Jul 252014
 
Landing Ship Tank KRI Teluk Bintuni

Landing Ship Tank KRI Teluk Bintuni

Bandar Lampung – Pengerjaan kapal perang TNI AL, KRI Teluk Bintuni, terus dikebut dan kapal yang sudah masuk tahapan finishing itu, rencananya, dilaunching 14 Agustus 2014, di Srengsem, Panjang, Lampung.

“Lokasi launching juga di sini. Karena ini kapal perang perang pertama yang dihasilkan di Lampung tentu acara launchingnya akan berbeda,” ujar Kepala Bagian Umum PT Daya Radar Utama Shipyard Engineering (PT DRU) Lampung Yahya. Sebelumnya KSAL Laksamana Marsetio telah datang ke Lampung untuk meninjau langsung pembuatan kapal angkut khusus tank, 3 KRI Teluk Bintuni.

Kapal perang tersebut dibuat di galangan kapal PT Daya Radar Utama Shipyard & Engineering (PT DRU) di Srengsem Panjang Bandar Lampung. Serah terima dengan pihak Angkatan Laut akan dilakukan September 2014.

β€œDiprogramkan oleh KSAL Laksamana Marsetio untuk diikutsertakan dalam parade Hari Angkatan Bersenjata 5 Oktober 2014 mendatang di Surabaya,” jelas Yahya. Menurut Yahya, Kapal tersebut adalah kapal perang perdana yang dipercayakan oleh Kemenhankam untuk dibuat PT DRU.

“Pertama kali pihak swasta menang tender untuk membuat kapal perang untuk keperluan Angkatan Laut. Biasanya Angkatan Laut mempercayakan kepada PT PAL Surabaya dan PT KOJA Bahari Tanjung Priok,” kata Yahya. KRI Teluk Bintuni adalah kapal khusus pengangkut tank dengan bobot 60 ton.

Kapal ini digunakan untuk mengangkut tank jenis Leopard bermuatan sepuluh tank. Mempunyai landasan khusus untuk pendaratan helikopter. Seperti kapal perang lainnya juga dilengkapi dengan persenjataan standar medan pertempuran.

Pengerjaan KRI Teluk Bintuni (photo: kemhan)

Pengerjaan KRI Teluk Bintuni (photo: kemhan)

KRI Teluk Bintuni akan ditempatkan di jajaran Satuan Kapal Korvet Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

“Selain tank, juga mampu mengangkut sekitar 450 orang prajurit dan 1 truk. Panjang 120 meter. Lebarnya 11 meter dengan kecepatan 16.000 knot,” tambah Yahya lagi.

KRI Teluk Bintuni boleh dikatakan sudah memasuki proses finishing. Bentuk kapal terlihat jelas dimana pada bagian perutnya akan menjadi tempat parkir tank yang diangkut.

Karena akan ditempatkan di Koarmabar, maka kapal ini sudah didesain khusus untuk medan lautan khas wilayah Barat yang banyak pulau-pulau kecilnya. (saibumi.com).

  44 Responses to “KRI Teluk Bintuni Launching 14 Agustus”

  1. Bikinn lah yang banyak kapal seperti ini

  2. Tambah 1 lagi…..Lanjutkan..!!!

    • Setuju…btw ne kan jenis LST,Puput jg ingat groub band PADI.Louncing album Tak hanya diam di atas gladak LST KRI Teluk Mandar pd thn 2007 liht di Yautube.yg di belakangnya ada backgraund Sepasang Senapan Mesin Berat.
      ne mungkin Pertama kali LST ne buatan dlm Negri untk menggantikn LST Frocs clas yg sudh tua.

  3. Hadir..3

  4. Nomoro a’pa’

  5. Mf,, 16000 knot?

    • Salah tulis kayaknya bung

      • Setuju. Kemungkinan besar salah ketik.
        Sama juga di bagian: mengangkut 450 orang prajurit dan 1 truk. Lho? sudah ratusan prajurit kok cuman 1 truk. He3… mungkin karena terburu2 dikejar tenggat dan sudah menjelang pagi juga ngetiknya jadi ada info spek yg terlewat.

        Tapi terlepas dari sedikit kesalahan ketik, kapal sebesar ini utk keperluan militer dan dibuat sendiri… tetap luar biasa. Sesuatu banget lah.

  6. langkah maju kemandirian bangsa ! kita pasti BISAAAAA !!!!! NKRI… HARGA MATIII !!!!

  7. mulus kah. . ?

  8. Persenjataannya gimana om

  9. Nah ni die yg ane suka…klo pihak swasta az dah bisa bikin beginian berarti produsen” kaprang dimari dah semakin hebat…ane usul buat pemerintah perbanyak pengadaan alutsista dari dlm negeri az toh nantinya akan menggeliat roda produksi serta peningkatan pendapatan buat para produsen dimari,otomatis akan menggerakan roda perekonomian juga & juga akan meningkatkan pula teknologi nya di karenakan banyaknye income & pesenan, dari TNI khususnya…mulailah dg ” AKU CINTA PRODUK INDONESIA “.

    …NKRI HARGA MATI…

  10. mantab..buat sebanyak-banyaknya kan bisa bantu untuk angkutan mudik juga. Di laut kita jaya..

  11. kalo ditaruh yakhon diatasnya, bisa muat berapa biji ya? hehehe…

  12. Ikut nyimak
    ukuran kapalnya panjang 120 meter tpi lebarnya cuma 11 meter…agak kurang lebar ya untuk kapal sepanjang itu…IMO

  13. lanjutken

  14. nyimak…

  15. Apakah kaprang ini hsil tot?

  16. pelan tp pasti kemandirian alusista akan kita rengkuh…body ramping biar bisa manuver di antara pulau2 kecil nih kapal

  17. Alangkah baiknya nambah lagi LPD makasar clas,karna 5 buah makasar klas belum mencukupi tuk kbutuhan 3 kogabwilhan yg akan di bentuk.

  18. sekilas lihat tempat galangan pengerjaan kapal sangat tidak memadai, fasilitas jauh dibawah PT. PAL….pertama kelayakan galangan kapal itu dilihat dari ada/atau tidak adanya alat potong baja otomatis menggunakan komputer, klo tempatnya seperti itu kemungkinan masil manual

    • pabrik mikoyan penghasil pesawat handal seri MIG juga nggak lebih besar dari bengkel bung Pemuda… justru di situ seninya… pesawat-pesawat rusia tidak dikerjakan dengan bantuan peralatan canggih ataupun memakai tenaga robot…

      semua dikerjakan ‘hand made’… murni pake tangan dan keahlian… makanya hasilnya pun lebih bisa diandalkan… kekeliruan bisa langsung diperbaiki…

      percaya atau tidak… masyarakat eropa ternyata lebih suka memakai pakaian maupun accessories yang buatan tangan bukan buatan pabrik… lebih detail dalam pengerjaan… dan lebih memiliki nuansa seni…

      tapi semua kembali kepada penilaian anda…

      setidaknya dengan ketiban order, perlahan-lahan peralatan perusahaan galangan swasta ini bisa mulai dilengkapi…

      salam kenal dan salam hangat untuk anda bung Pemuda

  19. kebaca πŸ™‚

  20. Jadi ini ya kpal pngangkut tank buatan PT.DRU Lampung..heee truslah brkarya .. Mantap..trimaksih bung diego…

  21. Mantap nih…brati MBT kita bisa mobile ke wilayah Laut barat NKRI…berharap minimal 2 kapal lagi yg sejenis utk wilyah tengah dan timur…btw mohon pencerahaannya selain fungsi utamanya sebagai LST apa ada fungsi lain dri KRI Teluk Bituni ini?

  22. ndan kasih pencerahan beda LST, LPD, sama LHD dong, kayaknya bentuk sama fungsi hampir sama.

  23. Assalamualaikum wr.wb
    yang bener aj tu kecepatan kapalnya 16 ribu knot wuahahaha mesinnya cuanggih :v

  24. betul bung MJ πŸ˜€
    pancet ae….
    penggiringan opini maneeh….
    kebaca juga πŸ˜€
    JASMEV ? πŸ˜€

    • Nick Bento, pingin Pemilu ulang, 1000 kali ulang Tetep aja kalah

      • Kalau ditemukan bukti2 yg cukup untuk pencoblosan ulang memang kenapa bung?

        • uda lah bung Rafly gk usah ditanggapi
          malu aku …
          malu ma bung sergio n sesepuh lain…
          kembali ke tanktop πŸ˜€

        • Bener bung bento, cuma mau tau aja alasanya kenapa menggiring ke arah inkonstitusional maksudnya apa? Jangan sampai kondisi yg sudah adem ini jd panas lagi…. salam hangat bung bento.

      • maaf bung wowo mania…
        di sini d warjag biasa manggil bung…
        sebagai penghormatan atas persamaan & persaudaraan, terkadang pake akang krn kenal baik & sangat akrab…. πŸ˜€
        bukan agan/juragan apalagi dengan kata2 “NICK” πŸ˜€
        baru ya bung ? πŸ˜€
        bung WM baru keliatan saat2 pemilu aja nih πŸ˜€
        n slalu penggiringan opini? suka nggiring ya? dulu angon bebek? πŸ˜€
        guyon πŸ˜€ ojo d lebokno ati, lebokno dompet ae πŸ˜€ uda tebal kan? πŸ˜€

        jgn suka memvonis …
        karena itu pesimis….
        jadilah optimis…
        karena ku ingin INDONESIA harmonis …..
        πŸ˜€

      • Itu spesies baru ya bung lamp? πŸ˜€

      • πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  25. Klo gk salah LST kita pesen 7 buah ya??

    salam dari lampung πŸ™‚

  26. selamat bergabung di Armabar πŸ™‚

  27. Bersyukur ada perusahaan baru punya anak bangsa yg sdh mampu produksi LST … mhn tetep percayakan pd produk alutsista lokal … tahap selanjutnya buat lg LST yg bisa bawa 20 – 30 MBT, optimis kelak kita bisa jg buat LHD sekelas Mistral … semoga

    • Apa bukan sudah ada yang tugas belajar bung den ?..mosok rusia cuma pesan 4? Menggantikan kelas ivan gorov. Kalau ada pesanan lebih masa gak boleh nebeng. Hanya clue tapi kalau diwisik, pasti nemu pencerahan bung. Salam tabik bung.

  28. Nah… klw baca yg ginian… hati sejukkk… mantap2…

  29. …semoga bisa dikolaborasi ilmu-ilmu pembuatan kaprang dengan pt pal untuk stage produksi LHD…..

 Leave a Reply