KRI Nagapasa Meriahkan Pameran Alutsista TNI di Surabaya

Pameran Alutsista TNI  dibuka Pangarmatim Laksma TNI Darwanto, 16-9-2017 di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Jatim.

Surabaya – Pameran Alat Utama Sistem Senjata / Alutsista TNI , Sabtu 16-9-2017 di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Jawa Timur dibuka Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H, M.A.P., selaku tuan rumah sekaligus penangguang jawab Pameran Alutsista TNI wilayah Timur tahun ini.

Menurut Pangarmatim, penyelenggaraan Pameran Alutsista TNI Wilayah Timur tahun 2017 adalah momentum penting bagi TNI untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi Alutsista serta pertanggungjawaban TNI atas kepercayaan dan tugas yang diberikan Negara dan Rakyat.

Pangarmatim tampil membacakan sambutannya dengan latar kapal selam KRI Nagapasa 403, yang baru datang dari Korea Selatan, untuk memperkuat Satuan Kapal Selam Koarmatim.

Acara dihadiri pula oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., didampingi Ketua Kircab V Ny. Herniwati Edi Sucipto, Wadan Lantamal, para Asisten Danlantamal V, para Kasatker dan Kadis jajaran Lantamal V Surabaya.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL V Laksma TNI Edi Sucipto, dalam Pameran Alutsista TNI di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Jawa Timur, 16/9/2017.

Pameran Alutsista TNI adalah kegiatan yang bersifat komprehensif, integral dan berkelanjutan guna mempertunjukkan dan mengukur kesiapan serta kemampuan tempur TNI dalam pengawakan Alutsista untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

HUT TNI tahun ini mengusung tema, “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”. Dengan tergelarnya kekuatan Alutsista TNI Wilayah Timur serta pameran Alutsista terbaru kepada masyarakat sebagai wujud pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas anggaran negara yang diberikan kepada TNI.

Alutsista TNI yang digelar pada pameran kali ini diantaranya. TNI AD menampilkan Ranpur Astros, APC Anoa, Anoa Recovery, Anoa Comando, PJD, Leopard serta senjata Meriam Rheinmetall dan Meriam 57.

Sedangkan TNI AL diantaranya, Kapal Selam terbaru KRI Nagapasa-403, KRI Surabaya-591 dan kapal perang jajaran Satkor Koarmatim lainnya. Untuk Puspenerbal mengirimkan Helly Bell-412 HU-420, Helly Bolcow BO-105 NV-411 dan Heli Colibri EC-120B NV-426.

Pameran Alutsista TNI di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Jawa Timur, 16/9/2017.

Marinir Surabaya (Pasmar-I,red) menampilkan material statis terdiri dari Howitzer 105 MM, BMP 3F, PT – 76 M, BVP, LVT 7A, KOMOB, KAPA – 61, RM – 70 GRAD, Vampire, BTR – 50 P serta Aligator.

Adapun TNI AU melaksanakan manuver udara dengan menggunakan pesawat udara super Tucano dan demo beladiri Nusantara. Pameran Alutsista akan di laksanakan selama 2 hari mulai tanggal 16-17 September 2017.

Pada hari pertama usai acara Pembukaan dilanjutkan dengan Demo Beladiri Nusantara (Pencak Silat, Karate dan Taekwondo). Demo terjun payung, Demo Aerobatik Pesud super tucano TNI AU, dan selanjutnya para Pengunjung dapat mengikuti Joy Sailing dengan Kapal Perang berkeliling Area dermaga Kolam Koarmatim dan selat Madura.

Pameran Alutsista TNI di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Jawa Timur, 16/9/2017.

Pangarmatim sesudah membuka secara resmi pelaksanaan pameran Alutsista TNI dengan didampingi oleh Pangdiv 2 Kostrad Mayjen TNI Agus Suhardi, Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Nulexi Tambayong serta segenap tamu undangan lainnya melihat secara langsung stand pameran Alutsista TNI.

Hadir dalam acara ini, Guberbur AAL, Dankodiklatal, Kasgartap III/Sby, Danguskamlatim, para Danlantamal wiltim, Dan STTAL, Pangkosek 4 Biak, Danpasmar-1, para kepala daerah Indonesia Timur, Para Rektor Universitas Wilayah Timur, Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur dan segenap pengurus, para Ketua Korcab DJAT serta ribuan masyarakat yang tumpah di Dermaga Madura. (Pen Lantamal V).

Tinggalkan komentar