Jul 232017
 

KRI Sutanto-377 (Koarmabar)

Jakarta – Salah satu unsur Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), KRI Sutanto-377 menangkap dan mengamankan kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam di wilayah perairan Landas Kontinen Indonesia, Sabtu, 22-7-2017.

Kapal Ikan Asing Vietnam yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal tersebut, diperiksa dan diamankan oleh KRI Sutanto – 377.

Saat diperiksa kapal tersebut dalam posisi 06° 10’ 50’’ U – 106° 06’ 30’’ T, di wilayah perairan Landas Kontinen Natuna. Kapal itu diketahui bernama TG 92816 TS bendera Vietnam dengan berjumlah ABK 12 orang dan memuat ikan campuran sebanyak 100 Kg.

KIA Vietnam : Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam yang sedang melakukan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen dan ijin yang sah (illlegal fishing) ditangkap KRI Sutanto-377 di wilayah perairan Landas Kontinen Natuna.

Hasil pemeriksaan sementara, KIA Vietnam ini diduga kuat telah melakukan pelanggaran batas wilayah perairan Indonesia dengan melakukan kegiatan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen dan ijin yang sah (illlegal fishing) di wilayah perairan Landas Kontinen Indonesia.

Berdasarkan pelanggaran tersebut, KIA Vietnam beserta ABK dan muatannya dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa untuk melaksanakan proses hukum lebih lanjut, dilansir Dispen Koarmabar, 23-7-2017.

Bagikan:

  3 Responses to “KRI Sutanto-377 Tangkap Kapal Vietnam”

  1.  

    barang sitaan dilelang aja. Gak perlu diledakkan dan dibakar, lantaran buat cegah pencemaran di lautan alias gak ramah lingkungan

  2.  

    Tidak ada kapok nya karna hukum di indonesia krg tegas…. Hukumnya tegas tp aparatnya

 Leave a Reply