Aug 022017
 

Peresmian Kapal Selam KRI Nagapasa 403 oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, di Okpo, Korsel, 2/8/2017 (Kemhan.go.id)

Jakarta – TNI Angkatan Laut terus memperkuat armada dengan menambah kapal perangnya yakni KRI Nagapasa-403, yang merupakan kapal selam buatan galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan.

Hal itu ditandai dengan peresmian acara “Shipnaming dan Commissioning” KRI Nagapasa-403 yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, di dermaga galangan kapal DSME, Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan, Rabu, 2/8/2017.

Dalam kegiatan ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi turut hadir dan menyaksikan peresmian.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, mengatakan, dengan masuknya kapal selam KRI Nagapasa-403 ke jajaran TNI AL diharapkan mampu mendukung terciptanya stabilitas keamanan kawasan dan dapat mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Pada prinsipnya, tidak akan pernah terjadi sebuah pertahanan negara yang kuat tanpa ditopang oleh alutsista yang kuat,” kata Menhan, dilansir Antara, 2/8/2017.

Penamaan Nagapasa pada kapal selam TNI AL, diambil dari anak panah Indrajit yang dahsyat, diyakini akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, melindungi kehormatan serta keselamatan bangsa dan menegakkan hukum di perairan Indonesia.

KRI Nagapasa-403 merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dibangun di galangan DSME, dengan catatan dua unit diselesaikan di DSME dan satu kapal lainnya diselesaikan di PT PAL.

“Meningkatnya kemampuan kekuatan pertahanan dengan adanya KRI Nagapasa-403 ini menjadi momentum penting bagi pembangunan kekuatan pertahanan negara di laut menuju kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force (MEF),” ujar Ryamizard.

Proses pengadaan kapal ini yang dilakukan dengan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi, juga dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri sehingga mampu memperkuat keterpaduan operasional antara sistem senjata antar matra.

Pada peresmian dan penamaan KRI Nagapasa-403 ini juga dilaksanakan pengukuhan Komandan yaitu Letkol Laut (P) Hari Setyawan dan pengawak KRI Nagapasa -403.

Pengukuhan Komandan Letkol Laut (P) Hari Setyawan dan pengawak KRI Nagapasa – 403, Okpo, Korsel, 2/8/2017 (Kemhan.go.id)

Kepada komandan kapal dan para pengawak KRI Nagapasa-403, Menhan menekankan agar kapal selam ini dapat dirawat dengan penuh tanggung jawab dengan memahami betul pengoperasian kapal secara tepat.

TNI AL juga diminta mengadakan latihan terus menerus, bertahap dan berlanjut guna meningkatkan profesionalisme pengawak KRI Nagapasa-403.

Perjalanan panjang pembangunan Kapal Selam Diesel Elektrik DSME 209 ini meliputi kegiatan ‘steel cutting’ KRI Nagapasa-403 pada 3 Desember 2013, ‘keel laying’ pada 9 April 2015, serta peluncuran pada 24 Maret 2016 yang kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan ‘sea trial’ serta pelatihan awak KRI Nagapasa-403 selama satu tahun.

Kapal selam ini diawaki oleh 41 personel, direncanakan akan berlayar menuju Indonesia pada awal Agustus ini selama 17 hari.

Berdasarkan kontrak pengadaan kapal selam DSME 209 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan pihak galangan DSME Korea Selatan, maka dilaksanakan pembangunan kapal sebanyak tiga buah yang dimulai sejak bulan Januari 2013 dengan bobot 1.400 ton, memilki panjang 61.3 meter dan lebar 7,6 meter dengan kecepatan 21 knot di bawah air.

Kapal selam DSME209 produksi DSME ini merupakan kapal selam dengan Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast and Comfortable Accomodation, serta dilengkapi dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

Turut mendampingi Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat meresmikan KRI Nagapasa-403 antara lain Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI Abdul Muis, Dirjen Pothan Kemhan Dr Sutrimo S, Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Leonardi, Kapusada Baranahan Kemhan Marsma TNI Didi Dipo Issasongko, Karo TU Setjen Kemhan Brigjen TNI Ida Bagus Purwalaksana dan Karoum Setjen Kemhan Brigjen TNI Dessano Indrasakti.

Selain itu hadir Dubes LBBP RI di Korea Selatan Umar Hadi, Katimlak KKIP Laksamana TNI (Purn) Soemardjono, Kasum Panglima TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan, Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto dan Waasops Panglima TNI Laksamana Pertama TNI Nurhidayat.

Berbagi

  16 Responses to “KRI Nagapasa 403 Bergabung dengan TNI AL”

  1.  

    Wah dah datang jg ,siap ronda ,, tes dong , hehehehe. Main main , sekalian , kesebelah,

  2.  

    Ardadedali 404, Alugoro 405 bentar lagi kita kedatangan.

  3.  

    Joss,tinggal nunggu perakitan di dalam negri (y)

  4.  

    Halah masih cekak mas…. Kasel kita yg dua lagi yg lama jg sdh jompo….

  5.  

    Welkom KRI Naga Pasa 403, selamat bertugas d Ibu Pertiwi

  6.  

    Destroyer Kapan?

  7.  

    Ini bru awalnya

  8.  

    welcome to indonesia

  9.  

    AWAS
    Nanti ada yg bilang

    PENCITRAAN

  10.  

    KRI Nogo Sosro Sabuk Inten 407 kapan ?

  11.  

    Rasanya ini kasel pesanan jam pa Purnomo

  12.  

    lumayanlah daripada manyun

  13.  

    …. dilengkapi dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan “peluru kendali anti kapal permukaan#….

    Benar ” mantap ??

  14.  

    perang masa depan negara SUPER POWER adalah jarak jauh , menyerang mulai dari laut lepas dengan kapal induk atau rudal antar benua. menyerangnya dengan rudal nuklir . kalau itu rudal sampai kedaratan target ,passti menimbulkan kehancuran yg luar biasa dan otomatis kekuatan target jauh berkurang atau target menyerah lebih dulu kerna kehancurannya dan ketika berkurang atau hancur baru masuk kedaratan musuh. Belum lagi kapal induk pesawat tempur yg canggih , dan bisa membom dari atas dan menyerang sambil melarikan diri dengankecepatannya.
    untuk supaya mengatasi kapal induk , perbanyaklah kapal selam sebanyak banyaknya untuk mencegah kapal induk mendekat apalagi menyerang.
    KAPAL SELAM adalah penyangga musuh pertama kali utk menghadapi KAPAL INDUK.( menyerang secara grilya)dan perbanyak pesawat tempur sebanyaknya agar membantu menyerang ke laut lepas dimana kapal induk berada ,dan rudal yg canggih untuk menembak satelit musuh.

  15.  

    tambah terus kapal selamnya sebanyak banyaknya . ok ok ok

  16.  

    welcome to the jungle brother 403.. harus banyak belajar pada senior senior.. biar jd hiu kencana sejati..

 Leave a Reply