Jun 182016
 

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menangkap kapal ikan asing berbendera Tiongkok di wilayah perairan Natuna, Jumat (17/06). Kapal asing yang diduga melakukan aksi pencurian kekayaan laut Indonesia itu ditangkap oleh unsur KRI Imam Bonjol-383.

Awalnya, KRI Imam Bonjol-383 menerima laporan dari intai udara maritim tentang adanya 12 kapal ikan asing yang melakukan aksi pencurian ikan di perairan Natuna.

Kapal ikan asing tersebut berusaha melarikan diri saat didekati. KRI Imam Bonjol pun mengejarnya dan memberikan peringatan melalui tembakan, namun diabaikan. Setelah beberapa kali dilakukan tembakan peringatan dan salah satunya mengarah ke haluan kapal, akhirnya satu dari 12 kapal ikan asing dapat dihentikan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim Visit Board Search and Seizure (VBSS), kapal bernomor lambung 19038 itu diawaki oleh enam orang pria dan seorang wanita, yang diduga berkewarganegaraan Tiongkok.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, mengatakan bahwa kapal itu kemudian dibawa ke Lanal Ranai untuk menjalani proses lebih lanjut.

“Apapun benderanya, saat mereka melakukan pelanggaran di wilayah yurisdiksi Indonesia, kami dalam hal ini TNI Angkatan Laut tidak akan segan untuk bertindak tegas”, ujar Laksamana Pertama Edi Sucipto.

Kadispenal menegaskan bahwa TNI AL terus menggelar patroli sebagai bagian dari komitmen Pimpinan TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, dalam penegakkan hukum di laut.

Sumber: Pos Kota News

  79 Responses to “KRI Imam Bonjol-383 Tangkap Kapal Ikan Tiongkok di Natuna”

  1. Lanjutkan

  2. bakar kapalnya..ledakkan kepalanya.suruh pla datang skalian
    pasti gk mgkin nongol mbah bowo klo artikel kya gini

  3. tembak aja

  4. 1 dari 12 kapal ..!!!nelayan cina emang dsiapkan utk invasi hasil laut…damm…

  5. tenggelamkan kapalnya

  6. Perbanyaklah terus kapal2 kelas patroli,jadi korvet dan fregart cukup memback up saja

  7. Absen siang….nyimak…

  8. SALAH KASIH TEMBAKAN PERINGATAN HARUS NYA TEMBAKAN PERINGATAN NYA PAKE RBU-6000 PASTI 12 KAPAL RRT LANGSUNG. BERHENTI

  9. TENGGELAMKAN…!!!

  10. TNI mah berani, TLDM mah mental tempe wkwkwk 😀

  11. Lanjutkan…
    Berani karena benar jgn pernah takut .. Kami adalah senjata terahir kalian .. Saya mewakili Jutaan rakyat indonesia siap dg apapun resikonya.. Kami siap mengangkat senjata lebih tinggi dr siapa pun..Lebih baik mati dg harga diri dr pada hidup dg kehinaan.. Indonesia bangsa besar pantang tunduk demi kebenaran.. Lebih baik 250juta jiwa dg keberanian dr pada 1,5 milyar tp dg ketakutan.. Jadikan kami rudalmu .. Biar anak cucu kami tau nenek moyangnya bukan bangsa penakut.. Biarkan mereka bangga spt kami bangga dg para pejuang yg telah gugur demi kemerdekan indonesia..
    Apa pun benderanya apa pun bangsanya apa pun mereka kami tidak takut.. Kami hanya takut pada sg pencipta..
    Bismilah indonesia bersatu dan kuat.. Aamiin..

  12. In berita yg paling saya suka. TNI menangkap kapal Tiongkok. Empet benar gue dengar Tiongkok.
    Tangkap kapalnya. Pretelin alat komunikasi dan navigasinya serta mesin kapalnya, sita dan hibahkan kpd nelayan lokal. Kapalnya diledakan jd rumpun
    Untuk memberi efek jera, para awak kapalnya tangkap, potong telinga mereka lalu lalu jadikan pekerja paksa utk pembuatan jalan kereta api atau jalan dipapua sampai jalan tersebut selesai dibangun setelah itu serahkan ke Kantor Dubes Tiongkok.
    Kalo hanya dipenjara, mereka gak akan jera. Karena makanan penjara di Indonesia lebih enak ketimbang penjara Tiongkok kata mereka.
    Selamat kepada TNI AL, tingkatkan terus patrolinya pak. Libatkan pesawat Super Tukino utk bantuan tembakan dr udara bagi yg ingin lolos pak. Biar gak ada satupun yg bisa lolos sekaligus buat latihan tembak pilot Tukino.

  13. hajar blehhh….!!!

  14. Good news…!!!

  15. crew cewek nya mau di hibahkan ke siapa nih warjager….?

  16. MENTAL PENCURI !!!

  17. nggak ada jera”nya nih maling. butuh sesuatu yg lebih nendang nih.
    bapak” pembuat kebijakan bikin donk uu buat nelayan asing yg nyuri ikan d wilayah NKRI d hukum kebiri aja pak, biar nyaho tuh maling.

  18. Lumayan…satu dapet…Dr 12….
    Kok nelayan tiongkok nya kabuyyyyy?? Kalo emang bener mreka bermain diperairan mreka sendiri….
    Nah…brarti intai udara nya efektif….lanjut bu mentri susi…beli pesawat intai maritim…kalo ada anggota dpr yg komplen…anggap ajah mreka minta japrem….wkwkwk….

    • Wah bung @arumanis jeli sekali…
      Padahal itu kalimat PESAWAT INTAI MELACAK 12 KAPAL ASING tidak di BOLD/capslock/underline. Hehehe…HIDUP BU SUSI…JAYA TNI….INDONESIA RAYA….Anggota Hewan Kelaut ajah

    • MBAH USIL HABIS LEBARAN KAPAK INI HARUS DILEDAKKAN ,,,,, SI JIMPING MEMANG NAKAL DEK MBAH INGIN JEWER AJA,,,

  19. Mmm ini yg aku suka, ketegasan. Hanya bahasa ini yg bisa dimengerti oleh tiongkok krn nelayan mereka memang sengaja dikerahkan untuk invasi mencaplok wilayah negara lain.

  20. Tenang semua…ingat kata pa’e yg badannya besaaarrr….”50 thn k depan tdk ada ancaman perang buat indonesah….and jiro enemi thosan prends…..wkwkwk preketek preeeeet

  21. ini yg aku suka, ketegasan. Hanya bahasa ini yg bisa dimengerti oleh tiongkok krn nelayan mereka memang sengaja dikerahkan untuk invasi mencaplok wilayah negara lain.

  22. Kalo ujung2 nya dilepasin lagi, gak akan jadi jera buat mereka. Status yang dulu2 udah ketangkep gmn ?

  23. Seharusnya sebelum masuk ke natuna kan lewat perairan negara malay…dimana kapal patroli mereka dan mengapa dibiarkan..

  24. hajar maling dr tiongkok

  25. Kenapa nih negara asean yg bersengketa dgn china… Kok kapal china sampai ke daerah ZEE indonesia / natuna…
    Ga berani ya… Beraninya cuman pd nelayan2 tradisional indonesia

  26. Anda benar pak Diri

  27. MBAH SANGAT INGIN TNI LENIH TEGAS LAGI DEK,,

  28. Kemarin g kena torpedo bung jok..dan kapal sudah tuwir.klou kena torpedo sudh langsung tenggelam thu kapal
    Logika aj….sedikit lagi.pengawasan laut Nusantara semakin tajam…maju trus kkp.n tni

  29. Ikutan nyimak ^_^

  30. coba pesawat intainy bisa ngejatuhin bom.. tinggal bom aja tuh kapal..

  31. bung@kambing situ lagi siapanya @weduz?apa masih satu ras apa satu spesies? mohon dikonfirmasi!

    kayak kayaknya cuma indonesia yang doyan bener nangkepin nelayan cina,kemana negara lainya?
    harus diapresiasi pakde joko dan segenap pembantunya beserta tni,yang bertindak tegas.tidak takut tekanan dan pandang bulu,karna bagai mana juga bulu tetap sama meskipun nama dan letak tumbuhnya.dan kita harus objektif dalam menilai kinerja,yang bagus diapresiasi yang buruk dikeritisi bukan dicaci.jangan habiskan energi dengan bertengkar apalagi meributkan pepesan kosong.ada baiknya kita saling bahu membahu,dan saling mengingatkan dalam membangun bangsa.hilangkan kecurigaan,terima uluran tangan,karna semakin banyak orang berpartisipasi akan lebih ringan.sekian dan terima kasih.

  32. lain kali pesawat intainy dikasih bom biar bisa lngsung ngejatuhi bom. biar enggak lari lgi tuh kpal.

  33. DASAR JIMPING SAJA YANG KELEWATAN ,,, MBAH INGIN JEWER TELINGANYA,,,,,,,

  34. cina seneng bgt ditangkep. merasa bangga dia. kirain cina negara kaya. eh demen nya maling jg kyk malon. pake di jagain lg sm coast guard.. ampun dah..

  35. MBAH SUDAH USUL BIKIN KAPAL AMPHIBI YANG TAHAN GELOMBANG HINGGA 7 METER ,,,,PUNYA RUSSIA BE200 DAN JEPANG SINWA SAMA SAMA JELEK ,,, TIDAK BISA UNTUK BERTARUNG DAN PENINDAKAN LANGSUNG ,,,,, DALAM PESAWAT HARUS MUAT 5 KAPAL BOAT KAPASITAS MASING 5 ORANG ,,, DENGAN SENJATA CANGGIH + RUDAL PANGGUL ,,, BIAR JIKA BERTARUNG DENGAN KAPAL PENGAWAS CHINA MASIH MENANG,,,

  36. MBAH SUDAH BELAJAR NAGAIMANA MENGALAHKAN PLA YANG LICIK INI ,,,,, TENANG SAJA MBAH MASIH PEJUANG DEK ,,,

  37. Invasi serbuan nelayan orc sauron…gak ada habisnya…selalu ada dan terus ada, setelah ikan disitu abis pasukan orc akan bergeser ke tempat lain…papua…gak bakal nyangka kalo disana pencuri orc juga banyak….gak dijaga pula…

    Tetlalu luas terbuka…itu radar yg pernah ditawarin rusia untuk pengamatan laut apa gak jadi kebeli…bukannya itu sangat luas jangkauanny…atau dg cara lain ?? Supaya pencuri ketika masuk gak akan bisa keluar lagi…dg selamat…

    Hancurkan Orc . . .

  38. Jangan pernah nyebut lagi laut cina selatan, tapi laut ASEAN, jangan nyebut Tiongkok tapi China saja….

  39. yang gak taku TNI dek bukan pmerintah….

  40. hati” ini bentuk provokasi jangan hanya terfokus di natuna jangan sampai terjadi scenario sipadan 2 karena negara luar tidak suka indonesia kuat dan maju apalagi negara negara jiran yg banyak bergantung pada sda kita…bersatulah wahai saudaraku dari sabang sampai merauke jangan beranggapan orang jawa yg di utamakan, klau orang jawa hidupnya enak saya tidak akan mengais rizki di negri orang, jadi sadarlah saudaraku jangan terlalu mudah terprovokasi negara” luar bersatulah demi kejayaan kita bersama….salam NKRI

  41. gundulmu kui sing diterpedo

  42. Trlihat msh minimnya kri kita di natuna, dari 12 kapal, hanya 1 yg ketangkep, bayangkan itu hanya natuna yg 12 kapal, blm yg ditarakan, biak dan morotai, totalnya ratusan kapal sedang mencuri di perairan kita…

  43. mmhhh..nelayan cina lagi..kira2 bisa gak di buat pangkalan terapung pas dibatas zee nya.. mungkin kapal2 tni yg dah mo pengsiun bisa di modifikasi..

  44. MBAH BILANG APA,,,, TNI MEMANG STROONG,,,

  45. test..ijin gabung bung diego…slama ini cm nikmati isi artikel dan koment yang asyik-asyik…mohon dipandu untuk gabung di forum JKGR,soalx nambah wawasan dan skaligus hiburan,ntar kapan kapan klo bisa gabung mau coba ikut koment…trims

  46. test ijin gabung admin..trims

  47. tes ijin gabung admin.trims

  48. Ai ya ciang ciang aling iekann
    ..
    penduduknya 2 milyar sama yg di rantau ,biesa habis owe punya ikan ..
    ikan dunia mulai habis di curi si rakus ..benar2 dehh , ngak tahu ucapan apalagi yg pantas untuk si juling ..
    SAYA ADA IDE BARU UNTUK PEMERINTAH DLL;

    BIKIN IKAN DR KARET DI KASIH BOM GPS CEBURKAN DI LAUT NATUNA DLL..kasih limit bom di gps
    atau
    minta ratu laut selatan melepaskan ikan yg besar segedek gunung atsu ular ..makan org yg beridentitas mata juling alis bau amis anggap saja sesaji untuk bunda ratu kaekaekaw

  49. AWAS ADA BANYAK NICK NAME PALSU DEK, MBAH JADI GEMES..

  50. MBAH USUL KASIH NAMA LAUT NATUNA . SUDAH PAS KONDISI DAN GEOGRAFINYA.

  51. CG…mana dia…CG nya ngmpet.hanya ngawasin..aja dari jauh..giliran yang nangkap gedean..nda nongol..sengaja ya….

  52. Lah 12 kapal maling ikan dapat masuk..?1 ketangkap 11 lolos…? apa kerjaaa? 11 ketangkap 1 lolos aja nggk bisa diterima, dimana kekuatan dan muka kita?

  53. tangkepin aja terus lah itu nelayan asing pengerus kekayaan indonesia

  54. hancurkan , hancurkam dan hancurkan kapalnya..

  55. mbah bowo makan kancut ajalah…

  56. I am really impressed by the ray ban aviator way you detailed out all the things.

 Leave a Reply