Jan 022019
 

KRI Torani Dukung Pemasangan Peralatan Deteksi BMKG di Pulau Sebesi

Jakarta, Jakartagreater.com    –   Selain mendukung kegiatan SAR pencarian korban bencana alam tsunami di Perairan Selat Sunda, KRI Torani-860 juga mendukung angkutan laut kegiatan pemasangan peralatan deteksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada 1-1-2019 di Pulau Sebesi.

KRI Torani-860 7 membantu proses pemasangan peralatan deteksi BMKG di Pulau Sebesi dengan mengangkut 7 Personel BMKG dan 9 orang awak media diantaranya CNN Indonesia, Antara, Tempo, Bri Kabar, dan Metro TV.

Komandan KRI Torani-860 Mayor Laut (P) Agus Daryono menyampaikan bahwa seteleah melewati ombak yang tinggi dan hembusan angin yang cukup kencang, Tim ICTBMKG dibantu awak crew KRI Torani-861 berhasil memasang Sensor Water Level dan Curah Hujan di Pulau Sebesi.

Data dari Sensor Water Level ini bermanfaat untuk memantau perubahan tinggi permukaan air laut disekitar Gunung Anak Krakatau. Hasil pemantauan air laut tersebut berfungsi untuk membantu BMKG menentukan kemungkinan apakah terjadi tsunami atau tidak.

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut telah membantu BMKG dan Geologi memasang alat pantau sebanyak 6 buah yang diletakkan pada titik-titik wilayah di Sumatera dipasang 3 titik dan 3 titik dipasang di Pulau Jawa. Pemasangan alat Inasis ini untuk memfokuskan sehingga agar dapat memberikan peringatan yang lebih cepat. (Dispen Koarmada I)

jakartagreater.com

  2 Responses to “KRI Torani Dukung Pemasangan Peralatan Deteksi BMKG di Pulau Sebesi”

  1.  

    RCWS nya bagus sekali…
    Tinggal di install missile…

  2.  

    Kapal Patroli Cepat KRI Torani-860 memiliki kemampuan untuk melaksanakan peperangan antikapal permukaan, peperangan antiudara dan pertempuran kepulauan serta melaksanakan tugas tambahan yakni melaksanakan patroli laut dalam rangka menegakkan hukum laut dan melaksanakan fungsi Search and Rescue (SAR)….https://militerhebatdunia.blogspot.com/2017/05/mengenal-kapal-patroli-cepat-pc-40-kri.html