KRI RE Martadinata-331 Siap Kawal Kedaulatan Indonesia

Surabaya, Jakartagreater.com – PT PAL Indonesia (Persero) menyerahkan proyek Fit For But Not With (pemasangan senjata atau sistem yang disebut dalam desain tetapi hanya dipasang sebagian selama konstruksi, dan instalasi keseluruhan diselesaikan nanti sesuai kebutuhan -red) /FFBNW, Kapal Perusak Kawal Rudal KRI RE Martadinata-331 kepada TNI AL di dermaga PT PAL Indonesia, dirilis laman instagram PT PAL Indonesia, 4-12-2019.

KRI RE Martadinata-331. (@ PT PAL Indonesia)

KRI RE Martadinata-331 menjalani proses pengintegrasian senjata yang dilakukan di fasilitas produksi Divisi Kapal Perang PT PAL Indonesia.

KRI RE Martadinata-331 merupakan kapal perang kelas light fregat atau perusak kawal Rudal (PKR) kelas SIGMA yang dibangun oleh PT PAL Indonesia bekerjasama dengan Damen Schielde Naval Shipbuilding (DSNS).

KRI RE Martadinata-331. (@ PT PAL Indonesia)

Saat ini Indonesia memiliki 5 unit fregat kelas SIGMA.  KRI RE Martadinata-331 memiliki panjang 105,11 meter dan berat 2365 ton.

Kapal ini dilengkapi dengan sistem persenjataan meriam utama Otomelara 76 mm dan akan dipersenjatai dengan 12 unit Rudal permukaan ke udara (SAM), sistem pertahanan diri (CIWS) 35 mm, dan Rudal permukaan ke permukaan (SSM) Exocet MM-40 Block 3.

KRI RE Martadinata-331. (@ PT PAL Indonesia)

Dengan selesainya proyek FFBNW, KRI RE Martadinata-331 mampu melaksanakan tugas pokok yang diembannya seperti pengamanan laut, penegakan hukum di wilayah teritorial dan ZEE, serta fungsi naval diplomacy.

5 pemikiran pada “KRI RE Martadinata-331 Siap Kawal Kedaulatan Indonesia”

  1. 1 lagi kapal perang yg hilang berita nya sampai skrg…
    KRI Klewang 2…

    apa bener2 di stop atau di alihkan atau di rahasiakan keberadaan nya..

    kunjungan dubes Swedia kemaren pak prabowo bilang tertarik dgn sistem rudal dan radar Swedia.. apa itu termasuk RBS 15MK 3 atau RBS 07 NG…

    maaf OTT..

  2. istilah “fit for but not with” baik nya dihapuskan spy produksi alutsista jelas jadwal road map nya, kalo dibangun bertahap akan mengganggu operasi kaprang, keluar masuk bengkel hanya utk bongkar pasang equipment, dari sisi budgeting jg pasti terpengaruh.

  3. Jadi skg uda ‘COMBAT READY’ yah. Menurut pendapat saya ni yah, MILLENNIUM GUN keren tapi sayang nga bs di feed dr lambung kapal untuk mempermudah ammo reloading nya. Kalo gue lebik suka BOFORS 40MM MK3 yg di reload dr lambung. Selamat bertugas!! Semoga fregat ringan john lee dan teman2nya di pasang vls nya.

Tinggalkan komentar