Aug 142017
 

Torpedo kelas berat Black Shark, buatan WASS, Italia (leonardocompany.com)

Jakaarta – Kapal selam Indonesia yang baru KRI Nagapasa – 403 DSME type 209/1400 class, sejak hari JUmat, 11/8/2017, telah berlayar dari Okpo, Korea Selatan, menuju pangkalan Koarmatim Surabaya, Indonesia. Kapal selam buatan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Korea Selatan ini, akan menempuh perjalanan selama 18 hari, untuk tiba di tanah air.

Indonesia akan membeli sistem persenjataan kapal selam dari Italia untuk melengkapi persenjataan kapal selam KRI Nagapasa.

Sekjen Kementerian Pertahanan, Dr. Widodo mengatakan kepada Metrotvnews.com, KRI Nagapasa akan tiba di Indonesia akhir bulan Agustus 2017. Namun, KRI Nagapasa belum dilengkapi sistem persenjataan.

“Senjata torpedo black shark, jadi mungkin mudah-mudahan tahun ini bisa masuk,” ujar Dr. Widodo saat membuka Pameran Industri Pertahanan, Minggu, 13/8/2017 di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Black Shark merupakan torpedo kelas berat yang diproduksi oleh Whitehead Sistemi Subacquei (WASS), Finmeccanica Company, Italia. Torpedo Black Shark dijuluki monster laut dan diberi label IF21.

Torpedo torpedo kelas berat merupakan hasil penelitian dan teknologi Italia dengan keunggulan elektro-akustik yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Italia.

Torpedo ini merupakan senjata multi-target yang sangat canggih baik dari sudut pandang teknologi dan operasional dan telah dirancang untuk digunakan dari berbagai platform peluncuran dan lebih khusus lagi dari kapal selam, kapal selam mini (midget), kapal permukaan dan stasiun di darat.

Torpedo Black Sharik dibuat untuk menetralisir ancaman target permukaan ataupun bawah laut. Black Shark adalah wire-guided torpedo dengan menggunakan kabel serat optik sehingga selama dalam peluncuran tetap dapat melakukan komunikasi untuk mengirim dan menerima data penting untuk kesuksesan misi.

Torpedo kelas berat Black Shark memiliki panjang sekitar 6 meter, diameternya sekitar 533 mm, sangat tidak bersuara dan bisa bekerja dalam mode bimbingan diri sendiri (self-guidance mode) saat langkah terakhir dalam menyelesaikan misi. Versi yang paling inovatif dari torpedo ini, sumber dayanya dilengkapi dengan baterai Lithium-Polimer baru.

Torpedo kelas berat Black Shark, buatan WASS, Italia (leonardocompany.com)

Sekjen Kemhan Dr. Widodo mengatakan, torpedo black shrak dipilih karena memiliki spesifikasi yang paling cocok dengan KRI Nagapasa dan ditargetkan bulan November atau Desember 2017, torpedo black shark telah tiba di tanah air.

Indonesia memesan tiga kapal selam DSME 209/1400 class dari galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Korea Selatan. Kapal selam kedua, yakni KRI Ardadedali-404 diharapkan tiba di tanah air pada akhir tahun 2017. Adapun kapal selam ketiga, akan dirakit di PT PAL, Surabaya, Indonesia. Modul-modul yang dibuat DSME, akan diintegrasikan di Indonesia, sebagai bagian dari kesepakatan transfer teknologi. Kapal selam ketiga ini, diharapkan menjadi batu loncatan Indonesia, dalam membangun kapal selam secara mandiri.

Bagikan Artikel :

  28 Responses to “KRI Nagapasa Akan Dipersenjatai Torpedo Kelas Berat”

  1. 1

  2. Apakah selama ini Indonesia belum melakukan riset untuk membuat torpedo? Mohon pencerahan dari para master

    • Belum gan..
      Saat ini Pindad dan PT PAL indonesia masih nunggu persetujuan dr ente untuk meneliti torpedo jenis baru yg bisa digunakan semua jenis platform dan aman untuk diluncurkan oleh anak2 sesudah taraweh di bulan puasa! 😀

    • Udah ada bung,, Torpedo SUT buatan PT DI licensi dari AEG (Allgemeine Elektrizitäts-Gesellschaft, General Electricity Company) Jerman.. Udah ada 2 versi,, latihan dan perang..

      • SUT deh jadul,…sayangny gak ada prkembngan dr PT DI tuk bikin sndiri torpedo.

        sharusnya nagapasa make torpedo dr jerman,…sapa tau jerman mau ngasih lisensi lg ke PT DI,..yg versi trbaru, seahake mod4…sekelas ama blackshark….

        lagian, blackshark dipake jg ama kaselnya malon n singapor….jd gmn gituu..

        • SUT salah satu torpedo tercanggih..

          • Canggihnya gimana Gan?

          • canggihnya adalah :
            Dapat di produksi seberapa jumlah manapun tanpa tahu situ ( Luar negeri ) mampu mendata dan memetakannya …. ( dagel , maupun IHS jane tidak bisa menyatakan berapa jumlah )

            kedua , berjalan 45 knot dan mampu beroperasi sejauh 50 km dari sasaran ,
            ketiga homing torpedo, artinya tidak mudah di jamming

            silakan di googel SUT buatan dislitbangal ( kalau tak salah )

            note: 401 dan 402 sering memeakai buat latihan …

            cmiiw
            bfb

      • Emangnya itu torpedo macam loe, bingung drmuka yaa dr belakang, tapi sayangnya dr belakang gelap broo gak ada tandanya, mungkin loe butuh lampu utk torpedo macam loe, hahhahahaaaaaaa

  3. Asal kompak . pasti kelak rudal terpedo juga bisa dibuat semdiri ….. Aamiin

  4. Mantap isiannya…inilah modifikasi…kasel hanya alat angkut…isian bebas drmana…tinggal kedepannya alat angkut yg jenis apa?..dan isian yg jenis apa…semoga menjadi maximal dikelasnya…berita isian PKR 105 belom ada berita ya bung diego?…modifikasi tank2 lama kita…juga belom ada info…modifikasi utk perpanjangan kapal2 perang yg lama juga belom…terinfo…

  5. Mantaplah semoga. Kedepan RI bs membuat Torpedo yg gak kalah canggih!

  6. tidak jadi beli kapal fregat dan destroyed nya TORPEDO pun wolehlah ya kan pak menhan heheehe
    ngrep kapan TNI AL dapat memiliki Destroyed

  7. Nogoposo jika di lengkapi membawa rudal laut ke darat…. wahhh ini merupakan hal yg luarrr biaaasa

  8. Torpedo nya di mix aja.. Ya klo 6 torpedo tube ? Black shark sama torpedo dari Russia

  9. Semuga selamat sampai indonesia

  10. lebih mantep kaliber nimbrung di situ

  11. Selamat berlayar 403 and enjoy your journey.

  12. Hahaha… Belinya Ketengan Cuma Beberapa Puluh Unit… Mungkin Karena Mahal Kli Ya?

  13. untuk urusan torpedo bentar lagi akan banyak bung, tepatnya nanti tgl 1 September, banyak sekali torpedo, melimpah malah yang khasiatnya buat bapak-bapak !!!! xixixixi…

  14. itu torpedo kalau udah kena jammers akan bingun sendiri & bidikan meleset & lawan menyerang balik, kemudian kaselpur anda tenggelam, hahahaaaaa

    • Justru yg meleset itu yg diperlukan. Yg diincar bagian depan yg kena malah bagian belakang tepatnya kamar mesin.
      Gimana mau nyerang balik, wong mesinnya meledak kena terpedo yg bingung gara2 jammer. Syukur2 ABKnya bisa selamat walaupun kapalnya tenggelam, apanya yg diserang balik.?….heh…heh..heh..heh

 Leave a Reply