KRI Tarakan dan KRI Soputan Laksanakan Latihan RAS

(koarmatim.tnial.mil.id)
Sebanyak 36 prajurit KRI jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim melaksanakan latihan kering pembekalan di laut (Replenishment at Sea/RAS), di atas geladak KRI Tarakan-905 dan KRI Soputan-923 yang sedang sedang sandar di Dermaga Semampir Koarmatim, Ujung Surabaya, Kamis (18/5).

Sebelumnya, seluruh peserta telah menerima pembekalan prosedur RAS yang meliputi macam RAS, metode RAS, peralatan RAS, serta urutan dalam pelaksanaan RAS.

Pada latihan kering (drill), kegiatan diawali dengan mendekatkan kapal, menyiapkan tali, menembakkan tali gun line tali buangan, dan mengirimkan tali-tali buangan ke kapal yang dituju.

Latihan RAS merupakan cara mengirimkan atau pengisian logistik dari kapal ke kapal yang dilaksanakan pada saat kapal berlayar atau operasi. Pembekalan di laut ini juga bisa untuk evakuasi personil dari kapal ke kapal.

Serial RAS bertujuan untuk mengirim bekal atau obat-obatan dari unsur ke unsur yang membutuhkan bekal ulang dan juga untuk melatih ketangkasan naluri tempur para prajurit KRI.

Sumber: Dispenarmatim