Jun 182016
 

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menangkap kapal ikan asing berbendera Tiongkok di wilayah perairan Natuna, Jumat (17/06). Kapal asing yang diduga melakukan aksi pencurian kekayaan laut Indonesia itu ditangkap oleh unsur KRI Imam Bonjol-383.

Awalnya, KRI Imam Bonjol-383 menerima laporan dari intai udara maritim tentang adanya 12 kapal ikan asing yang melakukan aksi pencurian ikan di perairan Natuna.

Kapal ikan asing tersebut berusaha melarikan diri saat didekati. KRI Imam Bonjol pun mengejarnya dan memberikan peringatan melalui tembakan, namun diabaikan. Setelah beberapa kali dilakukan tembakan peringatan dan salah satunya mengarah ke haluan kapal, akhirnya satu dari 12 kapal ikan asing dapat dihentikan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim Visit Board Search and Seizure (VBSS), kapal bernomor lambung 19038 itu diawaki oleh enam orang pria dan seorang wanita, yang diduga berkewarganegaraan Tiongkok.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, mengatakan bahwa kapal itu kemudian dibawa ke Lanal Ranai untuk menjalani proses lebih lanjut.

“Apapun benderanya, saat mereka melakukan pelanggaran di wilayah yurisdiksi Indonesia, kami dalam hal ini TNI Angkatan Laut tidak akan segan untuk bertindak tegas”, ujar Laksamana Pertama Edi Sucipto.

Kadispenal menegaskan bahwa TNI AL terus menggelar patroli sebagai bagian dari komitmen Pimpinan TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, dalam penegakkan hukum di laut.

Sumber: Pos Kota News

  79 Responses to “KRI Imam Bonjol-383 Tangkap Kapal Ikan Tiongkok di Natuna”

  1.  

    hati” ini bentuk provokasi jangan hanya terfokus di natuna jangan sampai terjadi scenario sipadan 2 karena negara luar tidak suka indonesia kuat dan maju apalagi negara negara jiran yg banyak bergantung pada sda kita…bersatulah wahai saudaraku dari sabang sampai merauke jangan beranggapan orang jawa yg di utamakan, klau orang jawa hidupnya enak saya tidak akan mengais rizki di negri orang, jadi sadarlah saudaraku jangan terlalu mudah terprovokasi negara” luar bersatulah demi kejayaan kita bersama….salam NKRI

  2.  

    gundulmu kui sing diterpedo

  3.  

    Trlihat msh minimnya kri kita di natuna, dari 12 kapal, hanya 1 yg ketangkep, bayangkan itu hanya natuna yg 12 kapal, blm yg ditarakan, biak dan morotai, totalnya ratusan kapal sedang mencuri di perairan kita…

  4.  

    mmhhh..nelayan cina lagi..kira2 bisa gak di buat pangkalan terapung pas dibatas zee nya.. mungkin kapal2 tni yg dah mo pengsiun bisa di modifikasi..

  5.  

    MBAH BILANG APA,,,, TNI MEMANG STROONG,,,

  6.  

    test

  7.  

    test..ijin gabung bung diego…slama ini cm nikmati isi artikel dan koment yang asyik-asyik…mohon dipandu untuk gabung di forum JKGR,soalx nambah wawasan dan skaligus hiburan,ntar kapan kapan klo bisa gabung mau coba ikut koment…trims

  8.  

    test ijin gabung admin..trims

  9.  

    tes ijin gabung admin.trims

  10.  

    Ai ya ciang ciang aling iekann
    ..
    penduduknya 2 milyar sama yg di rantau ,biesa habis owe punya ikan ..
    ikan dunia mulai habis di curi si rakus ..benar2 dehh , ngak tahu ucapan apalagi yg pantas untuk si juling ..
    SAYA ADA IDE BARU UNTUK PEMERINTAH DLL;

    BIKIN IKAN DR KARET DI KASIH BOM GPS CEBURKAN DI LAUT NATUNA DLL..kasih limit bom di gps
    atau
    minta ratu laut selatan melepaskan ikan yg besar segedek gunung atsu ular ..makan org yg beridentitas mata juling alis bau amis anggap saja sesaji untuk bunda ratu kaekaekaw

  11.  

    AWAS ADA BANYAK NICK NAME PALSU DEK, MBAH JADI GEMES..

  12.  

    MBAH USUL KASIH NAMA LAUT NATUNA . SUDAH PAS KONDISI DAN GEOGRAFINYA.

  13.  

    CG…mana dia…CG nya ngmpet.hanya ngawasin..aja dari jauh..giliran yang nangkap gedean..nda nongol..sengaja ya….

  14.  

    Lah 12 kapal maling ikan dapat masuk..?1 ketangkap 11 lolos…? apa kerjaaa? 11 ketangkap 1 lolos aja nggk bisa diterima, dimana kekuatan dan muka kita?

  15.  

    tangkepin aja terus lah itu nelayan asing pengerus kekayaan indonesia

  16.  

    hancurkan , hancurkam dan hancurkan kapalnya..

  17.  

    mbah bowo makan kancut ajalah…

  18.  

    I am really impressed by the ray ban aviator way you detailed out all the things.

 Leave a Reply