JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 262018
 

Jakarta, Jakartagreater.com – Salah satu unsur KRI Koarmabar yang tergabung dalam Satuan Kapal Cepat yaitu KRI Halasan-630, melaksanakan latihan bersama dan pengawasan serta pengamanan dua kapal perang Prancis FS Dixmude L9015 dan FS Surcouf F711, dimana kedua kapal perang tersebut singgah di Jakarta dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti acara Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 pada Selasa 24 April 2018 di Lombok.

Latihan bersama atau Passing Exercise (Passex) yang dilaksanakan KRI Halasan-630 dengan kedua kapal perang Prancis tersebut meliputi beberapa kegiatan latihan yaitu Latihan Komunikasi antar Kapal Perang (Commex), Foto Konvoi Kapal perang (Photex) dan diakhiri dengan Parade kapal perang (Saillpass) di sekitar perairan Laut Jawa.

Latihan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit KRI khususnya dalam memahami prosedur komunikasi, pemahaman kerjasama taktis dengan standar Angkatan Laut Internasional. Selain itu, untuk meningkatkan rasa persaudaraan antarsesama pelaut di dunia.

dok. Frigate FNS Surcouf (F711). (Photo: Franck Dubey via commons.wikimedia.org)

Selain Passex, KRI Halasan-630 pun melaksanakan tugas pengawasan dan pengamanan kedua kapal perang Prancis selama berlayar di perairan Teluk Jakarta sampai dengan Laut Jawa.

Hal ini penting dilaksanakan dikarenakan untuk meyakinkan bahwa kedua kapal perang Perancis tersebut selama pelayaran di Perairan Indonesia tidak melakukan aktivitas yang dilarang seperti melaksanakan latihan perang, melaksanakan kegiatan survei ataupun berlayar tidak sesuai track yang telah diatur oleh negara Indonesia. (Dispen Koarmabar).

Bagikan :

  15 Responses to “KRI Halasan Latihan dengan Dua Kapal Perang Prancis”

  1.  

    Hebat TNI AL, sangat pede. Yg diturunkan cuma sekelas KRI Halasan mendampingi kaprang gede2 dr angkatan bersenjata luar negeri.

  2.  

    Duuuh enaknya ngebuli Jimi di warung sebelah.

    Xixixixixi

  3.  

    duhhh.. ngak seimbang banget kapal yang diturunin buat latihan nya.
    Prancis nurunin LHD + Frigate,
    Sedangkan Indo cuma Sekelas KCR 60M 1 buah..

  4.  

    KRI-Halasan hanya mengawal 2 kaparang guede milik Prancis, bro…kalau ngawal cukup KCR saja….ra usah kelas fregat….

  5.  

    ini yg menjaga siapa yg dijaga siapa.??? ??

  6.  

    INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

 Leave a Reply