional KRI dalam menjaga dan memonitor perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, Ungkap Danlanal Cilacap.

KRI FKO-368 selama berlabuh di Cilacap, rencananya akan melaksanakan kegiatan openship, sehingga seluruh lapisan masyarakat khususnya wilayah Cilacap dan sekitarnya, dapat berkunjung dan menaiki salah satu kapal kebanggaan milik bangsa Indonesia.(Dispen Lantamal V).

  One Response to “KRI Frans Kaiseipo-368 Akan Openship di Cilacap”

  1.  

    KRI Frans Kaisiepo (368) merupakan kapal keempat atau yang terakhir dari korvet kelas SIGMA milik TNI Angkatan Laut yang dipesan dari galangan kapal Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS), Belanda, Kontrak pembelian dan pembuatan Kapal kelas ini dilakukan pada bulan Januari 2004 dan efektif berlaku sejak 12 Juli 2004, Sebelumnya direncanakan untuk dibuat di Surabaya oleh PT PAL, tetapi dibatalkan.. dan merupakan yang terbaru dari Kelas SIGMA 9113 yang resmi ditugaskan TNI AL pada Maret 2009. Dengan tugas sebagai kapal patroli dengan kemampuan anti-kapal permukaan, anti-kapal selam dan anti-pesawat udara…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/kri-frans-kaisiepo-368-korvet-kelas.html