Apr 102017
 

Tim Visit, Board, Search, and Seizure (VBSS) KRI Halasan-630 berlatih penyergapan kapal di perairan Tanjunguban, Kepri, Senin (9/2). Tim VBSS adalah sebuah tim kecil yang memiliki kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal dan merupakan komponen wajib pada KRI yang dimiliki oleh TNI AL untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)


Prajurit TNI Angkatan Laut dari Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guspurla Koarmabar) menangkap dua kapal ikan asing (KIA) Vietnam yang melakukan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen yang sah (ilegal fishing) di perairan Laut Natuna, Jumat (7/4).

Penangkapan tersebut dipimpin langsung Komandan Guspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah.

Kedua KIA Vietnam yang diperiksa dan digeledah oleh KRI Halasan-630 yakni Kapal BV 98345 TS berbobot 80 GT dan Kapal BV 8136 TS berbobot 80 GT.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kedua KIA Vietnam tersebut diduga kuat telah melakukan pelanggaran batas wilayah perairan Indonesia dengan melakukan kegiatan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen dan ijin yang sah (ilegal fishing) di wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

Berdasarkan pelanggaran tersebut, kedua KIA Vietnam beserta ABK dan muatannya dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai guna melaksanakan proses hukum lebih lanjut.

Sumber: tni.mil.id

  21 Responses to “KRI Halasan-630 Tangkap Dua Kapal Ikan Berbendera Vietnam”

  1. Bumi Bulat vs Bumi Datar, terusin aja debat sampai botak!

  2. nelayan komunis vietnam begini mending langsung ditengelamin saja. pemerintah komunis vietnam mana perduli, rakyatnya ngerampok ikan di negara orang

    • vietcong mah susah dibilangin bro, maklum vietnam komunis gitu, udah rakyatnya melarat aparat negaranya korup pula, keterlaluan, masa turis asing sering di peras di bandara.

  3. Tes

  4. nelayan vietnam memang jossss…. berkali-kali nelayan negara itu ketangkap… tp g kapok jg….

  5. nah ini salah satu fungsinya kapal patroli 40-60 meter dibanyakin, bisa ngeronda 24 jam gantian deh..
    buat ngamanin stok ikan biar bisa dinikmati oleh nelayan indonesia,
    sekarang tinggal dibanyakin tpi nya dan fasilitas penujnang buat para nelayan, termasuk rpg kalo perlu, biar kalo ada maling ikan dr negara tetangga langsung bisa dibolongin kapalnya

  6. Bikin sampe 1000 unit kcr 40 dan kcr 60..Sebar kepelosok lautan NKRI..Untuk pembikinan kapalnya serahkan kepada seluruh galangan kapal NKRI..Katanya banyak galangan kapal biar kebagian job semua..

  7. Mantaplah!

  8. Hihihi… Itu Nickname Kok panjang banget… 😆

 Leave a Reply